[Siroh Shahabiyah] Ummul Mukminin ‘Aisyah

Aisyah binti Abu Bakar
 Obat dr atas langit yg ke tujuh 

Beliau adalah guru bg kaum laki laki,ash shiddiqah putri dr ash shiddiq seorang khalifah Rosululloh yg bernama Abu Bakar Abdulloh bin Abi Quhafah Utsman bin Amir al Qurasyiyah at Taimiyah.
Beliau adalah istri dr penghulu anak Adam,wanita yg paling dicintai Nabi,putri dr laki laki yg paling di cintai Nabi,dan merupakan obat dr langit yg ke tujuh.
Beliau telah membuktikan kpd dunia sejak 14 abad yg lalu bahwa merupakan perkara yg sangat mungkin apabila seorang wanita lebih pandai dr kaum laki laki,baik dlm urusan politik atau bahkan siasat perang.
Wanita ini bukanlah alumnus dr suatu universitas dan tdk pernah pula berguru kpd cendekiawan timur dan barat,akan tetapi beliau adalah seorang murid dan lulusan dr madrasah nubuwwah,madrasah iman,dan madrasahnya para pahlawan.
Semenjak masa kanak2 beliau telah di didik oleh syaikhul muslimin dan yg paling utama di antara mereka yakni ayahnya yg bernama Abu Bakar ash Shiddiq.
Menginjak usia remaja beliau telah di bimbing oleh Nabi umat ini yg jg gurunya,manusia yg paling mulia dan paling utama yakni Rasululloh suaminya.
Maka terkumpullah pd diri beliau antara ilmu dan keutamaan yg mana sejarah telah mnjadikan beliau sbg obat yg dibutuhkan sepanjang masa.

Sayyidah Aisyah di nikahi oleh Rosul atas perintah Alloh.
Sayyidah Aisyah berkata,Rosululloh bersabda:
“Aku melihat dirimu dlm mimpi selama tiga malam.Engkau dtng bersama malaikat terbungkus kain sutra.Malaikat tsb berkata:
“Ini adalah istrimu!!”
Kemudian aku singkap kain tsb ternyata engkau berada di dlmnya.
Maka aku katakan,”Sesungguhnya menikahimu adalah perintah Alloh.”(HR.Bukhori dan Muslim)
Rosululloh menikahi Sayyidah Aisyah pd bln syawal setelah perang Badar,maka berpindahlah walimatul ‘ursy yg sederhana ke rumah nubuwwah yg baru yakni sebuah ruangan diantara ruangan2 lain yg didirikan di sekitar masjid terbuat dr batubata dan beratap pelepah daun kurma.
Rosululloh menempatkan alas tidur dr kulit yg berserabut,tiada batas antara dirinya dan tanah melainkan tikar dan pd pintu masuk beliau tutup dgn tabir.
Di dlm rumah yg sangat sederhana inilah Sayyidah AISYAH MEMULAI KEHIDUPANNYA SBG SEORANG ISTRI SECARA SAH YG AKAN DI CATAT OLEH SEJARAH.

Menjadi seorang istri adalah pekerjaan utama bg wanita hal ini tdk dpt di elakkan sedikitpun sekalipun dia adalah seorang wanita yg memiliki harta sepenuh bumi,walau kehormatan dia melebihi awan,sekalipun dia telah mencapai puncak ilmu dan dan jabatan,maka sekali kali tdk dpt melepaskan tanggung jawab tsb dr lehernya.
Dlm kehidupan rmhtangga inilah
Sayyidah Aisyah mnjadi guru bg setiap wanita di seluruh alam sepanjang sejarah.
Beliau adalah sebaik baik istri dlm bergaul dgn suaminya,mndatangkan kebahagiaan di hati suaminya dan menyingkirkan apa2 yg menyusahkannya tatkala berdakwah di jln Alloh.
Beliau jg seorang istri yg paling baik jiwanya,pemurah,dan bersabar bersama Rosul dlm mnghadapi kefakiran dan rasa lapar hingga bbrapa hr lamanya tdk terlihat asap roti atau masakan.
Beliau berdua hidup hanya dgn memakan kurma dan air.
Tatkala kejayaan Islam berpihak kpd kaum muslimin,sayyidah Aisyah pernah diberi seratus ribu dirham sedangkan beliau dlm keadaan puasa dan beliau sedekahkan semua hingga tiada sesuatupun di rmhnya.
Pembantunya berkata:
“Jika masih ada maka belilah daging dgn satu dirham kmdian anda berbuka dgnnya.”
Maka beliau mnjawab:
“Seandainya engkau berkata sejak td niscaya akan aku berikan.”
Kefakiran tdk mmbuat beliau berkecil hati dan kaya tdk mmbuat beliau congkak.
Beliau mnjaga izzah jiwanya sehingga mnjadi remehlah dunia di hadapannya beliau tdk peduli apakah dunia didepan atau dibelakangnya. 

