Kumpulan Resep MPASI 8 Bulan

RESEP MPASI 8 BULAN  
               
No Nama Masakan Peruntukan (umur) Jumlah Sajian Perlengkapan yang diperlukan Bahan Cara membuat Catatan khusus
1 Puree Wortel 8 bulan +     Bahan :
1 bh wortel lokal
cara :
1. Kupas dan cuci wortel (wortel lokal lebih manis walau bentuknya jelek) lalu potong kecil-kecil
2. panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan wortel dan kukus hingga empuk
3. tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain
4. Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder) haluskan wortel. Bila perlu tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan
 
2 Puree Brokoli 8 bulan +     Bahan :
Brokoli muda ( bunganya saja yang masih hijau tua )
 

cara :
1. Pilih brokoli yang muda yang bunganya masih hijau tua dan rapat. warna kekuningan menandakan brokoli sudah terlalu tua, bunganya banyak yang mekar
2. Cuci bersih dibawah air mengalir supaya ulat brokoli dan kotoran yang ada keluar
3. ambil ‘bunga’ hijaunya saja untuk puree, panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan buncis dan kukus hingga empuk
4. tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain
5. Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder) haluskan. Bila perlu tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan. dan saring jika masih ada serat yang tertinggal

 
3 Kukis Lumer di Mulut 8 bulan ++     Bahan:
120 gr unsalted butter suhu ruang
150 gr terigu protein rendah
30 gr icing sugar (untuk di bawah 1th diskip yah, nggak merubah tekstur kok)
5 sdm keju parut
 

Cara Buat:
Panaskan oven suhu 170 derajat
Kocok butter dengan gula sampai butter halus
Masukkan terigu yang sudah diayak (kalo ga diayak juga gpp sih, pastikan aja mencampurnya rata)
Masukkan keju parut, aduk sebentar
Panggang di dalam oven selama 25-30 menit, atau sampai kering dengan tes tusuk gigi
Gampang, simple, cepet, enak, garing, dan yang pasti lumer di mulut (iyalah secara judulnya itu)😀

Mom Nandra
4 Cheese Straw / Kukis Keju 8 bulan ++     BAHAN:
175 gr tepung terigu (aku pake kunci biru, segitiga biru juga bisa tapi kalo ada kunci biru lebih baik pakai kunci biru aja)
75 gr unsalted butter beku, potong kotak kecil-kecil.
115 gr keju parut (cheddar, aku pas ada edam.. jadi aku kasi 80 gr aja)
1 telur dikocok (atau kalau belum bisa makan putih telur karena belum 9 bulan, bisa pakai 2 kuning telur)
1 kuning telur dikocok (+ 3 sdm susu cair untuk olesan kalau bayinya sudah boleh pakai susu utuh. Kalau belum boleh, skip saja)
 

Cara :
1. siapkan semua bahan. di gambar ini ada nori kering, katsuobushi dan wijen.. biasaa.. iseeeng. Bahan ini bisa ditambah untuk anak yang lebih besar yah (setahunan lebih)
Image Hosted by ImageShack.us
2. ayak tepung ke dalam mangkok, masukkan mentega dan remas-remas hingga terbentuk semacam “tepung roti”. Grendel-grendel gitu.
Image Hosted by ImageShack.us
3. masukkan keju dan telur, uleni. Kalau tampak kurang menyatu, tambahkan air sedikit sedikit.
4. setelah adonan kalis dan tidak menempel lagi di tangan maupun wadah, ambil separuh adonan dan gilas setebal ½ – 1 cm (selera aja). Menggilasnya di atas permukaan yang sudah ditabur tepung ya. Dan supaya mulus, bisa menggilas sampai 3 kali supaya mulus. (cape ya …. namanya juga bat anak :p)
4. Panaskan Oven kurang lebih 180 derajat celcius.
5. Potong-potong memanjang (karena kan judulnya “straws”) atau cetak sesuka hati aja, oles dengan kuning telur & susu. Susun di loyang yang sudah diberi cookie sheet (kalo ga ada cookie sheet, oles aja loyang pake mentega dan taburi sedikit tepung… jangan kebanyakan ya.. tar gosooong)

6. Masukkan ke dalam oven, dan panggang sampai matang (saya lupa nyatet waktunya.. tapi sepertinya sekitar 20-30 menit).

Mom Nandra
5 Kabocha Mini Pancake with Mango Sauce 8 bulan ++      

Bahan:
3 sendok makan munjung Kabocha kukus yang dihaluskan/ saring
2 sendok makan munjung Oatmeal masak cepat
1 Kuning telur
1 kemasan kecil Mentega unsalted (10 gram)
Vanili sejimpit
Bubuk kayu manis sejimpit
Air putih secukupnya jika adonan terlalu pekat
Margarin untuk mengoles cetakan
Mangga

Cara membuat:
Campur semua bahan hingga kekentalan dirasa cukup.
Olesi cetakan dengan margarin dan panaskan diatas api kecil.
Tuang adonan secukupnya.
Tutup sebentar dan balik pancake hingga warna kecoklatan.
Angkat.
Keruk mangga dengan sendok.
Sajikan kabocha mini pancake dengan mangga keruk sebagai toppingnya.
Horeee.. semoga MKH jaya selalu yak!
Mama Emma Soraya
6 PUDING KACANG IJO SAUS BUAH 8 bulan ++     Bahan :Puding :
1 sdm tepung kacang ijo
200 ml air
1 – 2 sdt agar-agar bubuk putih (tergantung kekenyalan yang diinginkan)
sejumput bubuk kayu manis

Saus buah :
Kemaren ini pake buah melon jingga/oranye, pk buah lain juga boleh, lebih baik pilih buah yg byk airnya
1/4 buah melon jingga/oranye
30 ml air/susu (optional — untuk mengencerkan)

 

Cara :
1. Masak tepung kacang ijo dan agar-agar dengan air sampai mendidih dan matang
2. Masukkan bubuk kayu manis sesuai selera, matikan api, angkat
3. Hilangkan uap panasnya sebentar lalu masukkan ke dalam cetakan
4. Setelah agak dingin, baru masukkan ke lemari es
5. Jika ingin dihidangkan siapkan dulu saus buahnya, dengan cara diblender aja buahnya, boleh ditambhakan air bila kurang encer, lalu siram diatas pudingnya
6. Kalo untuk bayi yang belom bisa makan kasar, pudingnya boleh diancurin dulu dengan blender/parutan

Selamat Menikmati !!!!

