Kumpulan Resep MPASI 10 Bulan +

No Nama Masakan Peruntukan (umur) Jumlah Sajian Perlengkapan yang diperlukan Bahan Cara membuat Catatan khusus
1 MUFFINS CARROT-OATMEAL 10 bulan ++     Bahan:
– 75 gr tepung gandum, kalau tidak ada bisa ganti tepung terigu serba guna (pilih yang tidak di bleach).
– 2 gr baking powder
– 2 gr baking soda
– seiprit garam (hy utk membantu kerja baking powder)
– 35 gr oatmeal
– 3 gr kayu manis
– 1 sdt pure ekstrak vanili. Jangan pakai essence vanili. Kalau tidak ada bisa di abaikan
– 1 bh kuning telur
-46 gr minyak sayur (olive oil, canola oil, dll…)
– 1/2 buah wortel ukuran besar, parut halus.
– 3 buah pisang susu sangat matang. Kalau pakai pisang ambon 1/2 buah juga cukup. Hancurkan pakai garpu.
– kismis untuk garnish, bisa di abaikan.
Cara Membuat :

1. Campur oatmeal bersama wortel dan pisang hingga rata (A). Sisihkan.

2. Ayak tepung gandum, baking powder, baking soda, garam dan kayu manis (B). Sisihkan.

3. Campur minyak sayur, kuning telur dan vanili hingga rata (c).

4. Campur adonan A dengan adonan C, aduk rata.

5. Masukkan adonan B, aduk secukupnya asal rata. Jangan aduk terlalu lama supaya muffin tidak keras.

6. Masukkan ke cetakan muffin yang sudah di oles unsalted butter. Karena hanya untuk 3-4 buah muffin, sisa cetakan yang kosong bisa di isi air setengah.

7. Masukkan ke oven 175C selama kurang lebih 15-18 menit.

Mama Andriana Theodora
2 Nasi Merah Komplit 10 bulan ++     Bahan :
½ bagian bit, ¼ diparut, ¼ potong kecil
4 batang buncis baby, potong halus atau parut
½ batang wortel parut
1 lembar keju cheddar
100ml air kaldu (diperoleh dari rebusan air 120ml, 1 ceker ayam, 2cm jahe keprak)
Oregano
Bawang bombay yg kecil 1 butir
Beras 1 takar
*garam,gula bisa ditambahkan untuk usia 1 th+*
Cara membuat :
– cuci beras, sisihkan
– beri 1 sendok teh air pada ¼ bagian bit parut, peras, sisihkan
-rebus ceker, air, dan keprakan jahe hingga mendidih dan keluar minyak² ceker, sisihkan
-tumis bawang bombay sampai harum dan lemas
-masukkan wortel, buncis, tumis sebentar, tuangi kira² 1 sendok sayur kaldu sampai sayuran terlihat lemas
-siapkan rice cooker, masukkan beras, air kaldu, tumisan bawang+sayuran, ¼ bagian bit yang dipotong tipis, air perasan bit, keju, oregano (+kan garam gula untuk 1th+ juga pada saat ini)
– masak dalam rice cooker hingga matang
sekarang, mari masak pelengkapnya!
Mama Dhira Rahman
3 Dori bumbu kukus 10 bulan ++     Bahan :
¼ bagian dori (bisa diganti ikan kakap merah atau tengiri)
2 butir bawang merah, haluskan
2 butir bawang putih, haluskan
1 cm jahe, haluskan
Oregano secukupnya
1 lembar keju cheddar
Cara membuat:

-campur semua bahan, beri keju

-kukus

-setelah dikukus bisa juga digoreng

Mama Dhira Rahman
4 Gindara Saos Bit 10 bulan ++     Bahan:
1 potong fillet Gindara (buang kulit)
1 buah Jeruk Baby ambil sari/peras (Harusnya Lemon, tapi yang ada di kulkas, jeruk Baby).😀
½ sdt Garam (atau secukupnya) -> hilangkan penggunaan untuk anak < 12 Bulan.

Saos Beet :
40 gr Beet Cincang Super Halus
1 sdm Minyak Zaitun
10 ml Air Jeruk Baby
Sedikit garam, Sedikit merica -> hilangkan penggunaan untuk anak < 12 Bulan.

Cara Membuat :

1. Lumuri fillet ikan Gindara dengan air jeruk baby dan garam, aduk rata, sisihkan dalam wadah tertutup 1 jam / sampain meresap.