Beliau jg merupakan istri terbaik yg memperhatikan ilmu dr Rosululloh,sehingga beliau sampai pd puncak ilmu yg mana beliau mnjadi guru bg kaum laki laki.
Dan mereka mnjadikan beliau sbg rujukan dlm bidang hadits,sunnah,dan fiqih.
Az Zuhri berkata:
“Seandainya ilmu Aisyah di bandingkan dgn ilmu seluruh wanita niscaya ilmu Aisyah lebih utama.”
Hisyam bin Urwah mnceritakan dr ayahnya yg berkata:
“Sungguh aku telah bertemu dgn Aisyah maka aku tdk mndapatkan seorangpun yg lebih pandai darinya tentang Al Quran,hal hal yg fardhu,sunnah,syair,yg paling banyak meriwayatkan hadits,sejarah arab,ilmu nasab,ilmu ini,ilmu itu,dan ilmu kedokteran,maka aku bertanya kpd beliau:
“Wahai bibi…kpd siapa anda belajar ilmu kedokteran?
Maka beliau mnjawab:
“Tatkala aku sakit maka aku perhatikan gejala2nya,tatkala ada orang sakit dia mnyebutkan gejala2nya,dan aku mndengar dr orang2 perihal sakitnya kemudian aku mnghafalnya.”
Dari al A’masy dr Abu adh Dhuha dr Masruq ketika dia ditanya apakah Aisyah ahli dlm bidang faraidh(ilmu waris)maka Masruq mnjawab:
“Demi Alloh sungguh aku melihat para sahabat yg terkemuka bertanya kpd beliau(Aisyah) tentang faraidh.”
Beliau jg adalah seorang wanita yg memiliki ghirah(cemburu),bahkan beliau adalah istri Nabi yg paling tinggi ghirahnya kpd Nabi.
Hal itu adalah tabiat seorang istri.Akan tetapi ghirahnya masih pd tempat yg semestinya tdk sampai melewati batas yg mnimbulkan kemudharatan. 

Diantara kejadian yg penting dlm kehidupan ummul mukminin Aisyah adalah peristiwa tentang fitnah yg buruk dan keji terhadap diri beliau yg di kenal dgn “haditsul ifki”(berita dusta)…kisahnya adalah sbb:
Sayyidah Aisyah berkata:
“Apabila Rosululloh hendak pergi beliau mengundi diantara istri istri beliau.
Siapa yg keluar namanya maka dialah yg di bawa serta dlm safar beliau.
Dlm satu peperangan yg hendak diikuti oleh Rosululloh,setelah beliau mngundi di antara kami,ternyata yg keluar adalah namaku.
Maka akupun keluar mnyertai Rosululloh.
Aku di bawa di atas sekedup(tandu di atas punggung unta),aku brmalam di atas sekedup itu.
Kamipun menempuh prjalanan hingga akhirnya Rosululloh selesai dr peperangannya dan bergegas kembali.
Ketika kami hampir mndekati kota Madinah,beliau memerintahkan rombongan agar bergerak di malam hari.
Ketika itu aku keluar dr sekedupku dan berjalan agak jauh unt suatu keperluan(buang hajat).Setelah mnyelesaikan hajat akupun kembali,aku meraba dadaku ternyata kalungku hilang,maka aku pun keluar lg dan mncarinya hingga tertahan di tempat krn lama mncarinya.
Pada saat bersamaan rombongan bergerak mlanjutkan perjalanan.
Mereka mmbawa sekedupku dan meletakkannya di atas unta.
Mereka mngira aku berada di dlmnya.Pada saat itu kaum wanita sangat ringan bobotnya,sehingga mereka tdk mncurigai sekedup yg ringan ketika mereka mengangkatnya,ketika itu aku adalah gadis yg muda belia.Merekapun mnggiring unta dan berjalan.Lalu aku berhasil mnemukan kalungku setelah rombongan bergerak jauh.Aku mndatangi tmpt pemberhentian td,tdk ada seorangpun disitu.Menurutku rombongan pasti kembali unt mncariku.Ketika aku duduk mnunggu di tmptku rasa kantuk dtng hingga akupun tertidur.
Pada saat itulah Shafwan bin Mu’athal as Sulami berjalan di belakang rombongan,ia berjalan hingga smp ke tmptku,ketika ia melihatku maka ia pun beristirja’ dan akupun terbangun mndengar ucapannya,akupun menutup wajahku dgn jilbab.
Demi Alloh dia sama sekali tdk berbicara kpdku walaupun sepotong kalimat,aku tdk mndengar apapun kecuali kalimat istirja’ sj.

