Kumpulan Resep MPASI 8 Bulan

RESEP MPASI 8 BULAN  
               
No Nama Masakan Peruntukan (umur) Jumlah Sajian Perlengkapan yang diperlukan Bahan Cara membuat Catatan khusus
1 Puree Wortel 8 bulan +     Bahan :
1 bh wortel lokal
cara :
1. Kupas dan cuci wortel (wortel lokal lebih manis walau bentuknya jelek) lalu potong kecil-kecil
2. panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan wortel dan kukus hingga empuk
3. tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain
4. Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder) haluskan wortel. Bila perlu tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan
 
2 Puree Brokoli 8 bulan +     Bahan :
Brokoli muda ( bunganya saja yang masih hijau tua )
 

cara :
1. Pilih brokoli yang muda yang bunganya masih hijau tua dan rapat. warna kekuningan menandakan brokoli sudah terlalu tua, bunganya banyak yang mekar
2. Cuci bersih dibawah air mengalir supaya ulat brokoli dan kotoran yang ada keluar
3. ambil ‘bunga’ hijaunya saja untuk puree, panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan buncis dan kukus hingga empuk
4. tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain
5. Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder) haluskan. Bila perlu tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan. dan saring jika masih ada serat yang tertinggal

 
3 Kukis Lumer di Mulut 8 bulan ++     Bahan:
120 gr unsalted butter suhu ruang
150 gr terigu protein rendah
30 gr icing sugar (untuk di bawah 1th diskip yah, nggak merubah tekstur kok)
5 sdm keju parut
 

Cara Buat:
Panaskan oven suhu 170 derajat
Kocok butter dengan gula sampai butter halus
Masukkan terigu yang sudah diayak (kalo ga diayak juga gpp sih, pastikan aja mencampurnya rata)
Masukkan keju parut, aduk sebentar
Panggang di dalam oven selama 25-30 menit, atau sampai kering dengan tes tusuk gigi
Gampang, simple, cepet, enak, garing, dan yang pasti lumer di mulut (iyalah secara judulnya itu) 😀

Mom Nandra
4 Cheese Straw / Kukis Keju 8 bulan ++     BAHAN:
175 gr tepung terigu (aku pake kunci biru, segitiga biru juga bisa tapi kalo ada kunci biru lebih baik pakai kunci biru aja)
75 gr unsalted butter beku, potong kotak kecil-kecil.
115 gr keju parut (cheddar, aku pas ada edam.. jadi aku kasi 80 gr aja)
1 telur dikocok (atau kalau belum bisa makan putih telur karena belum 9 bulan, bisa pakai 2 kuning telur)
1 kuning telur dikocok (+ 3 sdm susu cair untuk olesan kalau bayinya sudah boleh pakai susu utuh. Kalau belum boleh, skip saja)
 

Cara :
1. siapkan semua bahan. di gambar ini ada nori kering, katsuobushi dan wijen.. biasaa.. iseeeng. Bahan ini bisa ditambah untuk anak yang lebih besar yah (setahunan lebih)
Image Hosted by ImageShack.us
2. ayak tepung ke dalam mangkok, masukkan mentega dan remas-remas hingga terbentuk semacam “tepung roti”. Grendel-grendel gitu.
Image Hosted by ImageShack.us
3. masukkan keju dan telur, uleni. Kalau tampak kurang menyatu, tambahkan air sedikit sedikit.
4. setelah adonan kalis dan tidak menempel lagi di tangan maupun wadah, ambil separuh adonan dan gilas setebal ½ – 1 cm (selera aja). Menggilasnya di atas permukaan yang sudah ditabur tepung ya. Dan supaya mulus, bisa menggilas sampai 3 kali supaya mulus. (cape ya …. namanya juga bat anak :p)
4. Panaskan Oven kurang lebih 180 derajat celcius.
5. Potong-potong memanjang (karena kan judulnya “straws”) atau cetak sesuka hati aja, oles dengan kuning telur & susu. Susun di loyang yang sudah diberi cookie sheet (kalo ga ada cookie sheet, oles aja loyang pake mentega dan taburi sedikit tepung… jangan kebanyakan ya.. tar gosooong)

6. Masukkan ke dalam oven, dan panggang sampai matang (saya lupa nyatet waktunya.. tapi sepertinya sekitar 20-30 menit).

Mom Nandra
5 Kabocha Mini Pancake with Mango Sauce 8 bulan ++      

Bahan:
3 sendok makan munjung Kabocha kukus yang dihaluskan/ saring
2 sendok makan munjung Oatmeal masak cepat
1 Kuning telur
1 kemasan kecil Mentega unsalted (10 gram)
Vanili sejimpit
Bubuk kayu manis sejimpit
Air putih secukupnya jika adonan terlalu pekat
Margarin untuk mengoles cetakan
Mangga

Cara membuat:
Campur semua bahan hingga kekentalan dirasa cukup.
Olesi cetakan dengan margarin dan panaskan diatas api kecil.
Tuang adonan secukupnya.
Tutup sebentar dan balik pancake hingga warna kecoklatan.
Angkat.
Keruk mangga dengan sendok.
Sajikan kabocha mini pancake dengan mangga keruk sebagai toppingnya.
Horeee.. semoga MKH jaya selalu yak!
Mama Emma Soraya
6 PUDING KACANG IJO SAUS BUAH 8 bulan ++     Bahan :Puding :
1 sdm tepung kacang ijo
200 ml air
1 – 2 sdt agar-agar bubuk putih (tergantung kekenyalan yang diinginkan)
sejumput bubuk kayu manis

Saus buah :
Kemaren ini pake buah melon jingga/oranye, pk buah lain juga boleh, lebih baik pilih buah yg byk airnya
1/4 buah melon jingga/oranye
30 ml air/susu (optional — untuk mengencerkan)

 

Cara :
1. Masak tepung kacang ijo dan agar-agar dengan air sampai mendidih dan matang
2. Masukkan bubuk kayu manis sesuai selera, matikan api, angkat
3. Hilangkan uap panasnya sebentar lalu masukkan ke dalam cetakan
4. Setelah agak dingin, baru masukkan ke lemari es
5. Jika ingin dihidangkan siapkan dulu saus buahnya, dengan cara diblender aja buahnya, boleh ditambhakan air bila kurang encer, lalu siram diatas pudingnya
6. Kalo untuk bayi yang belom bisa makan kasar, pudingnya boleh diancurin dulu dengan blender/parutan

Selamat Menikmati !!!!

Sebenernya dari dulu pas tau ada tantangan di MKH, pengen banget ikutan cuma berasa ga PD (percaya diri ya buka pd yg laen) aja soalnya ngeliat resep ibu-ibu yang lain kok canggih2 banget gitu, jadi minder hehhehehhehe trus pas liat topik bulan ini ‘kacang ijo’ kok jadi makin tertantang, akhirnya coba ikutan aja buat seru2an, sapa tau iseng-iseng berhadiah *ngarep.com* kalo pun ga menang tetep bisa jadi kenangan hahahhahahha

Komentar Mbak Ena Lubis:

idenya oke.. cuma pudingnya yg komposisinya kurang tepat.. mungkin niatnya ga mau pake gula sebagaimana motto dari owner MKH.. no sugar.. ^_^
tapi, sebetulnya, gula bisa diganti dengan pemanis lainnya yang lebih natural dan/atau bisa diterima oleh tubuh anak2…
nahh… mungkin, mba Debby menggunakan saus buah untuk memberikan rasa manis..

Mama Debby Tondo
7 PEPES TAHU KACANG HIJAU 8 bulan ++     Bahan :1 siung bawang merah
1 siung bawang putih ( yg lbh kecil )
Tahu
Wortel
1 lembar daun salam
daun bawang
kemiri ( sedikit aja )
2 sendok Teh Tepung Kacang hijau
Air kaldu secukupnya
Beras –> Dimasak terpisah buat buburnya
 

Cara :
1. Hancurkan tahu dengan cara di penyet pakai garpu.
2. Parut bawang merah, bawang putih, kemiri, wotel.
3. Campur semua parutan di tahu, aduk rata dan campurkan daun bawang cincang halus.
4. Campurkan 2 Sendok teh kacang hijau
5. Beri air kaldu secukupnya.
6. Bungkus dengan daun pisang yg sudah diletakan daun salam. Disini saya bagi 2 daun salamnya karena saya jadikan 2 pepesan buat makan siang dan malam.

Note :
1. Jika tidak mau tepung kacang hijau, bisa diganti dengan Telur buat mengikatnya..
Sehubungan matthew ada bakat alergi jadi ampe sekarang belum dikasih telur.
2. Biasanya sih komposisi bawang merah lebih banyak dari bawang putih 🙂 kalau di resep ini sih bawang putih saya kasih 3/4 siung aja.
3. Kalau tidak mau pakai beras tapi mungkin mashed potatoes, jadi pepes tahunya bisa
dibuatkan sausnya. bisa dibuat saus cream keju 🙂 dengan bahan susu, keju, tepung terigu,
butter . diaduk2 dan dimasak jadi deh.. terus disiram diatas pepesan-nya or mashed
potatoesnya hehehehhehe 😀

Komentar Ibu Juri:

idenya oke banget! cuma sayang sekali komposisi kacang ijonya kurang dominan.. sehingga rasanya sudah kalah dengan tahu, wortel dan kemiri..
untuk makanan anak-anak (apabila dikehendaki) pemakaian kemiri bisa dihilangkan.. karena rasanya yang cukup tajam..

Seri Winda
8 OATS SALMON SAUS JERUK HUNKUE 8 bulan ++      

BAHAN:
Untuk Oats tumis:
1. 2 sdm oat quick cook
2. ¼ telapak tangan fillet salmon
3. 1 siung bawang putih
4. ¼ bh tomat yang sudah matang (merah)
5. ½ sdm unsalted butter untuk menumis
6. 100 ml air
7. 3 btr Cengkeh

Untuk Saus:
1.Jeruk ponkam (ato jeruk apa saja yang penting manis) 1 buah
2.Tepung hunkue ½ sdm
3. 30 ml air
4. Jahe se ibu jari

Caranya :Panaskan Unsalt butter lalu masukkan bawang putih yang sudah dicacah halus, setelah harum masukkan tomat yang sudah dipotong dadu-dadu,tambahkan fillet salmon yang sudah dipotong dadu-dadu, setelah layu lalu masukkan 100 ml air dan oats, tunggu sampai mendidih dan oats mengental, lalu masukkan cengkeh, matikan api lalu tempatkan diwadah makan anak.

Untuk sausnya, peras jeruk ponkam, ambil airnya tambahkan air parutan jahe,lalu didihkan, tambahkan tepung hunkue yang sudah dicairkan dengan 30 mil air, matikan api, siramkan saus diatas Otas, sajikan, hmmm..yummiii…

Mama Halima
9 YELLOW SUBMARINE 8 bulan ++      

Bahan:
2 kumtum brokoli
1 buah kentang kira ² 80gr
6 lembar daun bayam merah,iris halus
1 siung bawang putih
½ siung bawang bombay,iris halus
20 gram daging giling
10 gram keju,parut
10gram unsalted butter untuk menumis
5gram unsalted butter untuk campuran kentang
2 sdm makan maizena
Air putih matang 100ml
2 iris wortel untuk hiasan

Cara:
•Rebus kentang sampai empuk,lembutkan,sisihkan
•Rebus brokoli,hingga hijau dan empuk,iris ² halus.
•Tumis bawang putih,bawang bombay,daging giling hingga harum,tambahkan air,masukan bayam,sambil ditekan ² hingga bayam hancur,kentalkan dengan larutan maizena.
Cara penyajian:
>Campur kentang yg telah dilumatkan dgn sedikit butter,masukan brokoli,simpan brokoli didalam kentang,cetak sesuai selera(aku pakai cetakan kapal selam) Sajikan dipiring
>Iris wortel bentuk matahari
>Siram dengan saus bayam.
Mama Desy ‘echie’ Asri
10 TIM AYAM JAMUR SOYUNGTEL a’la SC 8 bulan ++      

Bahan :
2 sdm beras coklat
1 ptg dada ayam kampung
3 lembar jamur kuping
Wortel secukupnya
Oyong secukupnya
Sukini (Zucchini) secukupnya
1 sdt Olive Oil
250 ml air

Cara memasak :
– Cuci beras dgn bersih
– potong kecil2 dada ayam, wortel, oyong dan sukini.
– masukkan semua bahan kedalam slowcooker
– masak kurang lbh 3 jam dgn slowcooker atau hingga seluruh bahan lembut
– setelah matang,haluskan terlebih dahulu dan sajikan hangat.
Mama Ditta
11 BUBUR UNGU SAUS KURMA 8 bulan ++     bahannya:
30gr tempe (dipotong2)
30gr jagung manis (yg udah dipipil)
1 buah ubi ungu (±100gr)
300ml air
5 butir kurma ajwa
keju parut secukupnya
 

Cara membuat:
1. ubinya di parut, kukus setengah empuk, sisihkan.