2. Aduk semua bahan Saos Beet di wadah terpisah.

3. Siapkan pinggan tahan panas, letakkan Gindara ditengah, Siram Gindara dengan Saos Beet.

4. Kukus selama 20 menit, angkat, Sajikan dengan nasi.

Mama Yenny Cicik
5 JUS IJO – 10 Bulan+ 10 bulan ++     Bahan:
6 lbr daun sawi ijo
2 bh apel malang ukuran sedang, kupas, potong kotak
1 bh jeruk baby, ambil airnya saja
cara membuat:
kukus daun sawi kurang lebih 3-5 menit, blender bersama apel dan air jeruk, hidangkan. kalau kurang encer bisa ditambahkan lagi air jeruknya. buat garnish *gaya… bisa ditaburi apel kukus yg dipotong kecil-kecil sekalian buat belajar ngunyah. gampang toh ^-^
Mama Yudith Mangiri
6 MAKARONI SAUS APEL 10 bulan ++     Bahan
•segenggam/2sdm makaroni
•¾ buah apel,cacah halus
•10 gram daging giling
•½ buah wortel,parut,sisakan 2 lembar untuk hiasan
•1 siung bawang putih
•½ batang daun bawang
•½ bawang bombay
•kuning telur ayam,kocok
•½ buah tomat,kupas,cacah halus
•10 gram keju,parut
•2 kuntum brokoli,cacah halus
•1sdm butter/margarine untuk menumis
Cara buat

Rebus makaroni hingga merekah,kukus bersama kocokan telur.Tumis bawang putih dan bawang bombay dgn butter,masukan daging giling,aduk,lalu masukan wortel,tomat dan apel,aduk terus hingga harum dan daging matang. Masukan keju,aduk rata hingga mengental,masukan brokoli,aduk ² sebentar.Terakhir campur makaroni dengan saus. Sajikan.

Mama Echie
7 Veggie Croquette with Chessy Brocoli Sauce 10 bulan ++     Veggie Croquette:
3 buah kentang ukuran sedang,
2 buah wortel ukuran sedang, kupas, lalu parut kasar
10 buah baby buncis, dirajang halus
2 sdm ayam cincang
120 ml kaldu ayam
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
sejumput oregano
1 sdm unsalted butter/ olive oil
1 kuning telur, dikocok lepas

untuk yg sdh 1 th keatas bisa ditambahkan gula, garam dan merica sedikit

Chessy Brocoli Sauce :
150 ml kaldu ayam
2 sdm keju
1 sdm maizena dicairkan dengan sedikit air
5 kuntum brokoli, direbus sebentar lalu siram dengan air es, kemudian cincang kasar.

Cara membuat :
Kentang dicuci bersih, lalu dikukus sekitar 20-25 menit, lalu kupas kulitnya.. setelah itu dihaluskan,, sisihkan
Panaskan butter/ olive oil, tumis bawang putih dan merah sampai harum.. Masukan ayam cincang, aduk hingga berubah warna, tambahkan kaldu ayam masak hingga mendidih, (untuk yg sdh 1 th keatas bisa ditambahkan gula, garam dan merica sedikit)
masukan sayuran (wortel dan buncis) masak hingga matang dan kaldu menyusut. Sisihkan
Ambil 1 sdm kentang yg sdh halus, lalu isi dengan sayuran yg sdh di tumis.. bentuk bulat/ lonjong. lakukan sampai adonan habis.
Olesi setiap kroket dengan kuning telur
Siapkan loyang, olesi butter/ olive oil tipis.. susun kroket diatasnya..panggang dalam oven suhu 170′C selama kurang lebih 20-25 menit sampai kroket matang dan berwarna kuing keemasan

Saus : panaskan kaldu ayam hingga mendidih, masukan keju, masak hingga keju larut, masukan maizena, aduk terus hingga mengental dan meletup letup
Kroket yang sudah matang siap disajikan dengan saus keju yang ditaburi cincangan brokoli.
Alternatif lain : kroket ini selain dipanggang bisa juga digoreng sebentar dengan olive oil atau butter.