Sebenernya dari dulu pas tau ada tantangan di MKH, pengen banget ikutan cuma berasa ga PD (percaya diri ya buka pd yg laen) aja soalnya ngeliat resep ibu-ibu yang lain kok canggih2 banget gitu, jadi minder hehhehehhehe trus pas liat topik bulan ini ‘kacang ijo’ kok jadi makin tertantang, akhirnya coba ikutan aja buat seru2an, sapa tau iseng-iseng berhadiah *ngarep.com* kalo pun ga menang tetep bisa jadi kenangan hahahhahahha

Komentar Mbak Ena Lubis:

idenya oke.. cuma pudingnya yg komposisinya kurang tepat.. mungkin niatnya ga mau pake gula sebagaimana motto dari owner MKH.. no sugar.. ^_^
tapi, sebetulnya, gula bisa diganti dengan pemanis lainnya yang lebih natural dan/atau bisa diterima oleh tubuh anak2…
nahh… mungkin, mba Debby menggunakan saus buah untuk memberikan rasa manis..

Mama Debby Tondo
7 PEPES TAHU KACANG HIJAU 8 bulan ++     Bahan :1 siung bawang merah
1 siung bawang putih ( yg lbh kecil )
Tahu
Wortel
1 lembar daun salam
daun bawang
kemiri ( sedikit aja )
2 sendok Teh Tepung Kacang hijau
Air kaldu secukupnya
Beras –> Dimasak terpisah buat buburnya
 

Cara :
1. Hancurkan tahu dengan cara di penyet pakai garpu.
2. Parut bawang merah, bawang putih, kemiri, wotel.
3. Campur semua parutan di tahu, aduk rata dan campurkan daun bawang cincang halus.
4. Campurkan 2 Sendok teh kacang hijau
5. Beri air kaldu secukupnya.
6. Bungkus dengan daun pisang yg sudah diletakan daun salam. Disini saya bagi 2 daun salamnya karena saya jadikan 2 pepesan buat makan siang dan malam.

Note :
1. Jika tidak mau tepung kacang hijau, bisa diganti dengan Telur buat mengikatnya..
Sehubungan matthew ada bakat alergi jadi ampe sekarang belum dikasih telur.
2. Biasanya sih komposisi bawang merah lebih banyak dari bawang putih🙂 kalau di resep ini sih bawang putih saya kasih 3/4 siung aja.
3. Kalau tidak mau pakai beras tapi mungkin mashed potatoes, jadi pepes tahunya bisa
dibuatkan sausnya. bisa dibuat saus cream keju🙂 dengan bahan susu, keju, tepung terigu,
butter . diaduk2 dan dimasak jadi deh.. terus disiram diatas pepesan-nya or mashed
potatoesnya hehehehhehe😀

Komentar Ibu Juri:

idenya oke banget! cuma sayang sekali komposisi kacang ijonya kurang dominan.. sehingga rasanya sudah kalah dengan tahu, wortel dan kemiri..
untuk makanan anak-anak (apabila dikehendaki) pemakaian kemiri bisa dihilangkan.. karena rasanya yang cukup tajam..

Seri Winda
8 OATS SALMON SAUS JERUK HUNKUE 8 bulan ++      

BAHAN:
Untuk Oats tumis:
1. 2 sdm oat quick cook
2. ¼ telapak tangan fillet salmon
3. 1 siung bawang putih
4. ¼ bh tomat yang sudah matang (merah)
5. ½ sdm unsalted butter untuk menumis
6. 100 ml air
7. 3 btr Cengkeh

Untuk Saus:
1.Jeruk ponkam (ato jeruk apa saja yang penting manis) 1 buah
2.Tepung hunkue ½ sdm
3. 30 ml air
4. Jahe se ibu jari

Caranya :Panaskan Unsalt butter lalu masukkan bawang putih yang sudah dicacah halus, setelah harum masukkan tomat yang sudah dipotong dadu-dadu,tambahkan fillet salmon yang sudah dipotong dadu-dadu, setelah layu lalu masukkan 100 ml air dan oats, tunggu sampai mendidih dan oats mengental, lalu masukkan cengkeh, matikan api lalu tempatkan diwadah makan anak.

Untuk sausnya, peras jeruk ponkam, ambil airnya tambahkan air parutan jahe,lalu didihkan, tambahkan tepung hunkue yang sudah dicairkan dengan 30 mil air, matikan api, siramkan saus diatas Otas, sajikan, hmmm..yummiii…

Mama Halima
9 YELLOW SUBMARINE 8 bulan ++      

Bahan:
2 kumtum brokoli
1 buah kentang kira ² 80gr
6 lembar daun bayam merah,iris halus
1 siung bawang putih
½ siung bawang bombay,iris halus
20 gram daging giling
10 gram keju,parut
10gram unsalted butter untuk menumis
5gram unsalted butter untuk campuran kentang
2 sdm makan maizena
Air putih matang 100ml
2 iris wortel untuk hiasan

Cara:
•Rebus kentang sampai empuk,lembutkan,sisihkan
•Rebus brokoli,hingga hijau dan empuk,iris ² halus.
•Tumis bawang putih,bawang bombay,daging giling hingga harum,tambahkan air,masukan bayam,sambil ditekan ² hingga bayam hancur,kentalkan dengan larutan maizena.
Cara penyajian:
>Campur kentang yg telah dilumatkan dgn sedikit butter,masukan brokoli,simpan brokoli didalam kentang,cetak sesuai selera(aku pakai cetakan kapal selam) Sajikan dipiring
>Iris wortel bentuk matahari
>Siram dengan saus bayam.
Mama Desy ‘echie’ Asri
10 TIM AYAM JAMUR SOYUNGTEL a’la SC 8 bulan ++      

Bahan :
2 sdm beras coklat
1 ptg dada ayam kampung
3 lembar jamur kuping
Wortel secukupnya
Oyong secukupnya
Sukini (Zucchini) secukupnya
1 sdt Olive Oil
250 ml air

Cara memasak :
– Cuci beras dgn bersih
– potong kecil2 dada ayam, wortel, oyong dan sukini.
– masukkan semua bahan kedalam slowcooker
– masak kurang lbh 3 jam dgn slowcooker atau hingga seluruh bahan lembut
– setelah matang,haluskan terlebih dahulu dan sajikan hangat.
Mama Ditta
11 BUBUR UNGU SAUS KURMA 8 bulan ++     bahannya:
30gr tempe (dipotong2)
30gr jagung manis (yg udah dipipil)
1 buah ubi ungu (±100gr)
300ml air
5 butir kurma ajwa
keju parut secukupnya
 

Cara membuat:
1. ubinya di parut, kukus setengah empuk, sisihkan.