2. Didihkan air, cemplungin kurma utuh sak bijinya, tutup, 5 menit aja trus angkat. cemplungin tempe dan jagung, sementara si kurma di buang biji dan kulit, haluskan trus tambah air biasa dikit. Jadi saos deh, sisihkan.
3. tempe dan jagung udah lunak nih, blender halus, kedua bahan ini bisa membuat bayi tersedak.. Huk huk… Kasian kan, jadi matiin kompor dulu, blend trus saring dan masukin lagi ke air, masukin ubi, tambahin keju dikit… aduk aduk sampai matang ( kalau terlalu kental bisa tambahin air secukupnya).
4. Sajikan bersama saos kurma.. Boleh ditaburin keju parut diatasnya, enyak… Tapi kok warna ungunya ketutup saos kurma?
note: untuk ubi parut, jangan lupa di cuci setelah di parut ya, caranya masukin ke saringan santan yang halus, trus dicuci di bawah aliran air… Biar tetap ungu dan gak langu. Kalo abis diparut trus didiemin lama sambil nunggu air mendidih, warna ungunya jadi hitam lho…hihi pengalaman 😛 . Kalo yang udah punya gigi and bisa ngunyah, ubinya enakkan dipotong2 kecil aja kali ya, ntar jadinya kolak saos kurma deh tuh.

Mama Dyan Firman
12 Cake Apel Oat Kukus 8 bulan ++ 1-2 Sajian Kukusan  

bahan :
3 sdm oatmeal
1 sdm unsalted butter
1 buah apel, parut
1 butir kuning telur

Caranya: Campur semua bahan, aduk rata. Masukkan ke dalam cetakan, kemudian kukus smp matang. Angkat. Bisa menggunakan apel fuji, malang, atau granny smith. Resep disubmit oleh: Dwi Respati
13 Binte (sup jagung Sulawesi) 8 Bulan++ 2    

Bahan :
4 siung bawang merah geprek potong2
1 buah tomat potong2
Unsalted butter utk numis Jagung secukupnya dipipil
Ayam disuwir atau ikan tongkol disuwir

Tumis bawang merah + tomat (+cabe merah) sampai harum Bumbu yg ditumis direbus dg air matang 2 cangkir + jagung yg sudah dipipil Tunggu jagung empuk n daging ayam/ikan matang Submitted by: Ferial Said
14 Fu Yung Hai Baby Vegetarian (pakai telur) 8 Bulan + 2-3 sajian   Bahan:
100 gram Wortel, parut
100 gram Bengkuang, parut
3 kuning telur, kocok
3 siung bawang merah, haluskan
2 sdm keju parut
3 sdm ELOO saus asam manis:
3 buah tomat, kupas, buang biji, haluskan (parut/blender)
2 siung bawang putih parut
3 sdm keju parut
2 sdm applesauce*
2 sdm ELOO/ minyak
100 ml air matang
1 sdm maizena larutkan dengan 2 sdm air matang (*atau bisa diganti dengan parutan apel manis 2 sdm)
 

cara membuat: 1. Panaskan 3 sdm minyak di wajan, tumis bawang merah hingga harum, masukkan wortel, bengkuang, aduk hingga matang, tambahkan keju parut, tumis sebentar, rapikan tumisan di wajan, masukkan telur kocok, dadar dengan api kecil (jika memungkinkan ditutup dengan penutup wajan supaya panas bisa sampai di atas dadaran), balik setelah telur disisi bawah terlihat matang, matangkan lagi sisi yg sudah dibalik, matikan api, angkat, sisihkan 2. Panaskan 2 sdm minyak di wajan, tumis bawang putih sampai harum, masukkan tomat dan applesauce, tumis sebentar, tambahkan keju parut, aduk, tambahkan air, aduk, masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental, matikan api. 3. sajikan Dadaran telur (Fu Yung Hai) dengan sausnya, bisa dimakan dengan nasi tim/ bubur

Lanny Gosal | Mama Dhaffy
15 Nasi Kukus (1porsi) 8 Bulan + 1 porsi    

Bahan:
3sdm nasi putih
1/4ptg labu siam kecil, parut
1/4ptg wortel, parut
1/2ptg jagung, parut
1/4ptg tahu sutra, dihaluskan
1btr telur ayam kampung (telur ayam negeri jg boleh)
Duo bawang
Jahe + Lengkuas
Daun salam
Olive oil untuk menumis
Keju bellcube 2kotak, parut
100ml Air kaldu/air putih

Cara: 1. Tumis duo bawang, setelah harum, masukkan jahe, lengkuas, dan daun salam. Setelah itu masukkan semua bahan kecuali telur. Aduk2 sampai harum dan air habis kemudian matikan. 2. Kocok telur ditempat terpisah kemudian masukkan telur dan keju ke dalam bahan yang sudah ditumis kemudian aduk sampai rata. 3. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas atau aluminium foil. Kukus sampai matang, kurang lebih 15-20mnt. Angkat dan sajikan. Harumnya itu lohh Moms, sedap banget! Sayangnya gak sempet difoto karna Elora udah kelaperan, udah lewat jam makannya 😀 Cory Manurung | Mama Elora
16 ROLADE MAKARONI 8 Bulan + +/- 12 potong    

Bahan Kulit :
4 kuning telur (atau 2 telur utuh u/ anak 12Bulan+), kocok lepas
1 sdm tepung sagu, larutkan dengan 50 ml sari brokoli (jika ingin dadar berwarna kejijauan) atau air matang biasa.

Isi:
100 gr macaroni rebus al-dente, jangan terlalu lembek
200 gr ayam cincang
½ sdt teh merica bubuk (opsional)
3 sdm tepung sagu tani
50 gr keju cheddar parut
2 bawang putih dihaluskan
2 Kuning Telur (atau 1 telur utuh untuk anak >12 Bulan)
1 sdm wortel parut/cincang

Cara membuat: Kulit: Campur semua bahan. Dadar tipis-tipis. Sisihkan. Campur semua bahan isi menjadi satu, Lebarkan bahan kulit, beri isi kemudian gulung hingga rapi. Kukus dalam dandang panas sekitar 20 menit hingga adonan keras. Biarkan dingin sebelum dipotong-potong. Siap dicampur dalam sup atau digoreng/panggang untuk lauk/cemilan atau disimpan dan dibekukan untuk persediaan. daging ayam bisa diganti atau dicampur dengan udang, ikan. Subbmitted by : mamod depe
17 TUMIS ZUKINI (by anna ds) 8 Bulan + 2 pisau, wajan, parutan, grinder, talenan  

Bahan :
Bawang putih cincang/ulek.
Zukini ukuran sedang, belah 4, iris tipis, rendam air sebentar (untuk buang getah), tiriskan.
Daging ayam giling beku diparut.
Air kaldu ayam (dari rebusan ceker). .

Tumis bawang putih, masukkan ayam, beri merica sedikit, tumis hingga daging ayam matang, lalu masukkan zukini, beri garam dikit, aduk rata, diamkan sampai zukini hampir matang & keluar air, beri air kaldu, aduk2, matangkan zukini. Cicipi. Angkat, sajikan. Selamat mencoba. Jangan lupa dicicipi dulu ya….. bis aditambah garam, merica secukupnya (untuk anak diatas 1 tahun), Zukini bisa diganti dengan terong (ungu, hijau, telunjuk)
18 Tim Ikan Untuk MPASI 8 Bulan+      

Bahan :
2 Potong Ikan Pilihan, bersihkan, buang isi perut dan sisik (kalo ada sisik), lumuri jeruk nipis dan diamkan sebentar.

Bumbu:
3 buah tomat ijo kecil / 1 buah tomat merah besar, iris
1 batang daun bawang, iris 2 cm
2 siung bawang putih, cacah kecil
1 siung bawang merah, iris tipis
1 lembar daun salam
1 sdm minyak wijen (optional)

Panaskan kukusan/dandang. 1. ambil wadah stainless steel, taruh daun salam di dasar, separuh cacahan bawang putih, dan bawang merah. 2. bilas ikan yang sudah dilumur jeruk nipis tadi, lalu taruh ikan diatas susunan bumbu. 3. taruh sisa bawang putih, tambahkan tomat dan daun bawang dan tuang minyak wijen jika suka. (jadi wangiiiii…..) 4. Kukus selama 20 menit saja. Siap disajikan bersama nasi tim / nasi 🙂 Tips: Kalo mau lebih sedap dan nggak ‘takut’ bisa ditambah seiris tipis jahe dan taruh di dasarnya. ni sebetulnya stok resep lama, cuman baru sekarang pengen ngaplot berhubung banyak ibuk-ibuk di Milis MPASIRumahan kayaknya puyeng sama Tim Ikan buat lauk makan bayinya. Ini berlaku untuk hampir semua ikan, tapi paling sip dan enak untuk bayi ber MPASI adalah ikan Patin, Gurami, Kakap, Tuna, Tengiri. Salmon nggak cocok di tim model begini.
19 Tim Penuh Kalori 8 Bulan+ 2 Sajian kukusan Bahan:
100-150ml kaldu
1 sdm makaroni
1/2 buah kentang
1 siung bw putih parut
Serai
Lengkuas
1 sdm butter
1 kuning telur
1 sdm brokoli parut
Keju parut secukupnya.
Cara membuat: 1. Rebus kentang & makaroni hingga lunak. Angkat tiriskan, haluskan sesuai keinginan. 2. Di mangkok lain, masukkan makaroni & kentang bersama kaldu, bwg putih, serai keprek, lengkuas keprek, kuning telur, aduk rata di dalam mangkok. 3. Kukus di dalam dandang yang telah dipanaskan. Setelah kuning telur terlihat matang, masukkan brokoli parut & keju parut. 4. Setelah matang, angkat mangkok, selagi masih hangat, taruh butter di atasnya hingga lumer. Aduk rata mamod nandra
20 Gnoochi di Carote
(Gnoochi = Soft pasta)
8 bulan +     Bahan :
2 buah kentang kukus – haluskan
1 buah wortel parut – kukus, peras airnya
1kuning telur
Terigu secukupnya
Sauce
4tbs butter
Parmesan/cheddar parut
 

How:
– Campur kentang kukus, wortel, kuning telur, aduk hinga rata, tambahankan terigu sedikit2 smpe adonan dpt di pulung/gulung memanjang. Lalu potong2 sebesar ruas jari.
– Rebus Gnoochi yg udh dicetak dlm air mendidih yg sudah dikasih sedikit butter/mentega. Klo udah mengapung angkat, sisihkan.
– Panaskan butter smpe meleleh dalam pan, masukan gnoochi rebus, lalu taburi keju parmesan ato cheddar. Jadi deh!
– Note: sausnya bisa dikreasikan pake macam2 lho, mo pake daging, ikan, ato sayur2 lainnya:)

Spinach Ricotta Frittata

What:
2 telur kocok lepas
50ml susu uht
1 cup bayam cincang trus siram airpanas hingga lunak
1sdm keju Ricotta (kebetulan aja msh punya Ricotta cheese di kulkas, klo ga ada cheedar pun halal kok hihihihi)

How:
Aduk semua bahan, tuang ke cetakan, trus panggang 20min ato di kukus juga boleh kok . Taraaaaa jadi deh!

Maminya Kika & Abel
21 Sushi roti kentang 8 bulan +      

1 buah kentang, kukus haluskan
1 telur, dadar tipis
1 wortel, belah 4, kukus
1 lembar roti tawar
1 sdm saus bbq homemade ( di bawah resepnya ya)
1 sdt mayonaise

Cara :
Kentang lumat campurkan 2 sdm uht, garmer dikit, aduk rata.
Bentangkan roti di atas piring.
Oleskan saus bbq dan mayonaise.
Beri telur dadar, kentang halus, wortel
Gulung, padatkan.
Mama Silvi
22 Agar-agar pear kacang hijau saus yoghurt 8 bulan +     Bahan :
Puree kacang hijau
Parutan pear kuning
1sdt bubuk agar-agar swallow globe plain
Air matang 250ml
Yoghurt plain bio kul
 

Cara:
Larutkan bubuk agar-agar dgn air hingga meletup-letup. Tunggu hingga hangat tambahkan puree kacang hijau,parutan pear kuning. Tunggu hingga padat. Potong sesuai selera, sajikan dengan yoghurt. Segerrr rasanya

Mama Briena
23 Omelet mix veggies cheese 8 bulan +      

Bahan:
1 telur —Calief lulus kuning&putih telur
1sdm potongan tipis kecil tomat
1sdm Puree sawi
1sdm Puree buncis
1sdm Puree jagung manis
1sdm unsalted butter —pake orchid
1sdm diamond cheese

Cara:
Kocok lepas telur, tambahkan varian tomat dan puree, aduk rata. Panaskan pan, lelehkan unsalted butter, tuang campuran bahan, taburkan keju diatas omelet, masak hingga matang, sajikan. Lembuttt omeletnya wangi *nyamm
Mama Briena
24 Cream Soup Non UHT 8 bulan +     Bahan:
1buah tomat
1sdm quacker oats merah
1/3 tahu konkee plain
1cubes daging sapi giling—stock daging di freezer
Air 200ml
 

Cara:
Didihkan air 100ml, masukan tahu dan tomat (yg dibuang biji n kulitnya). Angkat dan saring. Buang airnya.
Didihkan air 100ml, masukan oats dan daging giling, aduk hingga mjd bubur.
Blender oats + tahu + tomat + daging. Sajikan hangat. Bentuknya seperti cream soup, wangi aroma daging giling dan oats mampu membuat Calief hap hap dan hap lagi 😀

Mama Briena
25 saus kurma 8 bulan +     Bahan;
Kurma 10biji (sy pake kurma merk palmfruit/lyna yg masih ada batangnya, msh fresh, jgn beli kurma curah khwtr udah ditambahi pemanis buatan dan gak fresh)
 

rendam kurma dg air panas (air panas bulak2 baru mateng gt) selama 30menit kmd tiriskan.