Mama Indry Hadiutami
8 Skutel Nasi Saus Apel Mornay 10 bulan ++     Bahan :
100 gr Nasi Merah (Kebetulan dirumah biasa makan nasi merah, jadi tinggal ambil yang sudah matang)
1 bh Wortel ukuran kecil, potong dadu kecil atau juga bisa diparut
4 kuntum Brokoli
1 btr Telur, kocok lepas
50 gr Daging / Ayam cincang
Oregano, secukupnya Pala Bubuk, secukupnya Garam, Merica (Optional, hindari penggunaan untuk anak <12 bulan)

Saus Apel Mornay :
¾ bh Apel Fuji ( kebetulan ini yang ada dan favorit Kana)
100 ml Air
2 sdm Unsalted Butter
1 bh Bawang Bombay ukuran kecil, cincang halus
2 sdm Tepung Terigu (bisa diganti dengan Oatmeal yang di giling halus)
50 gr Keju Cheddar, Parut
1 bh Kuning telur
2 sdm Plain Yogurt
Garam, Merica (Optional, hindari penggunaan untuk anak <12 bulan)

Cara Membuat :
1. Buat Jus Apel, dengan menggunakan air dan apel. Saring, simpan ampas dan airnya karena dua-duanya akan digunakan.
2. Campur nasi merah, ampas jus apel, wortel, telur, daging cincang, oregano, pala bubuk, garam dan merica. Sisihkan.
3. Panaskan butter, tumis bawang Bombay hingga harum dan wangi.
4. Masukkan tepung terigu, aduk dengan menggunakan balloon whisk.
5. Masukkan air jus apel , aduk hingga saus tidak menggumpal.
6. Masukkan keju parut, aduk rata lalu matikan kompor.
7. Masukkan kuning telur, aduk rata.
8. Diamkan hingga uap menghilang, lalu masukkan yogurt, aduk rata. Tambahkan sedikit garam dan merica sesuai selera.
9. Siapkan wadah tahan panas, masukkan adonan nasi, ratakan. Siram dengan saus apel mornay. Taburi atasnya dengan sedikit keju parut.
10. Panggang dalam oven bersuhu 180⁰C selama kurang lebih 30 menit. Jika tidak ada oven, bisa juga di kukus selama 25 – 30 menit.
11. Selama menunggu Skutel Nasi matang, kukus brokoli selama 3-4 menit. Angkat, lalu siram dengan air dingin, sisihkan.
12. Setelah skutel matang, angkat, sajikan dengan brokoli yang sudah dikukus.
Mama Mira Arvianti
9 Bakso Bayik Goreng       Bahan:

150gr daging ikan jambal roti segar*, haluskan
1 butir telur ayam kampung
3 sdm tepung sagu
100cc air
100 gr daun bayam segar, seduh dengan air panas, tiriskan dan rajang halus
1 batang daun bawang, iris2
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Campur daging ikan jambal roti dengan telur, garam, daun bawang dan irisan bayam. Aduk rata
2. Masukkan tepung sagu dan uleni sampai rata.
3. Ratakan dalam loyang persegi dan kukus selama 30 menit.
4. Setelah dingin, cetak dengan cetakan kue kering bentuk ikan
5. Goreng bakso ikan sampai wangi dan berwarna kuning.
6. Siap disajikan dengan nasi merah hangat dan keju.
7. Supaya lebih cantik, happy plate dihias dengan irisan wortel bentuk daun yang sudah diseduh air panas.

Lila-Nafirza
bisa diganti dengan ikan tenggiri atau kakap segar. Karena dirumah adanya ikan jambal, ya sudah..pakai apa yang ada😀

Mama Lila W. Lestari
10 PILOLI (pisang lolly) Karya :     Selingan/kudapan Persiapan:

1 buah pisang yang sudah matang (supaya gak sepet)

250ml susu UHT (saya pakai Ultra Jaya) à bisa diganti susu formula / ASI untuk yang <1tahun

30 gr yoghurt (saya pakai yoplait petit miam ½ kemasan) à bisa pakai bisa tidak, untuk <1tahun bisa pakai baby yoplait

1 sendok makan madu à bisa dihilangkan untuk anak <1tahun

1 sendok makan tepung maizena

Sejumput coklat bubuk

1 Cetakan es loli

Cara Membuat

1. Blender susu, yoghurt, pisang, madu sampai rata tercampur
2. Campur tepung maizena dan coklat bubuk dengan sedikit air hangat
3. Masukkan hasil blender (no 1) dengan maizena cair ke dalam panci dan aduk rata
4. Masak dengan api sedang sampai meletup2
5. Tuang ke dalam cetakan es
6. Setelah dingin, masukkan tusukan es loli dan simpan di lemari es sampai mengeras

Tips
Setelah beku dan ingin diberikan pada anak, rendam dulu cetakan es di air biasa sekitar 1-2 menit agar mudah diangkat.