2. Didihkan air, cemplungin kurma utuh sak bijinya, tutup, 5 menit aja trus angkat. cemplungin tempe dan jagung, sementara si kurma di buang biji dan kulit, haluskan trus tambah air biasa dikit. Jadi saos deh, sisihkan.
3. tempe dan jagung udah lunak nih, blender halus, kedua bahan ini bisa membuat bayi tersedak.. Huk huk… Kasian kan, jadi matiin kompor dulu, blend trus saring dan masukin lagi ke air, masukin ubi, tambahin keju dikit… aduk aduk sampai matang ( kalau terlalu kental bisa tambahin air secukupnya).
4. Sajikan bersama saos kurma.. Boleh ditaburin keju parut diatasnya, enyak… Tapi kok warna ungunya ketutup saos kurma?
note: untuk ubi parut, jangan lupa di cuci setelah di parut ya, caranya masukin ke saringan santan yang halus, trus dicuci di bawah aliran air… Biar tetap ungu dan gak langu. Kalo abis diparut trus didiemin lama sambil nunggu air mendidih, warna ungunya jadi hitam lho…hihi pengalaman😛 . Kalo yang udah punya gigi and bisa ngunyah, ubinya enakkan dipotong2 kecil aja kali ya, ntar jadinya kolak saos kurma deh tuh.

Mama Dyan Firman
12 Cake Apel Oat Kukus 8 bulan ++ 1-2 Sajian Kukusan  

bahan :
3 sdm oatmeal
1 sdm unsalted butter
1 buah apel, parut
1 butir kuning telur

Caranya: Campur semua bahan, aduk rata. Masukkan ke dalam cetakan, kemudian kukus smp matang. Angkat. Bisa menggunakan apel fuji, malang, atau granny smith. Resep disubmit oleh: Dwi Respati
13 Binte (sup jagung Sulawesi) 8 Bulan++ 2    

Bahan :
4 siung bawang merah geprek potong2
1 buah tomat potong2
Unsalted butter utk numis Jagung secukupnya dipipil
Ayam disuwir atau ikan tongkol disuwir

Tumis bawang merah + tomat (+cabe merah) sampai harum Bumbu yg ditumis direbus dg air matang 2 cangkir + jagung yg sudah dipipil Tunggu jagung empuk n daging ayam/ikan matang Submitted by: Ferial Said
14 Fu Yung Hai Baby Vegetarian (pakai telur) 8 Bulan + 2-3 sajian   Bahan:
100 gram Wortel, parut
100 gram Bengkuang, parut
3 kuning telur, kocok
3 siung bawang merah, haluskan
2 sdm keju parut
3 sdm ELOO saus asam manis:
3 buah tomat, kupas, buang biji, haluskan (parut/blender)
2 siung bawang putih parut
3 sdm keju parut
2 sdm applesauce*
2 sdm ELOO/ minyak
100 ml air matang
1 sdm maizena larutkan dengan 2 sdm air matang (*atau bisa diganti dengan parutan apel manis 2 sdm)
 

cara membuat: 1. Panaskan 3 sdm minyak di wajan, tumis bawang merah hingga harum, masukkan wortel, bengkuang, aduk hingga matang, tambahkan keju parut, tumis sebentar, rapikan tumisan di wajan, masukkan telur kocok, dadar dengan api kecil (jika memungkinkan ditutup dengan penutup wajan supaya panas bisa sampai di atas dadaran), balik setelah telur disisi bawah terlihat matang, matangkan lagi sisi yg sudah dibalik, matikan api, angkat, sisihkan 2. Panaskan 2 sdm minyak di wajan, tumis bawang putih sampai harum, masukkan tomat dan applesauce, tumis sebentar, tambahkan keju parut, aduk, tambahkan air, aduk, masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental, matikan api. 3. sajikan Dadaran telur (Fu Yung Hai) dengan sausnya, bisa dimakan dengan nasi tim/ bubur

Lanny Gosal | Mama Dhaffy
15 Nasi Kukus (1porsi) 8 Bulan + 1 porsi    

Bahan:
3sdm nasi putih
1/4ptg labu siam kecil, parut
1/4ptg wortel, parut
1/2ptg jagung, parut
1/4ptg tahu sutra, dihaluskan
1btr telur ayam kampung (telur ayam negeri jg boleh)
Duo bawang
Jahe + Lengkuas
Daun salam
Olive oil untuk menumis
Keju bellcube 2kotak, parut
100ml Air kaldu/air putih

Cara: 1. Tumis duo bawang, setelah harum, masukkan jahe, lengkuas, dan daun salam. Setelah itu masukkan semua bahan kecuali telur. Aduk2 sampai harum dan air habis kemudian matikan. 2. Kocok telur ditempat terpisah kemudian masukkan telur dan keju ke dalam bahan yang sudah ditumis kemudian aduk sampai rata. 3. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas atau aluminium foil. Kukus sampai matang, kurang lebih 15-20mnt. Angkat dan sajikan. Harumnya itu lohh Moms, sedap banget! Sayangnya gak sempet difoto karna Elora udah kelaperan, udah lewat jam makannya😀 Cory Manurung | Mama Elora
16 ROLADE MAKARONI 8 Bulan + +/- 12 potong    

Bahan Kulit :
4 kuning telur (atau 2 telur utuh u/ anak 12Bulan+), kocok lepas
1 sdm tepung sagu, larutkan dengan 50 ml sari brokoli (jika ingin dadar berwarna kejijauan) atau air matang biasa.

Isi:
100 gr macaroni rebus al-dente, jangan terlalu lembek
200 gr ayam cincang
½ sdt teh merica bubuk (opsional)
3 sdm tepung sagu tani
50 gr keju cheddar parut
2 bawang putih dihaluskan
2 Kuning Telur (atau 1 telur utuh untuk anak >12 Bulan)
1 sdm wortel parut/cincang

Cara membuat: Kulit: Campur semua bahan. Dadar tipis-tipis. Sisihkan. Campur semua bahan isi menjadi satu, Lebarkan bahan kulit, beri isi kemudian gulung hingga rapi. Kukus dalam dandang panas sekitar 20 menit hingga adonan keras. Biarkan dingin sebelum dipotong-potong. Siap dicampur dalam sup atau digoreng/panggang untuk lauk/cemilan atau disimpan dan dibekukan untuk persediaan. daging ayam bisa diganti atau dicampur dengan udang, ikan. Subbmitted by : mamod depe
17 TUMIS ZUKINI (by anna ds) 8 Bulan + 2 pisau, wajan, parutan, grinder, talenan  

Bahan :
Bawang putih cincang/ulek.
Zukini ukuran sedang, belah 4, iris tipis, rendam air sebentar (untuk buang getah), tiriskan.
Daging ayam giling beku diparut.
Air kaldu ayam (dari rebusan ceker). .

Tumis bawang putih, masukkan ayam, beri merica sedikit, tumis hingga daging ayam matang, lalu masukkan zukini, beri garam dikit, aduk rata, diamkan sampai zukini hampir matang & keluar air, beri air kaldu, aduk2, matangkan zukini. Cicipi. Angkat, sajikan. Selamat mencoba. Jangan lupa dicicipi dulu ya….. bis aditambah garam, merica secukupnya (untuk anak diatas 1 tahun), Zukini bisa diganti dengan terong (ungu, hijau, telunjuk)
18 Tim Ikan Untuk MPASI 8 Bulan+      

Bahan :
2 Potong Ikan Pilihan, bersihkan, buang isi perut dan sisik (kalo ada sisik), lumuri jeruk nipis dan diamkan sebentar.

