Tips Menggabungkan Data dari Beberapa Kolom Excel dengan Format Tertentu

Salam Para Pembaca..

Kali ini saya ingin share pengalaman saya menggabungkan banyak data dari beberapa kolom Excel (saya pakai WPS Spreadsheet, seperti Ms Excel tetapi opensource/gratis). Saya mempunyai data seperti berikut ini:

Screenshot from 2015-09-09 02:47:42

Hasil akhir yang saya inginkan yakni menggabungkan data kolom C6 sampai I6 dengan format tertentu. Dan saya juga menginginkan hasil yang sama sampai baris ke-35. Berikut format hasil penggabungan datanya:

Screenshot from 2015-09-09 02:55:04

Cara yang ditempuh cukup dengan formula ‘CONCATENATE’. Dalam kasus ini, rumus formula yang saya pakai:

=CONCATENATE(“Shubuh “,C6,”; Terbit “,D6,”; Zhuhur “,F6,”; Ashar “,G6,”; Maghrib “,H6,”; Isya “,I6,” #adzan #Malang #today”)

Penjelasan rumus:

  1. Fungsi ‘CONCATENATE’ dipakai untuk menggabungkan beberapa data dari beberapa kolom.
  2. Bagian argumen dari fungsi ‘CONCATENATE’, yaitu nilai yang akan dimasukkan dalam tanda kurung setelah fungsi dipanggil, dapat diisi dengan data/kata yang harus dipisah dengan tanda koma (,).Screenshot from 2015-09-09 03:06:44

    Mudah, bukan?🙂

Untuk menerapkan hal yang sama untuk baris-baris berikutnya. Cukup dengan drag bagian ujung dari kolom pertama hasil penggabungan sampai baris yang diinginkan. Dalam kasus saya, bisa juga klik 2x pada bagian tersebut (ujung kolom pertama hasil penggabungan), otomatis akan menerapkan formula yang sama sampai akhir baris dari data-data yang ada.

Semoga bermanfaat tipsnya..

Leave a Reply