Jika menggunakan susu formula, jangan di rebus bersama dengan tepung maizena, tapi campurkan kemudian dan aduk rata sebelum dicetak.

Catatan Mbak Ena:
Sangat tidak disarankan menggunakan ASI. Karena ASI memang TIDAK untuk diolah. Pengolahan terhadap ASI justru akan merusak ASI itu sendiri. Makanya, ASI yang disimpan tidak boleh dicairkan dengan cara direbus. Cukup direndam diair hangat saja.
Maizena bisa diganti dengan tepung hunkwee. Hasilnya mirip dengan es kue jaman dulu. (maklum, yang meriksa emak2 jadul neh.. hehhehehe…)
Beberapa anak memiliki resistensi rendah (alergi) terhadap coklat, sehingga penggunaan coklat bubuk bisa dihilangkan.
Penganan ini bisa dikonsumsi oleh anak usia > 9 bulan
Penggunaan madu untuk anak dibawah setahun tetap bisa dipertahankan. Cuma gunakan madu khusus untuk anak dengan jumlah separuh dari yang dicantumkan pada resep.
Jika tidak punya cetakan es loli, tuang saja adonan dalam cetakan persegi lalu diamkan hingga mengeras. Potong2 dan simpan dalam freezer. ^_^ (red: berlaku apabila maizena diganti dengan hunkwee)

Mama Anna Rumawas
11 PIJELLY (pisang jelly)       Preparation:

1 buah pisang yang sudah matang
1 bungkus jelly bubuk (saya pakai nutrijel) à pilih yang tanpa warna untuk mengurangi pewarna
2 sendok makan madu anak à bisa dihilangkan untuk < 1 tahun
2 sendok bebek gula à bisa dihilangkan untuk < 1 tahun
1 sendok makan sirup merah (saya pakai marjan) à ini supaya anak saya mau makan karena kalau warnanya putih tok langsung ditolak tanpa dirasa D
700 cc air matang
Cetakan agar-agar
Blender

Cara:
1. Blender ¾ pisang dan madu dengan sedikit air
2. Campur nutrijel dengan gula
3. Tuangkan air matang dan pisang blender (1) dalam campuran nutrijel dan gula (2)
4. Rebus sampai matang – aduk2 terus selama memasak
5. Potong dadu ¼ pisang sisanya
6. Cetak agar-agar (4) di cetakan agar-agar
7. Masukkan potongan dadu pisang ke dalam cetakan
8. Setelah dingin, simpan dalam lemari es sampai membeku

Catatan Mbak Ena :

1. Sirup, apapun merknya, pasti mengandung pewarna. Jika memungkinkan, gunakan saja jus yang alami (tanpa pewarna dan pengawet).
2. Jika ingin hasil yang berwarna, kenapa tidak menambahkan material lainnya such as stroberi.
3. Penganan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak usia dibawah 1 tahun untuk menghindari kesedak jelly.

Mama Anna
12 SCHOTEL KENTANG LAPIS       BAHAN :

500 gram kentang

100 gram daging cincang

100 gram wortel iris tipis / parut

100 gram buncis iris tipis

150 gram keju parut

125 ml susu

2 sdm mentega (unsalted untuk < 1 th) untuk menumis

1 bh bawang Bombay potong kecil kecil

1 bh telor kuningnya saja

CARA MEMBUAT:
Kupas kulit kentang lalu direbus setelah matang lumatkan/hancurkan sampai halus
Panaskan mentega, masukkan kentang, keju susu, aduk sampai rata, pisahkan
Tumis daging cincang, wortel, buncis, bawang Bombay sampai harum
Siapkan loyang tahan panas yang diolesi mentega
Letakkan kentang yang sudah diaduk rata kedalam loyang, susun di paling bawah, kemudian masukkan tumisan daging, wortel, buncis, bawang Bombay diatasnya, kemudian masukan kentang lagi (diatas tumisan daging), masukan isi tumisan daging lagi, terakhir masukkan kentang sebagai lapisan paling atas, ratakan, olesi dengan kuning telur
Taburkan keju parut dilapisan paling atas
Kukus selama 15 menit atau panggang didalam oven selama10 menit dengan panas 220 C
Angkat, sajikan selagi hangat

catatan dari mbak Ena Lubis :
Skotel kentang ini menarik.. dari susunan bahan yang digunakan dan rasa… si ibu jelas paham kalo pencernaan anaknya masih rawan… hehhee…