Bumbu:
3 buah tomat ijo kecil / 1 buah tomat merah besar, iris
1 batang daun bawang, iris 2 cm
2 siung bawang putih, cacah kecil
1 siung bawang merah, iris tipis
1 lembar daun salam
1 sdm minyak wijen (optional)

Panaskan kukusan/dandang. 1. ambil wadah stainless steel, taruh daun salam di dasar, separuh cacahan bawang putih, dan bawang merah. 2. bilas ikan yang sudah dilumur jeruk nipis tadi, lalu taruh ikan diatas susunan bumbu. 3. taruh sisa bawang putih, tambahkan tomat dan daun bawang dan tuang minyak wijen jika suka. (jadi wangiiiii…..) 4. Kukus selama 20 menit saja. Siap disajikan bersama nasi tim / nasi🙂 Tips: Kalo mau lebih sedap dan nggak ‘takut’ bisa ditambah seiris tipis jahe dan taruh di dasarnya. ni sebetulnya stok resep lama, cuman baru sekarang pengen ngaplot berhubung banyak ibuk-ibuk di Milis MPASIRumahan kayaknya puyeng sama Tim Ikan buat lauk makan bayinya. Ini berlaku untuk hampir semua ikan, tapi paling sip dan enak untuk bayi ber MPASI adalah ikan Patin, Gurami, Kakap, Tuna, Tengiri. Salmon nggak cocok di tim model begini.
19 Tim Penuh Kalori 8 Bulan+ 2 Sajian kukusan Bahan:
100-150ml kaldu
1 sdm makaroni
1/2 buah kentang
1 siung bw putih parut
Serai
Lengkuas
1 sdm butter
1 kuning telur
1 sdm brokoli parut
Keju parut secukupnya.
Cara membuat: 1. Rebus kentang & makaroni hingga lunak. Angkat tiriskan, haluskan sesuai keinginan. 2. Di mangkok lain, masukkan makaroni & kentang bersama kaldu, bwg putih, serai keprek, lengkuas keprek, kuning telur, aduk rata di dalam mangkok. 3. Kukus di dalam dandang yang telah dipanaskan. Setelah kuning telur terlihat matang, masukkan brokoli parut & keju parut. 4. Setelah matang, angkat mangkok, selagi masih hangat, taruh butter di atasnya hingga lumer. Aduk rata mamod nandra
20 Gnoochi di Carote
(Gnoochi = Soft pasta)
8 bulan +     Bahan :
2 buah kentang kukus – haluskan
1 buah wortel parut – kukus, peras airnya
1kuning telur
Terigu secukupnya
Sauce
4tbs butter
Parmesan/cheddar parut
 

How:
– Campur kentang kukus, wortel, kuning telur, aduk hinga rata, tambahankan terigu sedikit2 smpe adonan dpt di pulung/gulung memanjang. Lalu potong2 sebesar ruas jari.
– Rebus Gnoochi yg udh dicetak dlm air mendidih yg sudah dikasih sedikit butter/mentega. Klo udah mengapung angkat, sisihkan.
– Panaskan butter smpe meleleh dalam pan, masukan gnoochi rebus, lalu taburi keju parmesan ato cheddar. Jadi deh!
– Note: sausnya bisa dikreasikan pake macam2 lho, mo pake daging, ikan, ato sayur2 lainnya:)

Spinach Ricotta Frittata

What:
2 telur kocok lepas
50ml susu uht
1 cup bayam cincang trus siram airpanas hingga lunak
1sdm keju Ricotta (kebetulan aja msh punya Ricotta cheese di kulkas, klo ga ada cheedar pun halal kok hihihihi)

How:
Aduk semua bahan, tuang ke cetakan, trus panggang 20min ato di kukus juga boleh kok . Taraaaaa jadi deh!

Maminya Kika & Abel
21 Sushi roti kentang 8 bulan +      

1 buah kentang, kukus haluskan
1 telur, dadar tipis
1 wortel, belah 4, kukus
1 lembar roti tawar
1 sdm saus bbq homemade ( di bawah resepnya ya)
1 sdt mayonaise

Cara :
Kentang lumat campurkan 2 sdm uht, garmer dikit, aduk rata.
Bentangkan roti di atas piring.
Oleskan saus bbq dan mayonaise.
Beri telur dadar, kentang halus, wortel
Gulung, padatkan.
Mama Silvi
22 Agar-agar pear kacang hijau saus yoghurt 8 bulan +     Bahan :
Puree kacang hijau
Parutan pear kuning
1sdt bubuk agar-agar swallow globe plain
Air matang 250ml
Yoghurt plain bio kul
 

Cara:
Larutkan bubuk agar-agar dgn air hingga meletup-letup. Tunggu hingga hangat tambahkan puree kacang hijau,parutan pear kuning. Tunggu hingga padat. Potong sesuai selera, sajikan dengan yoghurt. Segerrr rasanya

Mama Briena
23 Omelet mix veggies cheese 8 bulan +      

Bahan:
1 telur —Calief lulus kuning&putih telur
1sdm potongan tipis kecil tomat
1sdm Puree sawi
1sdm Puree buncis
1sdm Puree jagung manis
1sdm unsalted butter —pake orchid
1sdm diamond cheese

Cara:
Kocok lepas telur, tambahkan varian tomat dan puree, aduk rata. Panaskan pan, lelehkan unsalted butter, tuang campuran bahan, taburkan keju diatas omelet, masak hingga matang, sajikan. Lembuttt omeletnya wangi *nyamm
Mama Briena
24 Cream Soup Non UHT 8 bulan +     Bahan:
1buah tomat
1sdm quacker oats merah
1/3 tahu konkee plain
1cubes daging sapi giling—stock daging di freezer
Air 200ml
 

Cara:
Didihkan air 100ml, masukan tahu dan tomat (yg dibuang biji n kulitnya). Angkat dan saring. Buang airnya.
Didihkan air 100ml, masukan oats dan daging giling, aduk hingga mjd bubur.
Blender oats + tahu + tomat + daging. Sajikan hangat. Bentuknya seperti cream soup, wangi aroma daging giling dan oats mampu membuat Calief hap hap dan hap lagi😀

Mama Briena
25 saus kurma 8 bulan +     Bahan;
Kurma 10biji (sy pake kurma merk palmfruit/lyna yg masih ada batangnya, msh fresh, jgn beli kurma curah khwtr udah ditambahi pemanis buatan dan gak fresh)
 

rendam kurma dg air panas (air panas bulak2 baru mateng gt) selama 30menit kmd tiriskan.