Masukan ke dlm food processor, tambahkan sedikit air sampe sekiranya mesin bs mroses muter (dg blender biasa jg bisa, pokoknya ampe alus)

Jd sekitar 200ml (hampir penuh sewadah dg eazy lock uk. 210ml)

Mama Dyahayukirana
26 Butter cookies 8 bulan +     Bahan :
120gr unsalted butter
180gr tepung terigu protein rendah
50gr gula halus/gula castor (aku di skip)
50gr almond di grinder halus (td sih ga pake)
 

Cara
1. Kocok butter n gula hingga lembut dan berwarna putih
2. Masukkan tepung terigu yg sudah diayak dan kacang almond. Aduk merata dan uleni hingga kalis.
3. Bentuk adonan sesuka hati, td aku pke animal cookie cutter (beli di ace)
4. Panggang di oven kurleb 30 menit hingga kecoklatan

Mom Pipit
27 Burger tempe 8 bulan +      

Bahan :
Tempe

Daging ayam cincang

Duo bawang
Seledri cincang halus..

Caranya : duo bawang digerus,campur Tempe+daging ayam cincangnya+trs tambahin seledri halus..
Nah abs itu dibentuk dech kyk daging hamburger,trs digoreng
 
28 Finger Food, OAT 8 bulan +     Bahan:
Roti Gandum 1 lbr
Susu UHT (secukupnya)
Telur
Keju/abon
Unsalted Butter
 

Cara:
Campur Telur + UHT (secukupnya) , kemudian kocok
Potong roti serong jd 2 bh (segitiga)
Masukkan Roti kedalam kocokan telur + UHT
Panaskan Teflon
Kasih secuil Unsalted butter
Kemudian goreng roti, bolak balik sampai agak kecoklatan.
Angkat
Tambahkan parutan keju/ abon

Mak Syahna
29 SUP AYAM TEMPE 2 IN 1 8 bulan +      

Bahan:
250 gram ayam kampong potong
100 gram tempe, potong kotak kecil, goreng 50 gram buncis, potong-potong 50 gram wortel, potong-potong 700 ml air matang
3 siung bawang putih, digeprek
½ sendok the pala bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bumbu tambahan untuk 1th+, secukupnya:
Garam
Gula
Merica

Cara membuat:
Rebus ayam sampai berkaldu, tipsnya kalau mau kaldunya keluar semua, ayam potong dan air matang dimasukan bersama ke dalam panci, baru dipanaskan.
Tumis bawang putih hingga wangi, tuang ke dalam rebusan ayam yang sudah mendidih.Tambahkan buncis, wortel dan tempe.Setelah sayuran matang, sisihkan ayam dan sayur untuk anak, daging ayamnya bisa disuwir kecil-kecil. Kemudian tambahkan garam, gula dan merica secukupnya untuk disajikan ke keluarga.
 
30 NUGGET TEMPE 8 bulan +      

Bahan:
250 g tempe,kukus haluskan
100 g daging ayam cincang
1 btr telur,kocok lepas
2 sdm irisan daun bawang
1/4 pala bubuk
1/4 sdt lada halus
1 sdt garam halus (<1th bisa diganti dengan sedikit keju parut)
Minyak untuk menggoreng

Lapisan:
3 btr telur,kocok lepas
100 g tepung panir

Cara membuat:1.Campur tempe yg telah di haluskan dgn dagng ayam cincang,telir irisan daun bawang,pala,lada dan garam

2.bentuk adonan menurut selera,lakukan hingga adonan habis.

3.Celupkan adonan yg telah di bentuk ke dlm kocokan telur,kemudian gulingkan ke atas tepung panir, Goreng hingga matang

 
31 NUGGET MIE 8 bulan +   9 pcs Bahan :
25gr mie, rebus hingga empuk, tiriskan
1sdm margarine
25gr b. Bombay, cincang
30gr fillet daging ayam, cincang halus
8lbr daun bayam, kukus, cincang halus
25gr labu kuning, kukus, parut halus
2sdm tepung terigu
2sdm keju parut
1/8sdt merica bubuk
1/4sdt gula pasir
80ml susu UHT
Bahan Lapisan :
1butir telur, kocok lepas
3sdm breadcrumbs, grinder halus
Minyak secukupnya u/ menggoreng
 

Cara Membuat :

Panaskan margarine, tumis b. Bombay sampai harum, masukkan daging ayam cincang, masak hingga berubah warna

Masukkan bayam & labu kuning, aduk rata

Tambahkan tepung terigu, aduk2 sampai menggumpal

Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin

Masukkan mie rebus, keju parut, merica & gula pasir, aduk hingga rata

Bentuk lonjong pipih/sesuai selera

Celup ke dlm kocokan telur, gulingkan ke dlm breadcrumbs & goreng hingga matang kecoklatan, angkat, sajikan hangat

Mom Anya
32 Misoa Kuah 8 bulan ++      

Untuk 1 porsi
Bahan:
– 50 gram daging ayam cincang
– 150 ml kaldu ayam/air
– 1 butir telur ayam
– 1/2 ikat misoa
– 1/2 buah jagung manis
– 1 butir bawang merah parut
– 1 butir bawang putih parut
– 1 sdm ELOO

Cara membuat:
– Tuang ELOO ke dalam wajan anti lengket (teflon),tumis duo bawang hingga harum
– Masukkan daging ayam
– Masukkan jagung manis
– Tuang kaldu ayam
– Masukkan telur ayam,aduk rata
– Masak hingga matang
– Sajikan hangat
Bunda Tama
33 CHICKEN CHEESE NUGGET 8 bulan +      

Bahan :
500 gr ayam giling (aku beli boneless chicken n giling sendiri di rumah)
4 buah roti tawar tanpa kulit
2 buah wortel, dirajang halus ## aku tambahin jagung manis sedikit mom, biar ada manis-2nya. etapi butirannya dibikin kecil aja yah…soale kl gak gitu kl sdh dikukus n diiris, jagungnya mrotoli
150 gr keju parut (aku pake sekotak 180gr,tp menurutku masih kurang gurih,jd rencananya next mo pake lebih banyak) ## aku juga pake procis yg sekotak itu mom…tak parut kabeh biar gurih.
2 butir telur
100 ml air matang [aku ganti susu UHT plain] ## kemarin aku pake susu bear brand
mentega untuk olesan ## aku gak pake diolesin mentega. loyangnya dialasin plastik mom, jadi enak begitu mateng dr kukusan tinggal tarik plastiknya. gak lengket-2.

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih ## kmrn aku pake 8 siung…biar nendang hehe
1 sdt lada halus## kmrn pake lada butiran ituh….aku uleg smp halus, sama takarannya 1sdt
garam secukupnya
## aku tambahin pala seujung jari kelingking
## aku kasik maizena 1 sdm. tp kl mau lbh kenyal pake maizena 50gr kayaknya enak deh mom

Untuk memanir :
250 gr tepung roti
2 butir telur kocok ## kmrn utk panir ini, aku hbs 4 butir telor loh mom…. agak boros mmg apa mgkn krn aku dobelin yah. hbs dr telur,panir..trus telur lg n panir lg.

Instruksi:
1. Rendam roti dalam air matang atau susu, tapi memang rasanya lebih gurih kalau pakai susu. Supaya susu dan roti lebih gampang tercampur, sobek-sobek roti menjadi bagian kecil kemudian tekan-tekan sampe roti menjadi hancur.
2. Campur ayam giling, roti rendaman, wortel, keju, telur, serta bumbu yang dihaluskan. Sering, kalau bahan sudah tercampur jadi satu, susah untuk bumbu menyatu secara merata. Mungkin lebih enak sebelum memasukkan smua bahan, bumbu diratakan di roti rendaman baru sisa bahan yang lain dimasukkan dan diaduk sampai rata.
3. Siapkan loyang atau pinggan tahan panas ukuran 20 cm. Olesi dengan mentega.
4. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan dan padatkan adonan supaya nantinya tidak terlalu lembek jadinya chicken nuggetnya.
5. Kukus adonan selama 20 menit, dan apabila setelah keluar dari kukusan terdapat air tiriskan airnya dan kemudian dinginkan.
6. Untuk membuat si kecil bersemangat melihat makanan, coba bentuk chicken nugget menjadi bermacam-macam bentuk yang menarik.
7. Potongan nugget kemudian bisa di celupkan ke dalam tepung roti, dilanjutkan dengan mencelupkannya kedalam kocokkan telur dan terakhir celupkan lagi ke dalam tepung roti.
8. Masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama kurang lebih 2 jam.
9. Apabila anda tidak terlalu suka kulit yang terlalu tebal, chicken nugget yang sudah dibentuk bisa langsung dimasukkan freezer. Setiap mau dihidangkan, celupkan potongan chicken nugget kedalam kocokkan telur kemudian gulingkan ke campuran tepung yang sudah dibumbui sedikit lada.
10. Goreng chicken nugget dan hidangkan bersama saos kesukaan anak anda.
Tips: apabila anda merasa bahwa chicken nugget tersebut berasa kurang padat atau kenyal, bisa tambahkan setengah sampe 1 sendok makan tepung maizena kedalam adonan.
Mama Krisna
34 Bubur Ayam Berwarna 8 bulan +     Bahan:
1 potong dada ayam tanpa tulang
2 buah ceker ayam
2 sdm beras putih
1 sdt wortel parut
1 butir kuning telur
Daun bawang + seledri, cincang halus
1 lembar daun salam
1 sdt keju parut
1 ½ cangkir air matang
cat:
wortel bisa diganti dengan labu kuning atau kabocha kuning atau bayam
 

Cara Membuat:

Masak daging ayam, ceker ayam, daun salam, dengan air matang selama sekitar 5 menit, angkat daging ayam dan haluskan.
Masukkan beras, daun bawang + seledri ke dalam kaldu ayam di atas.
Aduk2 hingga setengah matang.
Masukkan kembali ayam yg sudah dihaluskan, wortel parut dan kuning telur, aduk rata dan masak hingga telur benar-benar matang
Taburkan keju parut, aduk rata, angkat.
Saat hendak disajikan buang cekernya

mpasirumahan@yahoogroups.com
35 Sup Krim Makaroni 8 bulan +      

Bahan:
1 sdm makaroni
1 sdm tepung oatmeal, cairkan dengan 2 sdm air matang
1 sdt wortel parut
1 sdt kentang parut
2 sdm daging ayam cincang
1 ½ cangkir air matang

Cara Membuat:
1. Rebus makaroni dengan wortel, kentang dan daging ayam hingga matang
2. Masukkan oatmeal cair, aduk hingga sup kental
3. Sajikan selagi hangat
mpasirumahan@yahoogroups.com
36 Bubur Nasi Polos 8 bulan +     Bahan:
4 buah ceker ayam (kalau bisa ayam kampung)
1 lembar daun bawang, cuci lalu potong tiga bagian
1 lembar daun salam
1 lembar sereh
2 sdm beras putih, cuci bersih
1 ½ cangkir air
Cara Membuat:Rebus ceker ayam dengan daun bawang, daun salam dan sereh hingga air mendidih.
Masukkan beras putih, aduk terus supaya tidak lengket hingga matang.
Angkat, sajikan hangat.
mpasirumahan@yahoogroups.com
37 Salmon with butter lemon & garlic 8 bulan +     Bahan :
1 sdm eloo
1 sdm unsalted butter
1 sdt bw putih cincang
2 fillet salmon
Garam & lada secukupnya sesuai selera
½ buah lemon segar
Cara:
Panaskan eloo di wajan anti lengket dg api sedang. Tambahkan bawang putih & tumis selama 1 menit. Tambahkan salmon & bumbui dg garam & lada. Masak kurleb 3-4 menit tergantung ketebalan ikan sampai dasar ikan berwarna kecoklatan. Masukkan butter
Balik ikan dg hati”. Tuang jus lemon di atas fillet & bumbui sisi ikan dg garam & lada. Masak lg 3-4 menit. Jika salmon sudah matang seluruhnya, siap disajikan, bs bersama mashed potatoes & sayur
Farah Quin
38 Keripik Bayam 8 bulan +     Bahan :
Daun bayam yang lebar.
Adonan (campur jadi satu):
Ketumbar halus
Garam
Merica
Tepung beras
Air es

Minyak utk menggoreng

Cara :
Petik daun bayam satu satu.
Masukan ke adonan
Masukan ke minyak panas. Goreng sampai kuning.
Tiriskan.
Yummyy..
Oya,tips beli bayam lebar : ke pasarnya pagi2 ya mom,byr bisa milih bayam yg lebar.hehe..
Mama Maya
39 Baked Potato Apple 8 bulan +     Bahan:200 gram kentang, kukus, haluskan
1 sdm susu bubuk (yg ga minum sufor boleh skip akan menghilangkan manisnya saja)
2 butir kuning telur
1 biji apel manalagi (apel manis) iris kecil-kecil, sisihkan sedikit buat topping
1 sdm unsalted butter
1 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt oregano
3 sdm keju parut
kismis secukupnya buat topping
10 ml air putih
Cara membuat:
1. campurkan kentang, susu bubuk, dan 1 kuning telur, butter aduk rata, bagi 2 bagian
2. campurkan apel, 1 kuning telur, dan air putih, sisihkan
3. siapkan wadah tahan panas, olesi sedikit butter/minyak, ambil 1 bagian kentang atur didasar wadah, tuangkan campuran apel
4. Sisa 1 bagian kentang campurkan dengan bawang putih, keju, dan oregano, susun di atas campuran apel, taburi dengan topping apel dan kismis
5. Panggang di oven selama 40 menit
PS: * tadi saya taburi sedikitttt gula pasir diatasnya jd manis-manis :p Dhaffy habis stengah pinggan itu, mamanya habisin stengahnya.. kenyangggg 😀
* Topping bisa di kreasikan sendiri 🙂
 
40 Nasi Bakar 8 bulan +     Bahan:
500 gr beras, cuci, tiriskan
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt garam
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus
Bahan Tumisan:
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
1 btg daun bawang, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
4 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara membuatnya:
– Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
– Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, dan garam, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.