1. jumlah bahan sesuai.. malah bisa untuk 2 – 3 kali makan kalo anaknya udah agak besar (terutama yang maruk2 kayak seusia syamil . azwa, 2 taonan gitu.. hahahaha…)
2. bawang bombay, sebaiknya diparut atau iris tipis.. dan gunakan 1/2 butir kecil saja terutama untuk anak2 yang baru belajar makanan sangat padat.. ^_^
3. bagi2 aku donk… hehhehehe… salah.. maksudku, daging cincang pilih yang murni maksute tanpa lemak gitu lhooo….

Mama Lia Sutoyo
13 KENTANG ISI AYAM       BAHAN :

500 gram kentang

75 gram daging ayam cincang

100 gram wortel iris tipis / parut

100 gram buncis iris tipis

150 gram keju parut

2 sdm mentega (unsalted untuk < 1 th) untuk menumis

1 bh bawang Bombay potong kecil kecil

CARA MEMBUAT:

Kentang di cuci tanpa dikupas kulitnya,
Kentang di kerat silang, tekan sedikit sampai kentang terbuka
Kukus / panggang kentang hingga matang
Tumis daging, wortel buncis, bawang Bombay dengan mentega hingga harum
Buang bagian tengah kentang untuk isi tumisan daging
Isi bagian tengah kentang dengan tumisan daging kemudian taburi keju parut
Sajikan selagi hangat

** note: Bila suka bisa ditambahkan saus keju,
bahan : 1 sdm minyak olive
5 sdm air dingin
susu ½ cangkir
2 sdm tepung terigu
2 sdm keju parut

cara : panaskan minyak olive,tuang air dingin, terigu, aduk sampai rata jika sudah mendidih, masukkan susu cair & 2 sdm keju parut, aduk rata sampai kental

Catatan Mbak Ena :

hampir sama dengan resep yang di atas yaa.. cuma cara masaknya yang beda… sayang daging ayam cincangnya koq dikurangi.. pake 100 gr ajah biar mantab…

Mama Lia Sutoyo
14 PUREE KENTANG SAUS TOMAT       BAHAN:

2 sdm munjung puree kentang

1 kuning telur rebus

Saus Tomat:

1 siung bawang putih, cincang halus

1/2 buah tomat merah, cincang halus

Sedikit minyak zaitun, untuk menumis

Sedikit oregano

Sedikit pala bubuk

7 sdm air kaldu

CARA MEMBUAT :
Campurkan puree kentang dan kuning telur rebus, aduk rata. Sisihkan
Panaskan minyak zaitun. Tumis bawang putih sampai wangi dan masukkan tomat, aduk rata. Tambahkan oregano dan pala bubuk, aduk rata. Masukkan kaldu, masak sampai mendidih. Matikan api.

PENYAJIAN
Siram saus tomat diatas adonan puree kentang+kuning telur. Sajikan hangat!

Behind the scene:
Ada insiden yang cukup bikin riweuh. Saus tomat yang siap disiram mendadak tumpah karena selip megang kuping si wajan😦 . Langsung buru-buru bikin lagi deh, takut boss kecil keburu bete menanti sarapan yang gak kunjung terhidang :p. Alhamdulillah segala keriweuhan itu terbayar dengan lahapnya Afkar menikmati sarapan made by ummi…🙂

Catatan Mbak Ena :
bahannya sederhana n rasanya pasti oke.. cumaaa…
1. saat bikin saus, sebaiknya ambil daging buah tomatnya saja.. kulit dan biji bisa dibuang karena anak2 batita masih sulit kan mencernak si biji…
2. kalo dah pake oregano, sebaiknya ga usah pake pala.. terutama untuk batita.. karena oregano dan pala punya sifat yang agak sama, yaitu rasa yang agak pedas.. terutama untuk usia dibawah 12 bulan.. pala sangat tidak disarankan…
3. bawang putihnya cukup pake 1/2 siung ajah..
4. saran saya: tambahkan 1 sdt muncung parmesan bubuk dalam saus… hehehhe…