Kalimat istirja’ adalah ucapan inna lillahi wa inna ilaihi roji’un… 

Kemudian dia(Shafwan bin Mu’athal) menambatkan kendaraannya,memegang kaki kendaraannya dan mmpersilahkan aku naik ke atasnya,maka akupun naik kemudian ia mmbawaku hingga dpt mnyusul rombongan setelah mereka berhenti di tengah hari yg sangat terik.
Binasalah orang2 yg mngomentari peristiwaku tsb.
Orang yg memiliki andil paling besar dlm penyebaran berita bohong itu adalah Abdulloh bin Ubay bin Salul.
Sayyidah Aisyah mlanjutkan kisahnya dan beliau berkata:
“Kami pun tiba di Madinah,dan setelah itu aku jatuh sakit.
Sementara orang2 ramai mmbicarakan tuduhan ahlul ifki sedang aku sama sekali tdk mngetahuinya.
Sebenarnya aku telah merasakan kecurigaan saat aku sakit.
Rosululloh hanya dtng mnemuiku,mngucapkan salam,kemudian berkata:
“Bgm kabarmu?”
Itulah yg mmbuatku curiga.
Sampai pd suatu saat ketika aku sdh sehat aku keluar bersama ummu Misthah ke tmpt kami biasa mmbuang hajat.Di tengah jalan tiba2 ummu Misthah berkata:
“Merugilah Misthah!!
Aku berkata:
“Sungguh buruk kata katamu,apakah engkau mencela seorang laki laki yg mngikuti perang badar?”
Ummu Misthah berkata lg:
“Aduhai apakah anda tdk mndengar apa yg dikatakan oleh dia.”
“Memangnya apa yg telah dikatakannya? selidikku.
Lalu ia pun mnceritakan tuduhan ahlul ifki terhadap diriku.Mendengar ceritanya itu sakitku bertambah parah dr yg sebelumnya.
Ketika aku smp di rmh..aku minta izin kpd Rosululloh unt menemui orang tuaku unt mngecek kebenaran berita itu. 

Kemudian dia(Shafwan bin Mu’athal) menambatkan kendaraannya,memegang kaki kendaraannya dan mmpersilahkan aku naik ke atasnya,maka akupun naik kemudian ia mmbawaku hingga dpt mnyusul rombongan setelah mereka berhenti di tengah hari yg sangat terik.
Binasalah orang2 yg mngomentari peristiwaku tsb.
Orang yg memiliki andil paling besar dlm penyebaran berita bohong itu adalah Abdulloh bin Ubay bin Salul.
Sayyidah Aisyah mlanjutkan kisahnya dan beliau berkata:
“Kami pun tiba di Madinah,dan setelah itu aku jatuh sakit.
Sementara orang2 ramai mmbicarakan tuduhan ahlul ifki sedang aku sama sekali tdk mngetahuinya.
Sebenarnya aku telah merasakan kecurigaan saat aku sakit.
Rosululloh hanya dtng mnemuiku,mngucapkan salam,kemudian berkata:
“Bgm kabarmu?”
Itulah yg mmbuatku curiga.
Sampai pd suatu saat ketika aku sdh sehat aku keluar bersama ummu Misthah ke tmpt kami biasa mmbuang hajat.Di tengah jalan tiba2 ummu Misthah berkata:
“Merugilah Misthah!!
Aku berkata:
“Sungguh buruk kata katamu,apakah engkau mencela seorang laki laki yg mngikuti perang badar?”
Ummu Misthah berkata lg:
“Aduhai apakah anda tdk mndengar apa yg dikatakan oleh dia.”
“Memangnya apa yg telah dikatakannya? selidikku.
Lalu ia pun mnceritakan tuduhan ahlul ifki terhadap diriku.Mendengar ceritanya itu sakitku bertambah parah dr yg sebelumnya.
Ketika aku smp di rmh..aku minta izin kpd Rosululloh unt menemui orang tuaku unt mngecek kebenaran berita itu.