Masukan ke dlm food processor, tambahkan sedikit air sampe sekiranya mesin bs mroses muter (dg blender biasa jg bisa, pokoknya ampe alus)

Jd sekitar 200ml (hampir penuh sewadah dg eazy lock uk. 210ml)

Mama Dyahayukirana
26 Butter cookies 8 bulan +     Bahan :
120gr unsalted butter
180gr tepung terigu protein rendah
50gr gula halus/gula castor (aku di skip)
50gr almond di grinder halus (td sih ga pake)
 

Cara
1. Kocok butter n gula hingga lembut dan berwarna putih
2. Masukkan tepung terigu yg sudah diayak dan kacang almond. Aduk merata dan uleni hingga kalis.
3. Bentuk adonan sesuka hati, td aku pke animal cookie cutter (beli di ace)
4. Panggang di oven kurleb 30 menit hingga kecoklatan

Mom Pipit
27 Burger tempe 8 bulan +      

Bahan :
Tempe

Daging ayam cincang

Duo bawang
Seledri cincang halus..

Caranya : duo bawang digerus,campur Tempe+daging ayam cincangnya+trs tambahin seledri halus..
Nah abs itu dibentuk dech kyk daging hamburger,trs digoreng
 
28 Finger Food, OAT 8 bulan +     Bahan:
Roti Gandum 1 lbr
Susu UHT (secukupnya)
Telur
Keju/abon
Unsalted Butter
 

Cara:
Campur Telur + UHT (secukupnya) , kemudian kocok
Potong roti serong jd 2 bh (segitiga)
Masukkan Roti kedalam kocokan telur + UHT
Panaskan Teflon
Kasih secuil Unsalted butter
Kemudian goreng roti, bolak balik sampai agak kecoklatan.
Angkat
Tambahkan parutan keju/ abon

Mak Syahna
29 SUP AYAM TEMPE 2 IN 1 8 bulan +      

Bahan:
250 gram ayam kampong potong
100 gram tempe, potong kotak kecil, goreng 50 gram buncis, potong-potong 50 gram wortel, potong-potong 700 ml air matang
3 siung bawang putih, digeprek
½ sendok the pala bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bumbu tambahan untuk 1th+, secukupnya:
Garam
Gula
Merica

Cara membuat:
Rebus ayam sampai berkaldu, tipsnya kalau mau kaldunya keluar semua, ayam potong dan air matang dimasukan bersama ke dalam panci, baru dipanaskan.
Tumis bawang putih hingga wangi, tuang ke dalam rebusan ayam yang sudah mendidih.Tambahkan buncis, wortel dan tempe.Setelah sayuran matang, sisihkan ayam dan sayur untuk anak, daging ayamnya bisa disuwir kecil-kecil. Kemudian tambahkan garam, gula dan merica secukupnya untuk disajikan ke keluarga.
 
30 NUGGET TEMPE 8 bulan +      

Bahan:
250 g tempe,kukus haluskan
100 g daging ayam cincang
1 btr telur,kocok lepas
2 sdm irisan daun bawang
1/4 pala bubuk
1/4 sdt lada halus
1 sdt garam halus (<1th bisa diganti dengan sedikit keju parut)
Minyak untuk menggoreng

Lapisan:
3 btr telur,kocok lepas
100 g tepung panir

Cara membuat:1.Campur tempe yg telah di haluskan dgn dagng ayam cincang,telir irisan daun bawang,pala,lada dan garam

2.bentuk adonan menurut selera,lakukan hingga adonan habis.

3.Celupkan adonan yg telah di bentuk ke dlm kocokan telur,kemudian gulingkan ke atas tepung panir, Goreng hingga matang

 
31 NUGGET MIE 8 bulan +   9 pcs Bahan :
25gr mie, rebus hingga empuk, tiriskan
1sdm margarine
25gr b. Bombay, cincang
30gr fillet daging ayam, cincang halus
8lbr daun bayam, kukus, cincang halus
25gr labu kuning, kukus, parut halus
2sdm tepung terigu
2sdm keju parut
1/8sdt merica bubuk
1/4sdt gula pasir
80ml susu UHT
Bahan Lapisan :
1butir telur, kocok lepas
3sdm breadcrumbs, grinder halus
Minyak secukupnya u/ menggoreng
 

Cara Membuat :

Panaskan margarine, tumis b. Bombay sampai harum, masukkan daging ayam cincang, masak hingga berubah warna

Masukkan bayam & labu kuning, aduk rata

Tambahkan tepung terigu, aduk2 sampai menggumpal

Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin

Masukkan mie rebus, keju parut, merica & gula pasir, aduk hingga rata

Bentuk lonjong pipih/sesuai selera

Celup ke dlm kocokan telur, gulingkan ke dlm breadcrumbs & goreng hingga matang kecoklatan, angkat, sajikan hangat

Mom Anya
32 Misoa Kuah 8 bulan ++      

Untuk 1 porsi
Bahan:
– 50 gram daging ayam cincang
– 150 ml kaldu ayam/air
– 1 butir telur ayam
– 1/2 ikat misoa
– 1/2 buah jagung manis
– 1 butir bawang merah parut
– 1 butir bawang putih parut
– 1 sdm ELOO

Cara membuat:
– Tuang ELOO ke dalam wajan anti lengket (teflon),tumis duo bawang hingga harum
– Masukkan daging ayam
– Masukkan jagung manis
– Tuang kaldu ayam
– Masukkan telur ayam,aduk rata
– Masak hingga matang
– Sajikan hangat
Bunda Tama
33 CHICKEN CHEESE NUGGET 8 bulan +      

Bahan :
500 gr ayam giling (aku beli boneless chicken n giling sendiri di rumah)
4 buah roti tawar tanpa kulit
2 buah wortel, dirajang halus ## aku tambahin jagung manis sedikit mom, biar ada manis-2nya. etapi butirannya dibikin kecil aja yah…soale kl gak gitu kl sdh dikukus n diiris, jagungnya mrotoli
150 gr keju parut (aku pake sekotak 180gr,tp menurutku masih kurang gurih,jd rencananya next mo pake lebih banyak) ## aku juga pake procis yg sekotak itu mom…tak parut kabeh biar gurih.
2 butir telur
100 ml air matang [aku ganti susu UHT plain] ## kemarin aku pake susu bear brand
mentega untuk olesan ## aku gak pake diolesin mentega. loyangnya dialasin plastik mom, jadi enak begitu mateng dr kukusan tinggal tarik plastiknya. gak lengket-2.

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih ## kmrn aku pake 8 siung…biar nendang hehe
1 sdt lada halus## kmrn pake lada butiran ituh….aku uleg smp halus, sama takarannya 1sdt
garam secukupnya
## aku tambahin pala seujung jari kelingking
## aku kasik maizena 1 sdm. tp kl mau lbh kenyal pake maizena 50gr kayaknya enak deh mom

Untuk memanir :
250 gr tepung roti
2 butir telur kocok ## kmrn utk panir ini, aku hbs 4 butir telor loh mom…. agak boros mmg apa mgkn krn aku dobelin yah. hbs dr telur,panir..trus telur lg n panir lg.