Penyelesaian:
– Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan

Jadinya sekitar 8 bungkus. Aku panggang pake hepikol tapi gk d tutup.

Oya kalo susah nyari daun pisang pake alufoil gulungan bisa deh kayaknya,cuma gk dapet aroma daun pisangnya.

Minyak gorengnya boleh pake eloo,canola or minyak goreng biasa.
Kalo santan di ganti UHT blm tau y moms,krn anak2ku udh table food jd lebih mudah eksplorer resep2.

Fatmah Bahalwan
41 Cawan Mushi 8 bulan +     Bahan
1 telur
kaldu daging 5-6 sdm
bawang putih (digeprek atau diiris, terserah aja) atau bubuk bawang putih
daun bawang (diiris kecil2 atau mau dibikin panjang gpp biar gampang diambil wkt disajikan)
sayur: brokoli/ kembang kol/ wortel/ kapri
Cara membuat
pecahkan telur di mangkuk kecil (sekalian mangkuk yg bisa dipakai utk mengukus), kocok rata dng garpu, tambahkan kaldu, kocok rata lagi, tambahkan bawang putih, kocok rata, masukkan sayur (daun bawang bisa dicampurkan sebelum dikukus atau kalau daun bawangnya diiris halus bisa ditaruh di atas 1-2 menit sebelum diambil dari kukusan). kukus dng api kecil smp matang (ini yg agak susah, kalo apinya kecilnya pas, teksturnya bisa lembuut banget ky puding)
 
42 Saus Tomat Homemade 8 bulan +     Bahan :
500 gram tomat masak
100 gram strawberry (bisa ganti air jeruk nipis/lemon)
500 ml air
2 sdm minyak zaitun
Bumbu:
4 siung bawang putih
3 sdt garam
3 sdm gula pasir
Cara membuat:
Rebus air sampai mendidih.
Masukkan tomat. Jerang sampai setengah lunak lalu masukkan strawberry.
Setelah tomat dan strawberry lunak, angkat dan tiriskan. Sisa air rebusan jangan dibuang.
Haluskan tomat dan strawberry.
Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai wangi.
Masukkan tomat dan strawberry yang sudah diblender dan sisa rebusan air.
Jerang di atas api kecil sekitar 30 menit sampai mengental. Jangan lupa aduk sesekali.
Jika sudah kental, matikan api. Saus tomat siap digunakan.
 
43 SAUS TOMAT SEHAT 8 bulan +     Bahan :
untuk 500gr
bahan
1sdt minyak goreng
500 gr tomat, rebus, kupas kulitnya, haluskan
200 ml kaldu ayam
bumbu
6 siung bwng putih,cincang
50 gr bwng bombai, cincang
1 sdt garam
2 sdm gula
cara
– tumis bwng putih hingga harum, masukkan bawang bombai, tumis & aduk hingga layu
– masukkan tomat, garam,& gula, tumis hingga harum
– masukkan kaldu, masak hingga mengental (sekitar 6 menit)
chef nchank & yuni di buku paduan menu balita sebulan
44 PIE ROTI TAWAR 8 bulan +     Bahan :
kulit :
1 lbr roti tawar, disobek kecil2
Isi :
Vla (nyontek resep vla pie mocaf Mommy Cetta, TFS ya Mom *kiss*)
Cara membuat :1. Kulit : Basahi roti dengan sedikit susu (sedikit aja asal lembab & gampang dibentuk). Cetak di dasar & pinggiran alu foil cup
2. Beri isian vla, lalu panggang sebentar. (Kemarin pake oven cook sekitar 15 menit, asal roti agak kering aja)

Hasil : 1 cup penuh (dia 8cm)

Mama Ethan
45 Vla Susu 8 bulan +     Bahan :
100 ml sufor/uht/asip
2 sdt tepung hunkue (saya pake maizena)
1/2 bag pisang ambon, haluskan
1 btr telur puyuh (saya pake 1/2 kuning telur ayam kampung)
kalau mau ditambah keju, sesuai selera aja >> ga pake sdh enak
Cara :
1. Campur susu + tepung hunkue, masak di atas api kecil sambil terus diaduk sampai mengental & meletup, matikan api
2. Campur pisang ambon + telur, masukkan ke adonan susu yang masih panas, aduk cepat supaya tidak menggumpal
Mommy Cetta
46 Lasagna tahu 8 bulan +     Bahan:2 potong tahu putih/tahu cina setebal 1 cm keju cheddar parut secukupnya untuk taburan

Saus Merah:
tumis semua bahan hingga matang
1 sdm margarin – mama pake cuma 1sdt
2 sdm bawang bombay cincang – cuma pake kurleb 4-5 potong bawang bombay cincang
2 siung bawang putih cincang – gak pake karena lupa
100 gr daging sapi cincang – cuma 2 sdm daging cincang
1sdt tomat pasta – gak pake
300 gr tomat, seduh, kupas, cincang hingga halus – mama pake 1 buah tomat yang besar di haluskan
½ sdt garam – gak pake
¼ sdt merica bubuk – gak pake lupa
½ sdm gula pasir – gak pake
¼ sdt oregano – pake seencrut doang

Saus putih:
50 g margarin – pake margarin tawar 1 sdt
50 g tepung terigu – gak punya terigu pake oatmeal halus 2 sdt
220 ml susu cair – pake kurleb 100 mlan
½ sdt garam – gak pake ¼ sdt merica – gak pake krn lupa

Cara bikin:Saus putih:
1. Lelehkan margarin, tambahkan tepung aduk hingga berbutir. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk terus hingga rata. Masak hingga mendidih angkat, sisihkan.
2. Susun 1 bagian tahu dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi mentega. Tuang saus merah diatasnya, ratakan. Susun sisa tahu, rapikan. Tuang saus putih diatasnya, ratakan. Taburi dengan keju parut hingga rata, panggang dalam oven panas suhu 180° selama 30 menit hingga matang. Atau dikukus deh…klo mama mah pake teflon pan, yang di olesin mentega trus dipanggang deh satu2 tuuh tahu setlah matang baru ditumpuk, apa digoreng yah lebih tepatnya??? pokoknya mateng deeeh..dan judulnya tetep lasagna tahu..hehehe..
sabitahnyamamapap
47 Chicken Brokoli Mashed Potato 8 bulan +     Bahan:
1 buah kentang uk sedang potong kecil, kukus
1 sdm ayam cincang
3 kuntum brokoli
100ml kaldu ayam/ air
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm butter/eloo
1 kotak keju bellcube/ bisa di skip
Oregano sedikit
Garam sedikit, under 1y di skip aja ya
Cara:
1.Panaskan butter/eloo, tumis bawang putih sampai harum.
2. Masukan ayam, tumis sampai setengah matang.
3. Masukan kaldu/air, biarkan sampai ayam matang 4. Masukan kentang kukus.
5. Masukan brokoli
6. Masukan keju
7. Tambahkan garam
8. Masukan oregano, aduk2 sebentar lalu angkat.
Klo saya setelah matang, tunggung hangat, lalu blender sampai halus. Tp disesuaikan aja ma babynya.
Mom Fatirahma mustafa
48 ES KRIM YOGURT RASA STRAWBERRY 8 bulan +     Bahan :
450gr Strawberry segar, dicuci lalu dikupas bersih
130gr Gula Pasir
140gr Plain Yogurt/yogurt tanpa rasa
1 sendok teh jus lemon segar
Cara Membuat : Iris kecil-kecil strawberry. Masukkan kedalam mangkuk.
Kemudian campurkan dengan gula pasir. Lalu diaduk. Tutup mangkuk dengan
plastik. Lalu diamkan selama ± 2 jam. Kemudian di aduk kembali. Masukkan
potongan strawberry, yogurt dan jus lemon ke dalam blender hingga halus.
Bekukan selama 1 jam. Biarkan hingga benar-benar beku. Sajikan dengan
potongan buah strawberry untuk mempercantik minuman.
NOTE: bahan-bahan yg digunakan tetap disusaikan lagi untuk bayi dan balita
ya mom… tetep no gulgar sampai 12mo+. dan silakan dimodif sesuka hati 😉
 
49 Tim Tahu bumbu tomat 8 bulan +     Bahan:
Tahu putih secukupnya haluskan
2 sdm fillet ayam cincang
Dua ruas jari wortel parut
Keju parut secukupnya
1 sdm Bumbu tomat
Cara bikinnya:
Campur semua bahan, taro di pinggan tahan panas, kukus hingga matang. Beres deh…
 
50 Red Dragon Fruit Pudding 8 bulan +     Bahan :
200gr buah naga merah
100ml air
250ml susu UHT –> gnti ASI/SUFOR ( <1 thn)
25gr gula pasir –> (<1 thn skip)
1/2 sdm agar2 plain
Cara :
1. Campur susu UHT,,agar2,,gula aduk,masak di api sedang aduk2 smpe mendidih,matikan.
2. Blender buah naga + 100ml air hingga halus,tuang kedalm adonan agar2 aduk rata.
3. Masukin kedlm cetakan, dinginkan.
Hasilnya enaakk,td pas nuang kecetakan aq icip sdikit,,enak,,gurihh,,lgi nunggu dingin.

Gampang kan moms, oiya di resepnya kata mom anya bisa untk 8+,gula bs dskip,,UHT bs dgnti sufor atau air.

Oiya mau tanya sm mom anya,td pas blender buah naganya,bijinya ga hancur.emg bgtu ya mom?trz aq saring pas mau tuang kecetakan.

Mom Abel
51 Muesli Rice Pudding 8 bulan + 5 pcs   Bahan :
> 2 sdm Nasi
>
> 1 sdm Muesli – td saya pake oat
>
> 1 sdt raisin, cincang
>
> 250 ml susu uht (unt >8m – <1y ganti dgn santan)
>
> 1 sdt gula palem (skip unt under 1y)
>
> Sejumput garam (optional) – td saya ngga pake
>
> 1 lbr daun pandan
>
> 1 sdt agar2 plain
>
> 1 kuning telur – td saya ngga pake
>
> Cara:
>
> Panaskan nasi, muesli dlm susu selama 15 menit.
>
> Masukkan agar, gula, garam, daun pandan dan kuning telur yg sdh dikocok, aduk dg api kecil hingga mendidih. pisahkan daun pandan.
>
> Tuang di cetakan/wadah, diamkan hingga agak dingin baru masukkan dalam kulkas sampai padat.
>
> Sajikan dingin
mpasirumahan@yahoogroups.com
52 Rolasju Kukus 8 bulan +     Bahan:
8m+ /
1y+
3 sdm labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan
2 lembar roti gandum sobek-sobek
100 ml ASIP/Sufor /
1 sdm susu kental manis dan 100 ml air1 sdt Unsalted Butter/
1 sdt mentega
2 sdm keju parut/
2 sdm keju quick melt parut
Cara membuat:
1. siapkan wadah untuk mengukus, masukkan semua bahan kecuali keju dan campur jadi satu, diamkan 1 menit biarkan susu meresap di roti, taburi keju parut di atasnya
2. panaskan kukusan dan kukus +/- 5 menit, karena semua bahan tidak ada yang mentah, tujuan mengukus hanya untuk memadatkan dan mencairkan keju di atasnya karena tanpa telur 😀
mpasirumahan@yahoogroups.com
53 PUREE TERONG UNGU 8 bulan +       CARA MEMBUAT:
– pilih terong ungu yang tidak terlalu besar, kupas, cuci, potong kecil-kecil.
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan terong ungu dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan terong kukus. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.
CARA MEMBUAT (PANGGANG)
– cuci bersih terong ungu, belah memanjang. Olesi bahian putihnya dengan unsalted butter/minyak zaitun.
– Panaskan oven, masukkan terong ungu, panggang sebentar (5-8 menit)
– Keluarkan, kerok bagian putihnya, haluskan.
– Puree siap disajikan (rasanya akan lebih gurih)
mpasirumahan@yahoogroups.com
54 PUREE BAYAM 8 bulan +       CARA MEMBUAT:
– pilih bayam yang hijau segar/merah segar (kalo bayem merah, petik daunnya. Sisihkan.
– Panaskan Air bersih di panci sampai mendidih.
– Begitu air mendidih, masukkan bayam. Matikan api. Tutup panci dan diamkan selama 3 menit.
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun. Lalu siram bayam dengan air dingin masak (bukan air es)
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan bayam. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.
– PS: bisa juga dengan cara dikukus. Tapi panaskan kukusan terlebih dahulu baru masukkan bayam selama 3 menit.
mpasirumahan@yahoogroups.com
55 PUREE UBI MANIS (bisa ubi kuning,ubi putih, ubi cilembu, ubi jepang, ubi merah) 8 bulan +       CARA MEMBUAT :
– Pilih Ubi yang tidak terlalu besar, lalu cuci/sikat sampai bersih.
– Potong-potong ubi menjadi 4 bagian / 8 bagian kecil.
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan ubi dan kukus hingga empuk (5-10 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), kerok daging ubi dari kulitnya dan mulai menghaluskan.. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.
mpasirumahan@yahoogroups.com
56 PUREE SAWI HIJAU/KAILAN 8 bulan +       CARA MEMBUAT :
– Pilih sawi yang segar, hijau dan tidak terlalu besar dan tua (kadang suka pahit)
– Cuci bersih, potong kecil-kecil untuk mempermudah proses puree
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan sawi/kailan dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan sawi/kailan. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan. (lebih enak kalau ditambahkan air kaldu, supaya lebih gurih)
mpasirumahan@yahoogroups.com
Advertisements