Mama Ria Suryana
15 KENTANG SAUS SUSU       Bahan Utama :
1 bh kentang ukuran sedang
1 lembar smoked beef
Daun sledri (jika ada)
Bahan Saus Susu :
1 sdt margarin
90 ml susu
1 sdt tepung terigu
kaldu rasa sayuran
merica dan garam secukupnya
Caranya:
1. Potong Kentang sesuai ukuran satu kali suap
2. Rebus kentang didalam diatas api sedang +15-20menit atau sampai cukup matang (jgn sampai terlalu lunak).
3. Buat sausnya dengan cara campur jadi satu margarin, susu dan tepung terigu, masak sambil terus diaduk,
4. Masukkan kaldu rasa sayuran, aduk rata, cicipi, bubuhi merica dan garam sesuai selera
5. Masukkan daun peterseli dan kentang rebus, lanjutkan memasak ingga kentang dan saus cukup hangat.
Inilah hasilnya… Sedikit banyak kuah sesuai selera… Kebetulan saya buatnya agak banyak sausnya…

Hammam suka makannya walaupun awalnya merengut melihat menu baru…
Catatan Mbak Ena:
yang ini sepertinya enak lhoo… cuma sayang… waktu nulis resepnya ga lengkap…1. smoked beefnya diapain yaaa…??? ga jelas.. kalo diliat dari foto sih di potong kotak2 tuh… ^_^2. anak bawah 12 bulan atau yang belum bisa mengunyah dengan baik sebaiknya tidak usah menggunakan smoked beef, ganti dengan daging sapi/ayam cincang

3. daun selederi ga disarankan.. baunya lanu.. kurang disukai anak2 batita… ini sudah kubuktikan beberapa kali dengan sejumlah anak… sebagian anak memilih sup tanpa selederi… hehehhehe…

4, hilangkan penggunaan lada untuk anak bawah 12 bulan…

5. kaldu rasa sayuran…???? maksudnyaaaa…???? kaldu instan kah…???? atau kaldu yang dibuat dari sayuran…??? kalo kaldu instan, highly not recomended.. kalo bikin kaldu sayuran sendiri, that’s good…

MAMA DIANANDA FITRIA
16 ONGKLOK KENTANG SAUS ORANYE       BAHAN:

1 butir kentang ukuran sedang, iris tipis

Fillet ikan kakap, cincang

½ buah wortel import ukuran sedang, potong-potong

Keju blok secukupnya

1 siung bawang putih

1 sdt extra virgin olive oil

CARA MEMBUAT
Tumis kentang dan cincangan kakap dengan olive oil, haluskan (bisa ditumbuk atau menggunakan blender.
Kukus wortel, bawang putih dan keju, lalu haluskan menggunakan blender. Dapat ditambahkan air/kaldu bila perlu.
Saus wortel dapat disiramkan di atas kentang tumbuk atau disajikan terpisah.
*hehe, sederhana banget yak. gapapa ah, tetep mau dikirim*

Catatan mbak Ena:

1. ukurang kentang atau apapun buat masing2 orang berbeda.. lebih baik jika dijelas dalam ukuran yang lebih jelas… gram, cup, sdm, atau apalah..
2. fillet ikannya pake seberapa..??? 50 gr..? 100 gr…????
3, keju blok teh naon yaaa..??? keju cheddar kali yeee… jumlah secukupnya seberapa…???
4. kentang dan kakapnya ga dibumbui..??? kalo iya, saran saya, tumis dengan (unsalted) butter… jangan minyak zaitun.. karena meski sehat, nyaris ga ada rasanya.. kasian bu anaknyaaa… karena minyak zaitun kurang bisa mengurangi bau amis kakap.. kakap itu ikan laut yang bau amisnya cukup tajam lhoo…