Kemudian beliau mngucapkan tasyahud dan berkata:
“Amma ba’du:
“Wahai Aisyah telah sampai kpdku berita begini dan begitu tentang dirimu.
Jika engkau tdk bersalah maka Alloh pasti mnurunkan wahyu yg mmbebaskan dirimu dr tuduhan.
Namun jika engkau telah melakukan perbuatan dosa maka mohon ampunlah kpd Alloh dan bertaubatlah kpdNya.
Sesungguhnya apabila seorang hamba mngakui dosanya lalu bertaubat niscaya Alloh akan mnerima taubatnya.”
Setelah beliau mngutarakan hal itu maka airmataku berhenti hingga tdk setetespun mngalir.
Aku berkata pd ayah dan ibuku:
“Jawablah perkataan Rosululloh!”
Maka ayahku berkata:
“Demi Alloh,aku tdk tahu harus berkata apa kpd Rosululloh.”
Maka aku pun berkata:
“Aku hanya seorang gadis yg masih muda,aku tdk banyak mmbaca al quran.
Demi Alloh sungguh aku tahu bahwa kalian telah mndengar peristiwa itu hingga merasuk ke dlm jiwa kalian dan kalian mmbenarkannya.
Kalaulah aku katakan kpd kalian bahwa aku tdk bersalah,Alloh maha tahu bhwa aku tdk bersalah dan kalian tdk akan mmpercayaiku.
Sekiranya aku mngakui tuduhan itu maka Alloh maha tahu aku tdk bersalah dan tentu kalian mmpercayainya.
Demi Alloh,aku tdk menemui perumpamaan diriku kecuali seperti apa yg dikatakan Nabi Ya’kub:
“Maka kesabaran yg baik itulah kesabaranku dan Alloh sajalah yg dimohon pertolonganNya terhadap apa yg kamu ceritakan.”(QS.Yusuf 18)
Kemudian aku pergi dan berbaring diatas pembaringanku.
Demi Alloh aku yakin diriku tdk bersalah dan bahwasannya Alloh akan wahyu yg mmbebaskanku dr tuduhan.

Selanjutnya Sayyidah Aisyah berkata:
“Akan tetapi,sama sekali aku tdk mnyangka kalau akan turun wahyu yg akan trs di baca berkaitan dgn diriku.
Sungguh masalah diriku ini terlalu kecil unt Alloh sebutkan dlm wahyuNya yg akan trs dibaca.
Aku hanya berharap Rasululloh melihat dlm mimpinya bhwa Alloh mmbebaskan diriku dr tuduhan.
Demi Alloh pd saat itu Rasululloh tdk berkeinginan mmbuka majlis dan tdk seorangpun dr ahlul bait yg keluar hingga Alloh mnurunkan wahyu kpd beliau.
Saat itu beliau merasakan kesusahan spt saat beliau biasanya mnerima wahyu,bahkan keringat beliau bercucuran laksana mutiara padahal saat itu musim dingin krn beratnya wahyu yg diturunkan kpd beliau.
Lalu hilanglah kesusahan itu dr beliau dan beliaupun tersenyum.
Kalimat pertama yg beliau ucapkan adalah:
“Sambutlah kbr gembira wahai Aisyah,Alloh telah mnurunkan wahyu yg mmbebaskan dirimu.”
Lalu ibuku berkata:
“Bangkit dan sambutlah Rosululloh.”
Aku berkata:
“Demi Alloh aku tdk akan bangkit unt mnyambutnya dan aku tdk akan memuji kecuali kpd Alloh ‘Azza wa Jalla semata krn Dia yg telah mnurunkan wahyu yg mmbebaskan diriku.
Lalu Alloh mnurunkan ayat2Nya dlm surat an Nur ayat 11-20 sebanyak 10 ayat.
Setelah turun wahyu maka Rasululloh menegakkan hukuman bg ahlul ifki yaitu:
Misthah bin Utsatsah
Hasan bin Tsabit
Hamnah binti Jahsy.
Demikianlah kisah haditsul ifki(berita bohong) yg dialami oleh Sayyidah Aisyah.
Salah satu pelajaran penting dr kisah ini diantaranya:
Imam Nawawi berkata:
“Para ulama bersepakat bhwa siapa sj yg mencela ummul mukminin Aisyah setelah terlepas dr tuduhan secara nash al Quran dan tetap mnuduh beliau berzina maka dia telah kafir krn menentang al Quran.”