Kumpulan Resep MPASI 7 Bulan

RESEP MPASI 7 BULAN
               
No Nama Masakan Peruntukan (umur) Jumlah Sajian Perlengkapan yang diperlukan Bahan Cara membuat Catatan khusus
1 TALAM PELANGI 7 bulan ++     Bahan A
1 buah apel malang, potong 4 kukus beserta kulitnya
1 potong kabocha, kukus jangan sampai terlalu lunak

Bahan B
20 gr tepung beras (aku menggunakan tepung beras coklat yang kaya vit B)
5 gr tepung jagung/maizena (apabila si baby belum diperkenalkan tepung
jagung bisa di skip)
60 ml air

Bahan C
20 gr tepung beras putih
100 ml air

Cara membuat :
Kupas kulit apel kukus, haluskan dengan menggunakan saringan.
Campurkan 40 gr puree apel dengan air sampai berjumlah 100 ml (puree apel
+ air)
Masukkan tepung beras dan tepung jagung, aduk rata.
Tuangkan di cetakan kue talam atau cetakan puding setinggi 1/2 cetakan
Kukus selama 15 menit
Sementara mengukus, siapkan adonan untuk lapisan kedua.
Campur tepung beras putih dan air (bahan C)
Kabocha kukus dipotong dadu kecil. Lalu masukkan kedalam adonan tepung.
Tuang adonan ini diatas cetakan berisi adonan B sampai penuh
Kukus 15 menit lagi

Talam pelangi siap dihidangkan.

Mama Novita
2 Banana Apple Shake 7 bulan ++     Bahan:
1 buah pisang ambon
½ potong apel washington / apel royal gala
asi atau susu formula secukupnya
 

Cara Membuat:
1. Kerok pisang ambon dengan sendok
2. Apel diparut
3. Blender pisang dengan apel
4. Masukkan asi atau susu formula, aduk rata.
5. Sajikan.

mpasirumahan@yahoogroups.com
3 Kaldu Ayam Jahe (cold n flu remedy) 7 bulan+ banyak deh kukusan, ayam kampung, mangkok Bahan :
1 ekor ayam kampung utuh (±1kg), cuci bersih, buang jeroan 2 siung bawang putih, geprek
1 kelingking jahe, kupas, geprek
 

Lumuri semua bagian ayam dgn bawang putih & jahe yg sudah digeprek (bagian dlm juga dilumuri) Taro di wadah stainless, tim/kukus ±45menit, ntar si ayam bakal ngeluarin kaldu ±200-300ml Nah itu yang namanya kaldu ayam jahe.. Enyaak + gurih mom bisa lgs dicampur ke bubur/nasi tim ato buat kuah aja juga enak+anget dibadan.. Dagingnya bisa disuwir2 buat stock di frezeer..

submitted by: Livia S.
4 Kaldu Kuah Anget (flu and cold remedy) 7 Bulan+ 2 gelas slowcooker / panci  

Bahan :
200ml air panas
30 gr daging ayam/sapi/ikan (klo sapi/ayam digiling/pukul2 dulu)
1 siung bw putih parut 1 batang serai (kira2 sepanjang telunjuk)
1 lembar daun jeruk Jahe (kira2 2 ruas jari) keprak
1 sdm butter
50 gr labu parang potong kotak kecil

Cara membuat : 1. Tumis bawang putih pakai butter sampai harum, sisihkan 2. Masukkan bw putih cincang dan semua bahan2 kedalam sc, setel high u/ 4 jam 3. Hidangkan bersama bubur nasi yg diaduk pakai keju, atau mashed potato, atau havermut mamod dhira
5 PASTEL LAPIS KENTANG PANGGANG 7 Bulan+     Bahan :
1buah kentang ukuran sedang, cuci, potong 2 bagian, kukus »
50gr labu kuning, parut »
5batang baby buncis, iris tipis »
50gr daging sapi cincang »
1/4buah tomat, kupas, buang biji, cincang »
1/2btg daun bawang, iris halus »
1/2btg daun seledri »
20gr keju parut »
1/2buah appel fuji100, kupas, buang tengah »
10gr unsalted butter » Duo bawang, parut »
100ml air/kaldu »
1butir kuning telur, kocok lepas
 

Haluskan kentang yg sudah dikukus, campurkan kuning telur, uleni hingga rata, sisihkan » Tumis duo bawang hingga layu & wangi menggunakan unsalted butter » Masukkan daging cincang, daun bawang & daun seledri cincang, tumis hingga daging berubah warna » Masukkan labu kuning, baby buncis & air/kaldu, masak hingga sayuran matang » Parut appel lgs diatas tumisan, aduk rata » Masukkan 10gr keju parut (sisanya buat taburan)& tomat cincang, aduk rata, masak hingga air sat/habis, angkat, sisihkan » Siapkan pinggan tahan panas/cup alufoil uk.sedang olesi permukaan dgn butter » Tata adonan kentang dibagian dasar lalu beri adonan tumis, ratakan, tutup dgn adonan kentang lagi, lakukan hingga semua adonan habis (terakhir bagian atas ditutup dgn adonan kentang) » Tabur keju diatasnya, panggang ±25menit/hingga matang, sajikan hangat

Submitted by: Chelsea Carolina
6 Ratatouille Ala MPASI 7 bulan+ Banyak, bisa untuk stok   Bahan:
1 buah terong ungu
1 buah zukini
1 buah paprika merah, buang biji dan tangkai
2 buah tomat
1 buah bawang bombai cincang
2 siung bawang putih cincang Olive oil, herbs untuk penambah rasa: oregano, thyme, basil kering *optional*
 

Cara membuat: Kupas terong dan Zukini. Potong kotak terong ungu, zukini dan paprika merah. Taruh di pan oven, siram olive oil dan panggang selama 15-20 menit (atau ditumis langsung dengan olive oil). Rebus tomat sampai matang, kupas kulitnya, potong kecil-kecil. Tumis bawang bombai dan putih dengan olive oil sampai harum, masukkan tomat, aduk sampai menjadi pure. Tuang panggangan sayuran kedalam pure tomat, tambahkan herbs, aduk sebentar dengan api kecil sampai rata. Sajikan hangat.

Submitted by: mamod Yudith M.
7 Bubur Lembut 7 bulan+     Bahan:

> Kentang 2 buah (sedang)
> Unsalted butter (10 gr)
> Kaldu ayam (kurleb 150 ml)
> Keju (kurleb 3 sdm, aku pke diamond, ga terlalu asin) Wortel 1/2 bh
> Duo bawang msg2 1 siung Tepung maizena (kurleb 1 sdt, cairkan dgn air
> dingin sdkt)

 

Cara:
> Kentang dikupas, dikukus, dilembutkan Wortel diparut Duo bawang diiris
> tipis2 dan kecil2 Tumis duo bawang dgn unsalted butter Masukkan kaldu
> ayam, dan wortel parut. Masak hingga agak mendidih.
> Masukkan mashed potatoes, aduk2 hingga rata dan mendidih.
> Masukkan cairan maizena, aduk hingga kental.
> Masukkan keju parut, aduk sbntr, matikan api.
> Sajikan hangat.

 
8 SUP TOMAT KACANG MERAH 7 bulan+      

Bahan:
> 2bh tomat,cuci,kupas,blender (lbh baik dblansir dl)
> 1 cangkir air kaldu ayam
> 2sdm daging ayam cincang
> Daun bawang cincang halus
> 2sdm kacang merah rebus,haluskan,sisihkan

Cara membuat :
> Masak kaldu ayam dan daging cincang,stlh ayam empuk,masukkan tomat dan daun bawang cincang,aduk rata hingga matang,setelah sup diangkat masukkan kacang merah aduk rata,sajikan hangat
 
9 Orange Rice Milk (SC) 7 bulan+     Bahan :
2 sdm Beras, cuci bersih
3/4 bagian Air slow cooker
2 bh Jeruk Baby
 

Cara :
masukkan air + beras ke dalam sc, masak selama 2,5-3 jam
klo sdh matang, ambil setengah bagian >> sekitar 10 sdm bubur, blender
peras 1,5 jeruk baby, setengahnya lagi ambil pulpy nya
campur perasan jeruk baby ke dalam rice milk, taburi dengan pulpynya
sajikan selagi hangat

Note:
alternatif supaya bb anak ga turun, saya berikan rice milk ini dicampur jeruk baby, klo mau dengan buah lain juga bisa
rasanya manis segar, cetta suka banget

Mommy Cetta
10 Sup Tahu Brokoli 7 bulan+      

Bahan:
2 sdm tahu tahu sutra (tofu), potong kotak2 kecil
3 kuntum brokoli haluskan
½ cangkir kaldu ayam

tips:

kaldu dapat dibuat dari tulang ayam atau ceker ayam yang direbus dengan irisan bawang bombay, daun bawang, dan irisan wortel.
pilih tofu yang plain (bukan egg tofu atau yang mengandung udang) dan tidak mengandung garam

Cara membuat:
1. Masak tahu dan brokoli dengan air kaldu ayam hingga matang
2. Sajikan hangat (bisa disajikan tersendiri atau dengan bubur sebagai lauk)
mpasirumahan@yahoogroups.com
11 NASI BUAH-BUAHAN 7 bulan+      

Nutrisi Utama: Potasium, Vitamin C & B Complex, Serat

Bahan:

2 buah apel merah
2 buah pisang, kupas dan iris
1/4 cangkir nasi beras merah=

Cara membuat:

Apel dikupas, buang bagian tengahnya lalu cuci sampai bersih
Kukus atau rebus sampai lembek
Haluskan dengan blender bersama bahan-bahan lainnya
Siap disajikan

mpasirumahan@yahoogroups.com
12 AYAM REBUS TUTUP KENTANG 7 bulan+     Bahan yang harus dipersiapkan :
1 potong dada ayam tanpa tulang
1 helai daun bawang seledri cincang halus
1 lembar daun salam
250 ml air matang
1 bh kentang kukus, haluskan
 

Cara membuat:
Rebus air matang dengan daging ayam dan cincangan daun bawang seledri dan daun salam
Setelah ayam matang angkat, sisihkan, haluskan dengan 2 sdm kaldu ayam (sisa kaldu simpan dalam wadah tertutup rapat untuk 2 – 3 hari)
Masukan adonan ayam kedalam mangkuk bayi ratakan dipermukaan mangkuk
Tumis halusan kentang dengan 2 sdm kaldu ayam
Tutup atasnya dengan kentang yang sudah dihaluskan
Sajikan hangat

mpasirumahan@yahoogroups.com
13 PUREE TAHU SUTRA 7 bulan+     Bahan
½ potong tahu sutra, kukus, haluskan/blender
 

cara membuat:
Penyajian bisa dengan bubur havermut/beras merah/beras putih atau dengan saus buah2an dicampur dengan sayur2an.

mpasirumahan@yahoogroups.com
14 TAHU AYAM 7 bulan+      

Bahan:
½ potong tahu sutra haluskan dengan garpu
Daging Ayam secukupnya, haluskan
Daun bawang/bawang bombay secukupnya, cincang halus
¼ cangkir kaldu ayam

Cara membuat:
Panaskan kaldu, masukkan daun bawang, masukkan daging ayam, masak hingga ayam matang.
Kemudian masukan tahu sutra, aduk hingga tahu matang.
Dapat disajikan sebagai lauk bubur beras.
mpasirumahan@yahoogroups.com
15 BUBUR TAHU KABUCHA KUNING 7 bulan+     Bahan:
2 sdm beras merah
150 ml kaldu ayam
½ potong tahu sutra
kabocha kuning 25 gr/secukupnya (porsi bayi)
 