Instruksi:
1. Rendam roti dalam air matang atau susu, tapi memang rasanya lebih gurih kalau pakai susu. Supaya susu dan roti lebih gampang tercampur, sobek-sobek roti menjadi bagian kecil kemudian tekan-tekan sampe roti menjadi hancur.
2. Campur ayam giling, roti rendaman, wortel, keju, telur, serta bumbu yang dihaluskan. Sering, kalau bahan sudah tercampur jadi satu, susah untuk bumbu menyatu secara merata. Mungkin lebih enak sebelum memasukkan smua bahan, bumbu diratakan di roti rendaman baru sisa bahan yang lain dimasukkan dan diaduk sampai rata.
3. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas ukuran 20 cm. Olesi dengan mentega.
4. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan dan padatkan adonan supaya nantinya tidak terlalu lembek jadinya chicken nuggetnya.
5. Kukus adonan selama 20 menit, dan apabila setelah keluar dari kukusan terdapat air tiriskan airnya dan kemudian dinginkan.
6. Untuk membuat si kecil bersemangat melihat makanan, coba bentuk chicken nugget menjadi bermacam-macam bentuk yang menarik.
7. Potongan nugget kemudian bisa di celupkan ke dalam tepung roti, dilanjutkan dengan mencelupkannya kedalam kocokkan telur dan terakhir celupkan lagi ke dalam tepung roti.
8. Masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama kurang lebih 2 jam.
9. Apabila anda tidak terlalu suka kulit yang terlalu tebal, chicken nugget yang sudah dibentuk bisa langsung dimasukkan freezer. Setiap mau dihidangkan, celupkan potongan chicken nugget kedalam kocokkan telur kemudian gulingkan ke campuran tepung yang sudah dibumbui sedikit lada.
10. Goreng chicken nugget dan hidangkan bersama saos kesukaan anak anda.
Tips: apabila anda merasa bahwa chicken nugget tersebut berasa kurang padat atau kenyal, bisa tambahkan setengah sampe 1 sendok makan tepung maizena kedalam adonan.
Mama Krisna
34 Bubur Ayam Berwarna 8 bulan +     Bahan:
1 potong dada ayam tanpa tulang
2 buah ceker ayam
2 sdm beras putih
1 sdt wortel parut
1 butir kuning telur
Daun bawang + seledri, cincang halus
1 lembar daun salam
1 sdt keju parut
1 ½ cangkir air matang
cat:
wortel bisa diganti dengan labu kuning atau kabocha kuning atau bayam
 

Cara Membuat:

Masak daging ayam, ceker ayam, daun salam, dengan air matang selama sekitar 5 menit, angkat daging ayam dan haluskan.
Masukkan beras, daun bawang + seledri ke dalam kaldu ayam di atas.
Aduk2 hingga setengah matang.
Masukkan kembali ayam yg sudah dihaluskan, wortel parut dan kuning telur, aduk rata dan masak hingga telur benar-benar matang
Taburkan keju parut, aduk rata, angkat.
Saat hendak disajikan buang cekernya

mpasirumahan@yahoogroups.com
35 Sup Krim Makaroni 8 bulan +      

Bahan:
1 sdm makaroni
1 sdm tepung oatmeal, cairkan dengan 2 sdm air matang
1 sdt wortel parut
1 sdt kentang parut
2 sdm daging ayam cincang
1 ½ cangkir air matang

Cara Membuat:
1. Rebus makaroni dengan wortel, kentang dan daging ayam hingga matang
2. Masukkan oatmeal cair, aduk hingga sup kental
3. Sajikan selagi hangat
mpasirumahan@yahoogroups.com
36 Bubur Nasi Polos 8 bulan +     Bahan:
4 buah ceker ayam (kalau bisa ayam kampung)
1 lembar daun bawang, cuci lalu potong tiga bagian
1 lembar daun salam
1 lembar sereh
2 sdm beras putih, cuci bersih
1 ½ cangkir air
Cara Membuat:Rebus ceker ayam dengan daun bawang, daun salam dan sereh hingga air mendidih.
Masukkan beras putih, aduk terus supaya tidak lengket hingga matang.
Angkat, sajikan hangat.
mpasirumahan@yahoogroups.com
37 Salmon with butter lemon & garlic 8 bulan +     Bahan :
1 sdm eloo
1 sdm unsalted butter
1 sdt bw putih cincang
2 fillet salmon
Garam & lada secukupnya sesuai selera
½ buah lemon segar
Cara:
Panaskan eloo di wajan anti lengket dg api sedang. Tambahkan bawang putih & tumis selama 1 menit. Tambahkan salmon & bumbui dg garam & lada. Masak kurleb 3-4 menit tergantung ketebalan ikan sampai dasar ikan berwarna kecoklatan. Masukkan butter
Balik ikan dg hati”. Tuang jus lemon di atas fillet & bumbui sisi ikan dg garam & lada. Masak lg 3-4 menit. Jika salmon sudah matang seluruhnya, siap disajikan, bs bersama mashed potatoes & sayur
Farah Quin
38 Keripik Bayam 8 bulan +     Bahan :
Daun bayam yang lebar.
Adonan (campur jadi satu):
Ketumbar halus
Garam
Merica
Tepung beras
Air es

Minyak utk menggoreng

Cara :
Petik daun bayam satu satu.
Masukan ke adonan
Masukan ke minyak panas. Goreng sampai kuning.
Tiriskan.
Yummyy..
Oya,tips beli bayam lebar : ke pasarnya pagi2 ya mom,byr bisa milih bayam yg lebar.hehe..
Mama Maya
39 Baked Potato Apple 8 bulan +     Bahan:200 gram kentang, kukus, haluskan
1 sdm susu bubuk (yg ga minum sufor boleh skip akan menghilangkan manisnya saja)
2 butir kuning telur
1 biji apel manalagi (apel manis) iris kecil-kecil, sisihkan sedikit buat topping
1 sdm unsalted butter
1 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt oregano
3 sdm keju parut
kismis secukupnya buat topping
10 ml air putih
Cara membuat:
1. campurkan kentang, susu bubuk, dan 1 kuning telur, butter aduk rata, bagi 2 bagian
2. campurkan apel, 1 kuning telur, dan air putih, sisihkan
3. siapkan wadah tahan panas, olesi sedikit butter/minyak, ambil 1 bagian kentang atur didasar wadah, tuangkan campuran apel
4. Sisa 1 bagian kentang campurkan dengan bawang putih, keju, dan oregano, susun di atas campuran apel, taburi dengan topping apel dan kismis
5. Panggang di oven selama 40 menit
PS: * tadi saya taburi sedikitttt gula pasir diatasnya jd manis-manis :p Dhaffy habis stengah pinggan itu, mamanya habisin stengahnya.. kenyangggg😀
* Topping bisa di kreasikan sendiri🙂
 
40 Nasi Bakar 8 bulan +     Bahan:
500 gr beras, cuci, tiriskan
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt garam
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus
Bahan Tumisan:
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
1 btg daun bawang, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
4 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara membuatnya:
– Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
– Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, dan garam, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.