Tatkala Rosululloh sakit sepulang dr haji wada'(haji perpisahan),dan beliau merasakan telah usailah perjalanan beliau mngemban amanah dan mnyampaikan risalah,maka beliau berkata di saat istri beliau berada di sekelilingnya:
“Di mana giliran saya bsok?…
“Di mana giliran saya bsok lusa?…
Seolah olah beliau merasakan lama sekali mnanti giliran sayyidah Aisyah.
Maka hati para ummahatul mukminin (yg semoga Alloh meridhoi mereka semua)menyadari bhwa Rasululloh ingin melewati sakitnya di tmpat yg paling beliau sukai.
Maka mereka seluruhnya berkata:
“Wahai Rosululloh sesungguhnya kami telah mnghadiahkan giliran kami kpd Aisyah.”
Sehingga berpindahlah kekasih Alloh ini ke rumah istri yg di cintainya,sedangkan sayyidah Aisyah senantiasa berjaga unt merawat Rosululloh yg sedang sakit dgn penuh kasih sayang walaupun harus di tebus dgn jiwanya.
Tidak berapa lama kemudian Rosululloh wafat sedangkan kepala beliau berada di pangkuan sayyidah Aisyah.
Ummul mukminin Aisyah menuturkan saat saat yg mngharukan tsb dan beliau menuturkan:
“Telah wafat Rasululloh di rumahku,pd saat hari dan giliran beliau di rmhku dan di atas pangkuanku.
Ketika itu masuklah Abdurrahman bin Abu Bakar yg sedang mmbawa siwak yg masih basah,Rasululloh memandangnya seolah olah menginginkannya,maka aku ambil siwak itu kemudian aku kunyah dan aku bersihkan kemudian aku hendak mmbersihkan gigi beliau namun beliau menolaknya.
Kemudian beliau mmbersihkan sendiri giginya dgn cara yg sangat baik yg aku blm pernah melihat beliau bersiwak sebaik saat itu.
Selanjutnya beliau mngarahkan pandangannya kpdku dan meletakkan kedua tangannya,sedangkan aku turut mndoakan beliau.
Pandangan beliau kembali mengarah ke langit kemudian bersabda:
“Ar Rafiiqul A’la.”
Selanjutnya sayyidah Aisyah berkata:
“Segala puji bg Alloh yg telah mngumpulkan beliau dan diriku pd hr terakhir kehidupan beliau di dunia.”
Rasululloh di makamkan di tmpt dimana beliau wafat yakni di rmh sayyidah Aisyah.
Sepeninggal suami tercinta Rasululloh sayyidah Aisyah mngisi hari harinya dgn mngajar para laki2 dan wanita,dan turut mngisi lembaran sejarah hingga beliau wafat pd malam selasa tanggal 17 Ramadhan 57 H di saat beliau berumur 66 thn semoga Alloh meridhoinya.
Sepeninggal beliau lahirlah generasi2 yg senantiasa meniti celah celah kehidupan beliau semenjak umur 6 thn hingga beliau sukses dlm tarbiyah dan berhasil mnjadi teladan terbaik yg tdk pernah ada lg di dunia ini tokoh spt beliau sejak 14 abad lamanya.
“Ya Alloh jadikan kami para mukminat mampu meneladani beliau lahir dan batin,kumpulkan kami bersama Rosululloh dan ummahatul mukminin di surgaMu yg tertinggi…Allohumma Amiiin

Selanjutnya kisah ummul mukminin Hafshoh binti Umar.

In shaa Alloh

Leave a Reply