Cara membuat:
Masak beras merah dengan kaldu ayam hingga matang, sisihkan
Kukus tahu sutra
Kukus kabocha kuning
Haluskan tahu sutra kukus dengan kabocha kuning
Sajikan dengan bubur sebagai lauk

mpasirumahan@yahoogroups.com
16 PUREE TEMPE 7 bulan+      

Bahan
1 potong tempe ukuran sedang (kurleb 20gr kira2 aja yah..gak ngerti ukuran nih)
1 lbr daun salam
1 batang serai, simpulkan
½ cangkir air matang
1 bh ceker ayam

Cara membuat:
Rebus ceker ayam dengan daun dalam dan serai hingga mendidih, masukan tempe masak hingga matang, haluskan tempe dengan air rebusan secukupnya
Sajikan sebagai pelengkap/lauk nasi tim
mpasirumahan@yahoogroups.com
17 BANANA APPLE SHAKE 7 bulan+      

Bahan
1 bh pisang ambon, kerok dengan sendok
½ potong apel washington, parut
Asip secukupnya

Cara membuat:
Blender pisang dengan apel, masukkan asip aduk rata. Sajikan.
mpasirumahan@yahoogroups.com
18 MASHED POTATOES CHICKEN 7 bulan+     Bahan:
1 buah kentang halus
1 sdm bawang bombay cincang
daging/ayam giling
3 sdm kaldu
 

Cara membuat:
1. panaskan kaldu di wajan anti lengket
2. masukkan bombay, aduk aduk sampai layu
3. masukkan daging/ayam, masak hingga matang
4. masukkan kentang, aduk cepat sampai matang

mpasirumahan@yahoogroups.com
19 KALDU AYAM 7 bulan+      

Bahan:
500 gram tulang ayam / 5 pcs ceker ayam
1 L air
2 lembar daun salam
1/2 butir bawang bombai, iris kasar
2 batang seledri iris kasar

Cara membuat
Rebus tulang ayam dalam 1 liter air. Teruskan merebus sampai air/kaldu tersisa 750 ml
Masukkan semua bahan dan rebus selama 15 menit. Angkat dan saring kaldunya
mpasirumahan@yahoogroups.com
20 PUREE KENTANG + KACANG POLONG 7 bulan+     Bahan:
1 genggam kacang polong
2 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong
 

Cara Membuat:
Kukus kentang dan kacang polong hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
Campurkan kedua bahan lalu haluskan.
Tambahkan air/ASI/susu formula/kaldu sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

mpasirumahan@yahoogroups.com
21 PUREE KENTANG + ZUCCHINI 7 bulan+      

Bahan :
2 buah zucchini ukuran sedang, kupas, buang bijinya lalu potong-potong
2 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong
ASI/Susu Formula

Cara Membuat
Kukus zucchini dan kentang masing-masing sampai lunak.
Haluskan kedua bahan, tambahkan ASI/Susu Formula untuk mengencerkan
mpasirumahan@yahoogroups.com
22 PUREE AYAM 7 bulan+     Bahan:
1 dada ayam tanpa kulit dan lemak
2 to 4 sdm air
ASI/susu formula
 

Cara Membuat:
Ayam dicuci bersih dan dipotong dadu. Kukus/rebus hingga matang (10-12 menit).
Haluskan dengan blender.
Tambahkan ASI/susu formula atau kaldu (air sisa rebus/kukusan) hingga kekentalan yang diinginkan.
Penyajian: sebagai makanan pemula disajikan sebagai makanan tunggal atau disajikan terpisah bersama bubur/puree kentang, jagung, ubi jalar, labu, atau sup/bubur/puree kacang merah dan kacang hijau.

mpasirumahan@yahoogroups.com
23 PUREE HATI AYAM 7 bulan+     Bahan:
1 pasang hati ayam
1 cangkir air atau kaldu ayam
ASI/susu formula
 

Cara Membuat:
Bersihkan hati ayam.
Rebus hati ayam dengan air atau kaldu ayam dengan api kecil.
Masukkan ke blender, haluskan.
Tambahkan ASI/susu formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.
Sajikan dengan suhu ruangan.
Penyajian: sebagai makanan perkenalan disajikan tunggal, selanjutnya bisa dikombinasikan dengan puree daging/sayur/kentang/tempe/tahu dan nasi tim

mpasirumahan@yahoogroups.com
24 PUREE AYAM DAN PISANG 7 bulan+     Bahan:
1 fillet dada ayam, potong dadu
½ buah pisang ambon yang matang.
 

Cara Membuat:
Rebus ayam selama 20 menit sampai matang (daging ayam akan terlihat putih saat matang). Angkat dan tiriskan.
Masukkan ayam dan ½ cangkir kaldu sisa rebusan dalam food processor atau blender, haluskan. Tambahkan potongan pisang, haluskan.
Bisa ditambahkan ASI atau susu formula jika suka.

mpasirumahan@yahoogroups.com
25 NASI TIM AYAM 7 bulan+     Bahan
4 cangkir air
2 cangkir beras (lebih baik beras merah)
1 potong dada ayam tanpa tulang dan kulit
 

Cara Membuat:
Beras dicuci bersih dan di tim hingga matang.
Buang tulang, kulit dan lemak pada daging ayam, cuci bersih potong sedang.
Rebus ayam selama 20 menit atau sampai ayam matang (daging berwarna putih). Angkat dan tiriskan. Simpan kaldunya.
Masukkan ayam dan kaldu secukupnya ke dalam blender, haluskan.
Tambahkan nasi tim, haluskan.
Sajikan dengan puree/sup sayuran.

mpasirumahan@yahoogroups.com
26 NASI TIM AYAM DAN APEL 7 bulan+      

Bahan:
1/3 cangkir daging ayam tanpa tulang dan kulit yang sudah matang (dikukus/rebus) dan dipotong dadu.
1/4 cangkir nasi tim (menggunakan beras putih atau merah)
½ cangkir saus apel
ASI/susu formula

Cara Membuat:
Campur ayam, nasi tim dan saus apel. Haluskan dengan blender atau penghalus makanan bayi. Tambahkan ayam, susu (ASI/formula) untuk mengencerkan. Haluskan.
Sajikan dengan puree/sup sayuran.
mpasirumahan@yahoogroups.com
27 SUP KRIM AYAM DAN KENTANG 7 bulan+      

Bahan:
1/3 cangkir daging ayam tanpa tulang dan kulit yang sudah matang (dikukus/rebus) dan dipotong dadu
1/4 cangkir kentang rebus/kukus, potong dadu
1/4 cangkir air matang.
ASI/susu formula
Optional:
Cereal/tepung sereal bayi

Cara Membuat:
Masak daging ayam, kentang, dan air di atas api kecil selama 10 menit.
Masukkan sereal, aduk sampai matang.
Haluskan dalam blender, campurkan dengan ASI/susu formula hingga kekentalan yang diinginkan.
mpasirumahan@yahoogroups.com
28 Puree Kentang, Selada Air dan Zukini 7 bulan+     Bahan :
300 gr kentang, kupas, cincang
300 ml kaldu
100 gr zukini, kupas, iris tipis
sedikit daun selada air, petik hanya daunnya
ASIP / Sufor untuk mencairkan
 

Metode :
Masukkan cincangan kentang dalam wajan/panci, pastikan kentang tertutup dengan kaldu.
Masak kurang lebih 5 menit. Tambahkan zukini, masak 5 menit lagi.
Masukan cincangan selada air dan masak 2 menit.
Aduk Angkat, dinginkan sebentar lalu puree dengan saringan

 
29 Resep Gravy Ayam/ Daging/ Hati 7 bulan+      

Bahan :
1 sdt minyak zaitun extra light
1 siung bawang putih, cincang
250 gr daging ayam kampung/ daging sapi giling/ hati ayam kampung (pilih salah satu untuk setiap resep) 250 ml air matang
1 btg daun bawang, iris halus
1 btg seledri
50 gr wortel, potong-potong
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun hingga harum.
2. Masukkan daging ayam/ sapi/ hati ayam dan air kaldu, masak hingga daging berubah warna.
3. Masukkan bahan-bahan lain kecuali maizena, masak selama 15 menit dengan api kecil hingga matang.
4. Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental, angkat dan dinginkan.
5. Haluskan dengan blender atau food processor.
6. Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan.
 
30 PUREE LABU SIAM 7 bulan+        

CARA MEMBUAT :
– Pilih labu siam yang tidak terlalu besar(lebih enak yang kecil-kecil karena lebih manis). Belah melintang dan gosok-gosok satu sama lain supaya getahnya hilang.
– Kupas kulit luarnya, dan potong kotak kecil lalu cuci bersih.
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan labu siam dan kukus hingga empuk (5-10 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan labu. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.

 

Kumpulan Resep MPASI 6 Bulan

RESEP MPASI 6 BULAN  
               
No Nama Masakan Peruntukan (umur) Jumlah Sajian Perlengkapan yang diperlukan Bahan Cara membuat Catatan khusus
1 Cara Membuat Tepung Beras 6 bulan +     Bahan:
Beras putih / beras merah / kacang hijau secukupnya
Cara Membuat:
1. Cuci bersih beras/kacang hijau sampai bersih.
2. Rendam beras/kacang hijau selama 2 – 3 jam kemudian tiriskan.
3. Setelah benar-benar tiris, sangrai di atas wajan hingga kering dan setengah matang.
4. Blender kering beras/kacang hijau (tanpa air). Bisa juga ditumbuk hingga halus.
5. Ayak/saring, hingga mendapatkan tepung.
6. Butiran yang tidak lolos saring, diblender kemudian diayak/disaring lagi.
7. Simpan tepung yang sudah jadi di wadah tertutup dan kedap udara.
 
2 Puree Labu Parang + Pear 6 bulan +     Bahan :
450gr labu parang, bersihkan kulitnya, potong-potong
1 bh pear, kupas, belah 2, buang bijinya
 

Metode :

Panaskan dandang.
Kukus labu parang selama 15 menit, lalu masukkan pear dan kukus 5 menit lagi
Angkat, kerok daging kabocha dan haluskan bersama pear.

Untuk metode frozen food :
Taruh hasil pure dalam kotak es batu, bekukan. Setelah beku bisa disimpan dalam kotak-kotak penyimpanan. Lapisi dengan selembar plastic/clingwrap supaya mudah mengambilnya. Jangan lupa diberi label tanggal penyimpanan.

 
3 Setup Apel & Pear Rempah 6 bulan +     Bahan :
2 buah Apel Malang (sekitar 300gr) cuci, kupas, iris setebal 5mm
Atau
2 buah Pear Ya Lie (sekitar 300gr) cuci, kupas, iris setebal 5mm
Sedikit kayumanis parut
 

Cara membuat :
Panaskan dandang/kukusan
Taruh potongan apel/pear dalam wadah anti panas bertutup, tabur sedikit saja kayu manis parut
Masukkan dalam dandang, kukus 20 menit. Nantinya hasil kukusan akan mengeluarkan sedikit air dalam mangkuknya. Angkat, jangan buka tutup wadah hingga agak dingin, masukkan kedalam toples kaca yang sudah steril beserta air apel/pear yang ada didalam wadah tersebut (bukan air kukusan).
Tunggu hingga dingin baru ditutup. Simpan dalam chiller.

Cara mengkonsumsi :
Ambil beberapa potongan pear/apel dengan sendok bersih, haluskan dalam mangkuk, suapkan ke bayi/campur dengan bubur/asip. Simpan sisa apel/pear kukus dalam lemari es, jangan gunakan sendok bekas liur bayi/sendok kotor untuk mengambil setup.

 
4 Sari Pati Daging Sapi 6 bulan +     Bahan :

– 200gr daging sapi has dalam (cacah halus) jangan digiling

– 2buah mangkok tahan panas (1 uk. Besar & 1 uk. Lebih Kecil)

 

Cara :

Mangkok yg lebih kecil ditaro diatas mangkok yg lebih besar dlm posisi terbalik/tertutup
Trz taro daging sapi dipinggiran mangkoknya
Lalu kukus ±30-40menit’an
Ntar sari dagingnya bakal turun ke mangkok yg bawah
Siap dech dicampur kemakanan ato diolah

 
5 Bubur Tepung Beras Sari Jeruk 6 bulan +     Bahan :
20 gr Tepung Beras
* 200 ml air
* 2 sdm tepung maizena. (optional)
* ASI atau 6 sendok takar susu formula bubuk
* 50 ml air jeruk manis.
Cara :
Campur tepung beras, tepung maizena & air, aduk rata, jerang di atas api, aduk sampai mendidih, angkat. Tunggu sampai mendingin.
* Masukkan ASI atau susu formula, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
* Tuangi air jeruk manis, hidangkan segera.
 
6 Bubur Tepung Beras dengan Pepaya 6 bulan +     Bahan :
* 40 gr Tepung Beras.
* 400 ml air
* ASI atau 12 sendok takar susu formula
* 50 gr Pepaya
* 1 sdm sari jeruk manis
 

Cara :
* Campur tepung beras dengan sedikit air, aduk rata.
* Didihkan sisa air , Masukkan cairan tepung beras, aduk hingga kental, angkat.
* Tambahkan ASI atau susu formula, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
* Campur pepaya dengan air jeruk, blender, saring.
• Sajikan bubur dengan saus Pepaya.