Penyelesaian:
– Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan

Jadinya sekitar 8 bungkus. Aku panggang pake hepikol tapi gk d tutup.

Oya kalo susah nyari daun pisang pake alufoil gulungan bisa deh kayaknya,cuma gk dapet aroma daun pisangnya.

Minyak gorengnya boleh pake eloo,canola or minyak goreng biasa.
Kalo santan di ganti UHT blm tau y moms,krn anak2ku udh table food jd lebih mudah eksplorer resep2.

Fatmah Bahalwan
41 Cawan Mushi 8 bulan +     Bahan
1 telur
kaldu daging 5-6 sdm
bawang putih (digeprek atau diiris, terserah aja) atau bubuk bawang putih
daun bawang (diiris kecil2 atau mau dibikin panjang gpp biar gampang diambil wkt disajikan)
sayur: brokoli/ kembang kol/ wortel/ kapri
Cara membuat
pecahkan telur di mangkuk kecil (sekalian mangkuk yg bisa dipakai utk mengukus), kocok rata dng garpu, tambahkan kaldu, kocok rata lagi, tambahkan bawang putih, kocok rata, masukkan sayur (daun bawang bisa dicampurkan sebelum dikukus atau kalau daun bawangnya diiris halus bisa ditaruh di atas 1-2 menit sebelum diambil dari kukusan). kukus dng api kecil smp matang (ini yg agak susah, kalo apinya kecilnya pas, teksturnya bisa lembuut banget ky puding)
 
42 Saus Tomat Homemade 8 bulan +     Bahan :
500 gram tomat masak
100 gram strawberry (bisa ganti air jeruk nipis/lemon)
500 ml air
2 sdm minyak zaitun
Bumbu:
4 siung bawang putih
3 sdt garam
3 sdm gula pasir
Cara membuat:
Rebus air sampai mendidih.
Masukkan tomat. Jerang sampai setengah lunak lalu masukkan strawberry.
Setelah tomat dan strawberry lunak, angkat dan tiriskan. Sisa air rebusan jangan dibuang.
Haluskan tomat dan strawberry.
Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai wangi.
Masukkan tomat dan strawberry yang sudah diblender dan sisa rebusan air.
Jerang di atas api kecil sekitar 30 menit sampai mengental. Jangan lupa aduk sesekali.
Jika sudah kental, matikan api. Saus tomat siap digunakan.
 
43 SAUS TOMAT SEHAT 8 bulan +     Bahan :
untuk 500gr
bahan
1sdt minyak goreng
500 gr tomat, rebus, kupas kulitnya, haluskan
200 ml kaldu ayam
bumbu
6 siung bwng putih,cincang
50 gr bwng bombai, cincang
1 sdt garam
2 sdm gula
cara
– tumis bwng putih hingga harum, masukkan bawang bombai, tumis & aduk hingga layu
– masukkan tomat, garam,& gula, tumis hingga harum
– masukkan kaldu, masak hingga mengental (sekitar 6 menit)
chef nchank & yuni di buku paduan menu balita sebulan
44 PIE ROTI TAWAR 8 bulan +     Bahan :
kulit :
1 lbr roti tawar, disobek kecil2
Isi :
Vla (nyontek resep vla pie mocaf Mommy Cetta, TFS ya Mom *kiss*)
Cara membuat :1. Kulit : Basahi roti dengan sedikit susu (sedikit aja asal lembab & gampang dibentuk). Cetak di dasar & pinggiran alu foil cup
2. Beri isian vla, lalu panggang sebentar. (Kemarin pake oven cook sekitar 15 menit, asal roti agak kering aja)

Hasil : 1 cup penuh (dia 8cm)

Mama Ethan
45 Vla Susu 8 bulan +     Bahan :
100 ml sufor/uht/asip
2 sdt tepung hunkue (saya pake maizena)
1/2 bag pisang ambon, haluskan
1 btr telur puyuh (saya pake 1/2 kuning telur ayam kampung)
kalau mau ditambah keju, sesuai selera aja >> ga pake sdh enak
Cara :
1. Campur susu + tepung hunkue, masak di atas api kecil sambil terus diaduk sampai mengental & meletup, matikan api
2. Campur pisang ambon + telur, masukkan ke adonan susu yang masih panas, aduk cepat supaya tidak menggumpal
Mommy Cetta
46 Lasagna tahu 8 bulan +     Bahan:2 potong tahu putih/tahu cina setebal 1 cm keju cheddar parut secukupnya untuk taburan

Saus Merah:
tumis semua bahan hingga matang
1 sdm margarin – mama pake cuma 1sdt
2 sdm bawang bombay cincang – cuma pake kurleb 4-5 potong bawang bombay cincang
2 siung bawang putih cincang – gak pake karena lupa
100 gr daging sapi cincang – cuma 2 sdm daging cincang
1sdt tomat pasta – gak pake
300 gr tomat, seduh, kupas, cincang hingga halus – mama pake 1 buah tomat yang besar di haluskan
½ sdt garam – gak pake
¼ sdt merica bubuk – gak pake lupa
½ sdm gula pasir – gak pake
¼ sdt oregano – pake seencrut doang

Saus putih:
50 g margarin – pake margarin tawar 1 sdt
50 g tepung terigu – gak punya terigu pake oatmeal halus 2 sdt
220 ml susu cair – pake kurleb 100 mlan
½ sdt garam – gak pake ¼ sdt merica – gak pake krn lupa

Cara bikin:Saus putih:
1. Lelehkan margarin, tambahkan tepung aduk hingga berbutir. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk terus hingga rata. Masak hingga mendidih angkat, sisihkan.
2. Susun 1 bagian tahu dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi mentega. Tuang saus merah diatasnya, ratakan. Susun sisa tahu, rapikan. Tuang saus putih diatasnya, ratakan. Taburi dengan keju parut hingga rata, panggang dalam oven panas suhu 180° selama 30 menit hingga matang. Atau dikukus deh…klo mama mah pake teflon pan, yang di olesin mentega trus dipanggang deh satu2 tuuh tahu setlah matang baru ditumpuk, apa digoreng yah lebih tepatnya??? pokoknya mateng deeeh..dan judulnya tetep lasagna tahu..hehehe..
sabitahnyamamapap
47 Chicken Brokoli Mashed Potato 8 bulan +     Bahan:
1 buah kentang uk sedang potong kecil, kukus
1 sdm ayam cincang
3 kuntum brokoli
100ml kaldu ayam/ air
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm butter/eloo
1 kotak keju bellcube/ bisa di skip
Oregano sedikit
Garam sedikit, under 1y di skip aja ya
Cara:
1.Panaskan butter/eloo, tumis bawang putih sampai harum.
2. Masukan ayam, tumis sampai setengah matang.
3. Masukan kaldu/air, biarkan sampai ayam matang 4. Masukan kentang kukus.
5. Masukan brokoli
6. Masukan keju
7. Tambahkan garam
8. Masukan oregano, aduk2 sebentar lalu angkat.
Klo saya setelah matang, tunggung hangat, lalu blender sampai halus. Tp disesuaikan aja ma babynya.
Mom Fatirahma mustafa
48 ES KRIM YOGURT RASA STRAWBERRY 8 bulan +     Bahan :
450gr Strawberry segar, dicuci lalu dikupas bersih
130gr Gula Pasir
140gr Plain Yogurt/yogurt tanpa rasa
1 sendok teh jus lemon segar
Cara Membuat : Iris kecil-kecil strawberry. Masukkan kedalam mangkuk.
Kemudian campurkan dengan gula pasir. Lalu diaduk. Tutup mangkuk dengan
plastik. Lalu diamkan selama ± 2 jam. Kemudian di aduk kembali. Masukkan
potongan strawberry, yogurt dan jus lemon ke dalam blender hingga halus.
Bekukan selama 1 jam. Biarkan hingga benar-benar beku. Sajikan dengan
potongan buah strawberry untuk mempercantik minuman.
NOTE: bahan-bahan yg digunakan tetap disusaikan lagi untuk bayi dan balita
ya mom… tetep no gulgar sampai 12mo+. dan silakan dimodif sesuka hati😉
 
49 Tim Tahu bumbu tomat 8 bulan +     Bahan:
Tahu putih secukupnya haluskan
2 sdm fillet ayam cincang
Dua ruas jari wortel parut
Keju parut secukupnya
1 sdm Bumbu tomat
Cara bikinnya:
Campur semua bahan, taro di pinggan tahan panas, kukus hingga matang. Beres deh…
 
50 Red Dragon Fruit Pudding 8 bulan +     Bahan :
200gr buah naga merah
100ml air
250ml susu UHT –> gnti ASI/SUFOR ( <1 thn)
25gr gula pasir –> (<1 thn skip)
1/2 sdm agar2 plain
Cara :
1. Campur susu UHT,,agar2,,gula aduk,masak di api sedang aduk2 smpe mendidih,matikan.
2. Blender buah naga + 100ml air hingga halus,tuang kedalm adonan agar2 aduk rata.
3. Masukin kedlm cetakan, dinginkan.
Hasilnya enaakk,td pas nuang kecetakan aq icip sdikit,,enak,,gurihh,,lgi nunggu dingin.

Gampang kan moms, oiya di resepnya kata mom anya bisa untk 8+,gula bs dskip,,UHT bs dgnti sufor atau air.

Oiya mau tanya sm mom anya,td pas blender buah naganya,bijinya ga hancur.emg bgtu ya mom?trz aq saring pas mau tuang kecetakan.

Mom Abel
51 Muesli Rice Pudding 8 bulan + 5 pcs   Bahan :
> 2 sdm Nasi
>
> 1 sdm Muesli – td saya pake oat
>
> 1 sdt raisin, cincang
>
> 250 ml susu uht (unt >8m – <1y ganti dgn santan)
>
> 1 sdt gula palem (skip unt under 1y)
>
> Sejumput garam (optional) – td saya ngga pake
>
> 1 lbr daun pandan
>
> 1 sdt agar2 plain
>
> 1 kuning telur – td saya ngga pake
>
> Cara:
>
> Panaskan nasi, muesli dlm susu selama 15 menit.
>
> Masukkan agar, gula, garam, daun pandan dan kuning telur yg sdh dikocok, aduk dg api kecil hingga mendidih. pisahkan daun pandan.
>
> Tuang di cetakan/wadah, diamkan hingga agak dingin baru masukkan dalam kulkas sampai padat.
>
> Sajikan dingin
mpasirumahan@yahoogroups.com
52 Rolasju Kukus 8 bulan +     Bahan:
8m+ /
1y+
3 sdm labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan
2 lembar roti gandum sobek-sobek
100 ml ASIP/Sufor /
1 sdm susu kental manis dan 100 ml air1 sdt Unsalted Butter/
1 sdt mentega
2 sdm keju parut/
2 sdm keju quick melt parut
Cara membuat:
1. siapkan wadah untuk mengukus, masukkan semua bahan kecuali keju dan campur jadi satu, diamkan 1 menit biarkan susu meresap di roti, taburi keju parut di atasnya
2. panaskan kukusan dan kukus +/- 5 menit, karena semua bahan tidak ada yang mentah, tujuan mengukus hanya untuk memadatkan dan mencairkan keju di atasnya karena tanpa telur😀
mpasirumahan@yahoogroups.com
53 PUREE TERONG UNGU 8 bulan +       CARA MEMBUAT:
– pilih terong ungu yang tidak terlalu besar, kupas, cuci, potong kecil-kecil.
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan terong ungu dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan terong kukus. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.
CARA MEMBUAT (PANGGANG)
– cuci bersih terong ungu, belah memanjang. Olesi bahian putihnya dengan unsalted butter/minyak zaitun.
– Panaskan oven, masukkan terong ungu, panggang sebentar (5-8 menit)
– Keluarkan, kerok bagian putihnya, haluskan.
– Puree siap disajikan (rasanya akan lebih gurih)
mpasirumahan@yahoogroups.com
54 PUREE BAYAM 8 bulan +       CARA MEMBUAT:
– pilih bayam yang hijau segar/merah segar (kalo bayem merah, petik daunnya. Sisihkan.
– Panaskan Air bersih di panci sampai mendidih.
– Begitu air mendidih, masukkan bayam. Matikan api. Tutup panci dan diamkan selama 3 menit.
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun. Lalu siram bayam dengan air dingin masak (bukan air es)
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan bayam. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.
– PS: bisa juga dengan cara dikukus. Tapi panaskan kukusan terlebih dahulu baru masukkan bayam selama 3 menit.
mpasirumahan@yahoogroups.com
55 PUREE UBI MANIS (bisa ubi kuning,ubi putih, ubi cilembu, ubi jepang, ubi merah) 8 bulan +       CARA MEMBUAT :
– Pilih Ubi yang tidak terlalu besar, lalu cuci/sikat sampai bersih.
– Potong-potong ubi menjadi 4 bagian / 8 bagian kecil.
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan ubi dan kukus hingga empuk (5-10 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), kerok daging ubi dari kulitnya dan mulai menghaluskan.. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.
mpasirumahan@yahoogroups.com
56 PUREE SAWI HIJAU/KAILAN 8 bulan +       CARA MEMBUAT :
– Pilih sawi yang segar, hijau dan tidak terlalu besar dan tua (kadang suka pahit)
– Cuci bersih, potong kecil-kecil untuk mempermudah proses puree
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan sawi/kailan dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan sawi/kailan. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan. (lebih enak kalau ditambahkan air kaldu, supaya lebih gurih)
mpasirumahan@yahoogroups.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s