 
7 Bubur Tepung Beras Merah dengan Jeruk 6 bulan + ( 2 porsi)   Bahan :
* 40 gr Tepung Beras Merah.
* 400 ml air
* ASI atau 12 sendok takar susu formula
* 100 ml sari jeruk manis
 

Cara :
* Campur tepung beras merah dengan sedikit air, aduk rata.
* Didihkan sisa air, Masukkan cairan tepung beras merah, aduk hingga kental, angkat.
* Tambahkan ASI atau susu formula, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
* Sajikan bubur dengan saus jeruk.

 
8 Bubur Tepung Beras Isi Pisang 6 bulan + ( 2 porsi)   Bahan :
* 30 gr Tepung Beras.
* 400 ml air.
* ASI atau 12 sendok takar susu formula.
* 50 ml air.
* 50 gr pisang ambon, hancurkan dengan garpu.
 

Cara :
* Campur tepung beras dengan sedikit air, aduk rata.
* Didihkan sisa air, Masukkan cairan tepung beras, hingga kental, masukkan pisang masak sebentar, angkat.
* Tambahkan ASI atau susu formula, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.

 
9 Bubur Tepung Beras Isi Sayuran 6 bulan + ( 2 porsi)   Bubur :
* 40 gr Tepung Beras.
* 400 ml air
* Sayuran
 

* Campur tepung beras dengan sedikit air, aduk rata.
• Didihkan sisa air , Masukkan cairan tepung beras, aduk hingga kental, angkat.

Sayuran :
* Kupas, cuci dan potong-potong. Potongan sayur secukupnya, masukkan ke panci. Airnya jangan penuh, cukup sepertiga saja. Kalau airnya menipis, ditambah saja. Jangan lupa, tutup pancinya rapat rapat, agar vitaminnya tak ikut terbang bersama uap air rebusan. Tambahkan air kaldu jika perlu. (sayuran juga bisa dimasak dengan cara dikukus dalam uap panas, hal ini lebih baik karena vitamin yang dikandung tidak mudah hilang seperti kalau direbus)
* Sisa air rebusan bisa ditampung dalam gelas. Ini jaga jaga kalau bubur bikinan kita, kekurangan air, misalnya.
• Setelah empuk alias masak, blender saja sayuran tadi, sampai halus. Kalau kurang air, kucurkan saja air bekas rebusan yang ditampung di dalam gelas tadi

 
10 Puree Apel/Pir 6 bulan +     Bahan :
1 buah Apel/pir/peach/plum matang uk. Sedang
 

Cara :
1. Buah dikupas, buang bagian tengahnya, cuci sampai bersih
2. potong menjadi 4 bagian
3. kukus di atas api sedang selama 5-10menit
4. angkat dan tiriskan. Setelah dingin, haluskan dengan blender, tambahkan air/asi sampai kekentalan yang diinginkan

 
11 Puree Buncis 6 bulan +        

cara :
1. Pilih buncis yang muda/organic/baby
2. Bersihkan dan potong ujung-ujung buncis, lalu potong kecil-kecil
3. panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan buncis dan kukus hingga empuk
4. tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain
5. Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder) haluskan. Bila perlu tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan. dan saring jika masih ada serat yang tertinggal

 
12 PUREE LABU KABOCHA/PARANG 6 bulan +        

cara :
1. Belah labu, bijinya ngga usah dibuang (nanti aja) karena bagian tengah ini yang manis rasanya.
2. potong kotak-kotak besar (kulitnya biarkan saja, ngga usah dikupas)
3. ambil ‘bunga’ hijaunya saja untuk puree, panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan buncis dan kukus hingga empuk
4. tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain
5. Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder) , buang biji dan seratnya lalu kerok daging dan haluskan. Bila perlu tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.

 
13 PUREE ZUCCHINI/SUKINI 6 bulan +        

CARA MEMBUAT (KUKUS)
– pilih sukini yang tidak terlalu besar, kupas, cuci, potong kecil-kecil.
– panaskan dandang/steamer. Masukkan potongan sukini dan kukus hingga empuk (3-5 menit).
– Tiriskan, buang air bekas kukusan dan jangan disimpan untuk mengukus sayuran lain atau untuk apapun.
– Siapkan alat untuk menghaluskan (blender/food grinder), haluskan sukini. Bila perlu, tambahkan air masak secukupnya untuk membuat puree dengan kekentalan yang diinginkan.
– Puree siap disajikan.

 
14 PUREE ZUCCHINI/SUKINI 6 bulan +        

CARA MEMBUAT (PANGGANG)
– cuci bersih sukini (pilih yang agak besar), belah memanjang. Olesi bahian putihnya dengan unsalted butter/minyak zaitun.
– Panaskan oven, masukkan sukini, panggang sebentar (5-8 menit)
– Keluarkan, kerok bagian putihnya, haluskan.
– Puree siap disajikan (rasanya akan lebih gurih)

 
15 Bubur Susu 6 bulan +     Bahan :
20 gr tepung beras merah
200 ml air matang
 

Cara :
1. Campur dan panaskan sebentar di api kecil sambil terus diaduk.
2. begitu mengental langsung angkat

Penyajian :
Ambil 1 Sendok Bubur beras, tambah 50ml Asi, aduk masukkin ke botol bersendok (supaya gampang)
kalau anaknya nolak coba lain waktu.

 

Diantara Bentuk Keindahan dan Kesempurnaan Syari’at Islam dalam Pendidikan Anak

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ

🔖Perintakanlah anak-anak kalin untuk sholat ketika berumur 7 tahun, dan pukullah apabila mereka tidak mau sholat ketika berumur 10 tahun, dan pisahkan tempat-tempat tidur mereka.

📘[HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Shahih Abi Daud: 509]📘

Beberapa Pelajaran:

1) Pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak melebihi pendidikan duniawi, karena Rasulullah shallallahu?alaihi wa sallam telah memerintahkan hal tersebut, namun sayang sekali banyak orang tua lebih mementingkan pendidikan duniawi bagi anak-anaknya dan bahkan mengabaikan sama sekali pendidikan agama, betapa mereka rela berkorban waktu, dana dan segala potensi untuk meraih pendidikan duniawi setinggi-tingginya, pada saat yang sama mereka tidak terlalu mempedulikan pendidikan agama, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

2) Kedudukan sholat dalam syari’at Islam sangat tinggi, maka pendidikan agama terpenting setelah tauhid adalah sholat

3) Memperhatikan pendidikan adab, termasuk adab-adab dalam pergaulan, diantaranya kewajiban memisahkan tempat tidur anak-anak ketika mereka telah mencapai umur 10 tahun, dan ini berlaku umum, memisahkan tempat tidur antara anak dan orang tua, antara sesama anak laki-laki atau sesama anak wanita, terlebih antara anak laki-laki dan anak wanita

4) Islam mengatur batasan-batasan pergaulan antara lawan jenis, apabila anak laki-laki dan wanita harus dipisah tempat tidur mereka walaupun bersaudara, terlebih lagi yang tidak memiliki hubungan saudara, dan apabila pada umur 10 tahun telah dibatasi interaksi mereka, terlebih lagi apabila mereka sudah baligh

5) Islam memerintahkan untuk menutup segala pintu kejelekan sebelum kejelekan itu terjadi, oleh karena itu anak-anak yang mendekati baligh diperintahkan untuk dipisah tempat-tempat tidur mereka walaupun mereka bersaudara karena terkadang godaan syahwat tidak mengenal saudara. Dan mengobati kejelekan setelah terjadi lebih sulit dibanding mencegahnya

6) Menghindari sebab-sebab tuduhan berbuat jelek, yaitu dengan memisahkan tempat-tempat tidur mereka, karena walaupun mereka tidak berbuat jelek namun apabila mereka tidur bersama mungkin akan muncul anggapan yang jelek, maka menghindari tuduhan jelek dalam setiap keadaan itu disyari?atkan (Lihat Mir?aatul Mafaatiih Syarhul Misykaah, 2/278)

7) Pukulan dalam hadits ini hanyalah pukulan ringan untuk pendidikan, bukan pukulan menyakitkan, karena Rasulullah shallallahu?alaihi wa sallam memerintahkan untuk dipukul bukan disakiti

8) Dalam hadits ini terdapat bantahan terhadap anggapan bahwa anak-anak tidak boleh dipukul sama sekali, dan kenyataannya sebagian anak, ucapan saja tidak bermanfaat, harus disertai dengan sedikit pukulan apabila ia tidak mau melakukan kewajiban di umur 10 tahun, yaitu pukulan ringan bukan untuk menyakiti (Lihat Syarhu Riyaadhis Shaalihin lisy Syaikh Ibnil Utsaimin rahimahullah)

9) Ulama mazhab Syafi’i berdalil dengan hadits ini untuk menetapkan bahwa orang yang telah baligh dan tidak melakukan sholat maka hukumannya adalah hukuman mati, karena apabila di umur 10 tahun hukumannya dipukul, maka ketika sudah baligh hukumannya harus lebih keras lagi, dan tidak ada yang lebih keras dari pukulan selain hukuman mati (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 1/442)

10) Diantara sebesar-besar kewajiban orang tua adalah pendidikan agama bagi anak, dan kewajiban ini bagi orang tua hendaklah didahulukan sebelum menuntut bakti anak kepadanya. Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma berkata,

أدب ابنك فإنك مسؤول عن ولدك ماذا علمته، وهو مسؤول عن برك وطواعيته لك

“Didiklah anakmu, karena engkau akan ditanya tentang anakmu kelak (di hari kiamat): Apa yang telah engkau ajarkan? Dan anakmu akan ditanya tentang baktinya dan ketaatannya kepadamu.” [Syarhus Sunnah lil Baghowi, 2/408]

11) Dalam pendidikan perlu pembiasaan dan pentahapan, oleh karena itu walaupun di umur 7 tahun anak belum wajib untuk sholat namun tetap diperintahkan untuk sholat agar ia terbiasa melakukannya

12) Umur 7 tahun pada umumnya anak-anak mencapai usia tamyiz, yaitu dapat membedakan yang benar dan yang salah serta memahami nasihat, maka pada umur 7 tahun yang terbaik bagi si anak untuk diajak sholat berjama’ah di masjid, dengan syarat tidak menganggu orang-orang yang sholat dan tidak mengotori masjid

13) Perintah sholat yang dimaksudkan dalam hadits ini mencakup perintah mengajarkan rukun-rukunnya, syarat-syaratnya, kewajiban-kewajibannya dan adab-adabnya.

14) Pentingnya ilmu dalam pendidikan anak, oleh karena itu orang yang telah menikah harus lebih giat dalam menuntut ilmu melebihi bujangan, karena tanggung jawabnya lebih besar, namun anehnya banyak yang beralasan mengurus keluarga dan melalaikan majelis-majelis ilmu

15) Keindahan dan kesempurnaan syari’at Islam yang datang dari Rabbuna tabaraka wa ta’ala yang lebih mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya.

Al-Ustadz Sofyan Chalid Ruray
http://www.fb.com/sofyanruray.info

📒WhatsApp Syi’ar Tauhid

Tips Kompres Anak

Tips Kompres Anak (dr temen yg dokter anak):

Kompres panas untuk bengkak biar pembuluh darahnya terbuka & melancarkan peredaran darah & pembuangan zat radang.. Lalu diberikan kompres dingin agar pembuluh darahnya mengecil. Efek rasa dingin seharusnya membuat rasa nyaman di daerah yg bengkak.

Kompres hangat pada demam biasanya ditaruh di daerah leher, ketiak selangkangan yg mengarah ke batang tubuh. Agar panas yg dihasilkan dengan tujuan mematikan metabolisme bakteri yg dihasilkan oleh hati cepat teralirkan ke udara luar. Praktik ini baru 10tahun kurang deh karena tnyata lebih efektif kompres panas daripada dingin.. Karena kalo dingin, panas yg dihasilkan di dalam badan tidak terdistribusi dengan sempurna sehingga di kepala/pmukaan kulit dingin tapi di dalam badannya masih panas & panas itu terakumulasi.

-by Henry Riyanto
From Tulus Yuniasih

Rukun-rukun Kekufuran: Sombong, Dengki, Marah, dan Syahwat

Ringkasan Kajian Kitab Fawaidul Fawaid Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah
Rukun-rukun Kekufuran: Sombong, Dengki, Marah, dan Syahwat

أركان الكفر أربعة‏:

“Rukun kufur itu ada 4.”

Artinya, kebanyakan 4 perkara ini yang menyebabkan seseorang kufur kepada Allah.

الكبر والحسد والغضب والشهوة

“1. Sombong,
2. Dengki,
3. Marah,
4. Syahwat.”

الكبر يمنعه الانقياد،

“Sombong mencegah seseorang untuk tunduk kepada Allah.”

Karena, kalau kita perhatikan orang-orang yang sombong yang tidak mau tunduk kepada Allah itu akibat dari kesombongan mereka, seperti Fir’aun yang sombong kepada Allah, juga Abu Jahal dan Abu Lahab yang sombong kepada Allah.

والحسد يمنعه قبول النصيحة وبذلها ،

“Dan penyakit hasad / dengki itu mencegah untuk menerima nasihat.”

والغضب يمنعه العدل،

“Dan marah mencegah ia berbuat adil.”

والشهوة تمنعه التفرغ للعبادة‏.‏

“Dan penyakit syahwat mencegah ia untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah.”

فإذا انهدم ركن الكبر سهل عليه الانقياد،

“Apabila telah hancur rukun sombong, maka akan mudah bagi dia untuk taat dan tunduk kepada Allah.”

وإذا انهدم ركن الحسد سهل عليه قبول النصح وبذله ،

“Dan apabila telah hancur rukun kedengkian, maka akan mudah bagi dia untuk menerima nasihat dan kritikan (yang bermanfaat bagi dirinya).”

وإذا انهدم ركن الغضب سهل عليه العدل والتواضع ،

“Dan apabila telah hancur rukun kemarahan, maka akan mudah bagi dia berbuat adil dan bertawadhu’.”

وإذا انهدم ركن الشهوة سهل عليه الصبر والعفاف والعبادة‏.

“Dan apabila telah hancur rukun syahwat, maka akan mudah bagi dia untuk bersabar, memelihara kehormatan diri, dan terus-menerus beribadah kepada Allah.”

SALAH SATU CARA MUDAH MENGHAPAL NAMA2 SURAH DALAM AL QUR’AN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh

Al Qur’an adalah Kitab Suci agama Islam yang wajib di baca dan dipelajari oleh setiap umat Muslim.Namun faktanya , sangat jarang umat muslim yang bisa menghapal seluruh isi Al Qur’an ( Tahfidz ). Jangankan hapal isinya , urutan nama-nama surah yang ada dalam Al Qur’an saja tidak banyak yang hapal. Nah untuk lebih meningkatkan motivasi kita semua agar nantinya mampu menghapal seluruh isi Al Qur’an , maka saya coba memulainya
dengan memberikan satu cara yang menyenangkan untuk menghapal nama-nama surah dalam Al Qur’an. Salah satu metode menghapal yang
cukup efektif adalah dengan membuat
cerita dari urutan surah sehingga kita mudah mengingatnya.

Cobalah baca Cerita-cerita di bawah ini, dan perhatikan kata-kata yang berhuruf besar. Kata- kata tersebut adalah nama-nama surat dalam Al Qur’an. Hafalkan ceritanya, dan kemudian tuliskan kata-kata tersebut secara berurut.Maka akan kita dapatkan nama surat
dan nomor urutnya. Silahkan mencoba :

Cerita I ; (Surah 1 – 10)

Paman membaca AL FATIHAH sebelum memasak SAPI BETINA milik KELUARGA IMRAN yang punya anak wanita bernama AN NISA. Sebagian HIDANGAN itu diberikan untuk BINATANG TERNAK. Kemudian paman menuju TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI, untuk mencuri HARTA RAMPASAN PERANG. Namun akhirnya paman ber-TAUBAT seperti taubatnya Nabi YUNUS.

NO.KRONOLOGI CERITA

1.AL-FATIHAH
2.SAPI BETINA – AL-BAQOROH
3.KELUARGA IMRAN – ALI IMRON
4.AN NISA
5.HIDANGAN – AL MAIDAH
6.BINATANG TERNAK – AL AN ‘AM
7.TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI – AL A’ ROF
8.HARTA RAMPASAN PERANG – AL ANFAL
9.TAUBAT – AT TAUBAH
10.YUNUS

Cerita II; (Surah 11 – 20)

HUD dan YUSUF melihat PETIR.Sementara itu IBRAHIM sedang berada di PEGUNUNGAN HIJR. Ia mencari LEBAH, untuk kemudian memulai PERJALANAN MALAM menuju ke GUA untuk menemui MARYAM dan TOHA.

NO.KRONOLOGI CERITA

11.HUD
12.YUSUF
13.PETIR – AR RA’D
14.IBRAHIM
15.PEGUNUNGAN HIJR – AL HIJR
16.LEBAH – AN NAHL
17.PERJALANAN MALAM – AL ISRO
18.GUA – AL KAHFI
19.MARYAM
20.TOHA

Cerita III ; (Surah 21 – 30)

PARA NABI pergi HAJI diikuti oleh ORANG-ORANG BERIMAN. Mereka seperti CAHAYA. Inilah yang menjadi PEMBEDA ANTARA YANG BENAR DAN BATHIL. Sementara itu, PARA PENYAIR bercerita tentang SEMUT.
Cerita itu terangkum dalam buku KISAH –KISAH. Dalam buku itu juga diceritakan tentang LABA-LABA yang menyerang BANGSA ROMAWI.

NO.KRONOLOGI CERITA

21.PARA NABI – AL ANBIYA
22.HAJI – AL HAJJ
23.ORANG – ORANG BERIMAN-AL
MU’MINUN
24.CAHAYA – AN NUR
25.PEMBEDA ANTARA YANG BENAR
DAN BATHIL – AL FURQON
26.PARA PENYAIR – ASY SYU ‘ARO
27.SEMUT-AN NAML
28.KISAH2 – AL QOSHOSH
29.LABA-LABA – AL ‘ANKABUT
30.BANGSA ROMAWI – AR RUM

Cerita IV ; (Surah 31 – 40)

LUKMAN tidak berSUJUD di kaum yang terkena AHZAB dan tidak juga kepada kaum SABA’. Sementara itu FATHIR dan YASIN berdiri bersama orang YANG BERSHAF-SHAF dan membentuk huruf SHOD. Mereka teramasuk ROMBONGAN – ROMBONGAN yang memohon ampunan kepada YANG MAHA PENGAMPUN.

NO.KRONOLOGI CERITA

31.LUKMAN – LUQMAN
32.SUJUD – AS SAJDAH
33.AL AHZAB
34.SABA’
35.FATHIR
36.YASIN
37.YANG BERSHAF2– ASH
SHOOFFAT
38 SHOD
39.ROMBONGAN-ROMBONGAN – AZ
ZUMAR
40.YANG MAHA PENGAMPUN –
GHOFIR

Cerita V; (Surah 41 – 50)

YANG DIJELASKAN dalam MUSYAWARAH itu adalah tentang
PERHIASAN. Bukan tentang KABUT. Sementara itu banyak orang YANG BERLUTUT di BUKIT-BUKIT PASIR. Saat itulah MUHAMMAD mendapat KEMENANGAN. Hal ini ditandai dengan KAMAR-KAMAR bertuliskan huruf QOF.

NO.KRONOLOGI CERITA

41.YANG DIJELASKAN – FUSHSHILAT
42.MUSYAWARAH – ASY SYURA
43.PERHIASAN – AZ ZUKHRUF
44.KABUT – AD DUKHAN
45.YANG BERLUTUT – AL JATSIYAH
46.BUKIT2 PASIR – AL AHQOF
47.MUHAMMAD – MUHAMMAD
48.KEMENANGAN – AL FATH
49.KAMAR2– AL HUJURAT
50.QOF

Cerita VI ; (Surah 51 – 60)

ANGIN YANG MENERBANGKAN
membawa awan ke bukit THURSINA.Ini terjadi saat BINTANG dan BULAN bersinar. Sementara itu pak RAHMAN sedang berceramah tentang HARI KIAMAT. Dimana BESI hancur, WANITA YANG MENGAJUKAN GUGATAN mengalami PENGUSIRAN, dan banyak PEREMPUAN YANG DIUJI.

NO.KRONOLOGI CERITA

51.ANGIN YANG MENERBANGKAN –
ADZ DZARIYAT
52.THURSINA – ATH THUR
53.BINTANG – AN NAJM
54.BULAN – AL QOMAR
55.AR RAHMAN
56.HARI KIAMAT – AL WAQI ‘AH
57.BESI – AL HADID
58.WANITA YANG MENGAJUKAN
GUGATAN – AL MUJADILAH
59 PENGUSIRAN – AL HASYR
60.PEREMPUAN YANG DIUJI – AL
MUMTAHANAH

Cerita VII ; (Surah 61 – 70)

BARISAN orang beriman pada HARI JUM’AT berbeda dengan ORANG – ORANG MUNAFIK. Demikian juga pada HARI DITAMPAKAN KESALAHAN -KESALAHAN. Ketika aku di-TALAK, aku MENGHARAMKAN dia untuk masuk rumah ini. KERAJAAN yang indah, PENA yang mahal, pada HARI KIAMAT tidak lagi berharga. Disinilah
TEMPAT-TEMPAT NAIK bagi amal sholih.

NO.KRONOLOGI CERITA

61.BARISAN – ASH SHOF
62.HARI JUM’AT – AL JUMU’AH
63.ORANG-ORANG MUNAFIK – AL
MUNAFIQUN
64.HARI DITAMPAKAN KESALAHAN-
KESALAHAN – AL TAGHOBUN
65.TALAK – ATH THOLAQ
66.MENGHARAMKAN – AT TAHRIM
67.KERAJAAN – AL MULK
68.PENA – AL QOLAM
69.HARI KIAMAT – AL HAAQQAH
70.TEMPAT2 NAIK – AL MA
‘ARIJ

Cerita VIII ; (Surah 71 – 80)

NUH diganggu JIN disaat ORANG YANG BERSELIMUT dan ORANG YANG BERKEMUL tertidur pulas. Ia tidak menyadari datangnya KIAMAT. Sementara itu, ketika MANUSIA bertemu dengan MALAIKAT YANG
DIUTUS untuk menyampaikan BERITA
BESAR tentang kematian, MALAIKAT-
MALAIKAT YANG MENCABUT nyawa
sedang melihat IA BERMUKA MASAM.

NO.KRONOLOGI CERITA

71.NUH – NUH
72.JIN – AL JINN
73.ORANG YANG BERSELIMUT – AL
MUZAMMIL
74.ORANG YANG BERKEMUL – AL
MUDATSTSIR
75.KIAMAT – AL QIYAMAH
76.MANUSIA – AL INSAN
77.MALAIKAT YANG DIUTUS – AL
MURSALAT
78.BERITA BESAR – AN NABA’
79.MALAIKAT2 YANG
MENCABUT – AN NAZI ‘AT
80.IA BERMUKA MASAM – ‘ABASA

Cerita IX ; (Surah 81 – 90)

Ombak MENGGULUNG, bumi TERBELAH, ORANG-ORANG YANG
CURANG pun ikut TERBELAH. Mereka
seperti GUGUSAN BINTANG YANG DATANG DI MALAM HARI. Mereka berada di tempat YANG PALING TINGGI. Pada HARI PEMBALASAN tidak akan muncul FAJAR di NEGERI manapun.

NO.KRONOLOGI CERITA

81.MENGGULUNG – AT TAKWIR
82.TERBELAH – AL INFITHOR
83.ORANG-ORANG YANG CURANG –
AL MUTHOFFIFIN
84.TERBELAH – AL INSYIQOQ
85.GUGUSAN BINTANG – AL BURUJ
86.YANG DATANG DI MALAM HARI – ATH THORIQ
87.YANG PALING TINGGI – AL A ‘LA
88.HARI PEMBALASAN – AL GHOSYIYAH
89.FAJAR – AL FAJR
90.NEGERI – AL BALAD

Cerita X; (Surah 91 – 100)

MATAHARI tenggelam saat MALAM tiba. Dan ketika WAKTU DHUHA, Allah MELAPANGKAN rizki dan menumbuhkan BUAH TIN. Sementara itu manusia yang berasal dari SEGUMPAL DARAH tidak mempunyai KEMULIAAN sedikit pun. Ini adalah BUKTI akan terjadi KEGONCANGAN di dunia. Hingga KUDA PERANG YANG BERLARI KENCANG pun mati.

NO.KRONOLOGI CERITA

91.MATAHARI – ASY SYAMS
92.MALAM – AL LAIL
93.WAKTU DHUHA – ADH DHUHA
94.MELAPANGKAN – AL INSYIROH
95.BUAH TIN – AT TIN
96.SEGUMPAL DARAH – AL ‘ALAQ
97.KEMULIAAN – AL QODR
98.BUKTI – AL BAYYINAH
99.KEGONCANGAN – AZ ZALZALAH
100.KUDA PERANG YANG BERLARI
KENCANG – AL`ADIYAT

Cerita XI ; (Surah 101 – 110)

HARI KIAMAT, hari dimana manusia
tidak bisa lagi BERMEGAH-MEGAHAN.
Pada MASA itulah si PENGUMPAT mati diinjak-injak GAJAH. Sementara itu SUKU QURAISY bertengkar dengan
pak MA’UN di tepi telaga KAUTSAR. Saat itu ORANG-ORANG KAFIR tidak mendapatkan PERTOLONGAN.

NO.KRONOLOGI CERITA

101.HARI KIAMAT– AL QORI ‘AH
102.BERMEGAH-MEGAHAN – AT
TAKATSUR
103.MASA – AL ‘ASHR
104.PENGUMPAT – AL HUMAZAH
105.GAJAH – AL FI-L
106.SUKU QURAISY – QURAISY
107.MA’UN – AL MA ‘UN
108.KAUTSAR – AL KAUTSAR
109.ORANG-ORANG KAFIR – AL KAFIRUN
110.PERTOLONGAN – AN NASHR

Cerita XII (Surah 111-114)

Insya Allah 4 surat terakhir ini semua
dari kita sudah menghafalnya.

NO.SURAT

111.AL LAHAB
112.AL IKHLASH
113.AL FALAQ
114.AN NAAS