Mama Riri
17 Saus bbq homemade ala Bara 10 bulan +     Bahan:
3 sdm minyak
1/2 buah bawang bombai – cacah halus
3 siung bawang putih – cacah halus
1 buah paprika merah – cacah halus
8 sdm saus tomat, pake tomat utuh 1 buah
80 gram gula palem
3-4 sdm cuka, pake jeruk nipis
6 sdm kecap Inggris (worchestershire sauce)
1/2 sdt merica hitam kasar (atau merica putih)
1 sdt garam
2 blok kecil kaldu sapi (bisa dihilangkan kalau dikehendaki), ga pake
Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang bombai, bawang putih dan paprika merah hingga layu. Hati-hati jangan sampai gosong.
Masukan semua bahan-bahan lainnya, aduk rata dan masak di atas api sedang hingga mulai panas.
Masukan dalam blender dan campur hingga halus (bisa juga menggunakan blender tangan).
Mama Silvi
18 STEAK KUKUS 10 bulan +   1 porsi BAHAN:
– 25 gram ikan tenggiri
– 1 buah buncis kukus
– 1 buah jamur kukus
– 1 buah kentang kukus,haluskan
– 1 siung bawang putih
– 1 siung bawang merah
– 1/2 butir kuning telur
– 1/2 daun bawang
CARA MEMBUAT:
– Bersihkan duri ikan tenggiri, rendam dengan perasan air jeruk selama 5-10 menit, lalu cincang halus
– Parut duo bawang
– Cincang halus daun bawang
– Kocok kuning telur,masukkan ikan,duo bawang,daun bawang, aduk hingga rata
– Kukus selama 15menit
– Hidangkan bersama kentang yang sudah dihaluskan dan sayuran rebus

– Untuk 1 porsi

Bunda Tama
19 Nugget Nasi 10 bulan +     Bahan:
– 3 sdm nasi putih
– 1 butir telur ayam kampung
– 1 sdm keju mozarela potong tipis2
– 5 lembar bayam / horenzo, iris tipis
– tumisan daging
(Tumisan daging: 1/2 butir bawang putih, geprek cincang halus + 1 sdm bawang bombay, cincang » tumis sampe wangi, lalu masukkan parutan daging sapi (dari ukuran 1 kotak korek api daging sapi beku, parut saat masih beku supaya lembut)
– 3 sdm tepung panir
– 2 butir telur puyuh
– minyak goreng secukupnya buat nggoreng
cara membuat:
– panaskan dandang u/ ngukus
– campurkan nasi, telur, keju, bayam dan tumisan daging, tuang ke pinggan yg sebelumnya sudah dioles olive oil/butter
– kukus 20-30 menit
– angkat, keluarkan dari pinggan, potong sebesar jari telunjuk/sekemampuan genggam anak.
– pecahkan telur puyuh, cemplung nugget ditelur, angkat, gulingkan di tepung panir. Goreng sampe mateng.
Mom Garet
20 Sop Salmon 10 bulan +     Untuk salmon sebesar 300gr (lepaskan kulit salmon, potong salmon jadi 4 bagian)

Bw putih 1 biji
Bawang merah 4 biji
Sedikit ketumbar (kira2 8 biji aja..hahahaha PR bener ngitungnya) haluskan semuanya

Gulgar secukupnya
Sereh 2 biji, keprek
Daun jeruk 3 lembar, sobek, ambil tulangnya Jahe seruas jari, keprek Lengkuas seruas jari, keprek 500cc air
1 lembar asam kandis

cara membuat:
Masukan semua bumbu+kulit salmon (kecuali daging salmonnya), masak sampe mendidih.
Masukkan daging salmon.
Masukkan gulgar.
Masak sampe ikan matang.
Rasakan keasamannya. Kalo pas, langsung angkat asam kandisnya.
pisahkan daging salmon+kuah.
Saring kuahnya dan pisahkan perporsi+bekukan

Ikannya juga dipotong kecil2, pisahkan perporsi makan, bekukan

Mama Dian Bunda Zahra
21 CAKE KETAN HITAM 10 bulan +     Bahan :
4 btr telur
100 g gula pasir (dibawah 1thn skip)
100 g tepung ketan hitam
100 g mentega, lelehkan ato 100 ml minyak

Topping :
mentega & keju parut

1. Panaskan oven 150°C.
2. kocok telur & gula dg kecepatan mixer scr bertahap. Pertama speed 1 smp gula larut, naikkan speed 2, stlh 3 menit naikkan speed 3. Kocok hingga telur mengembang/warnanya pucat.
3. Turunkan speed ke 1, masukkan tepung ketan hitam. Kocok.smp rata. Masukkan mentega cair. Aduk perlahan smp rata.
4. Tuang ke loyang persegi 18 cm yg sdh dioles mentega. Panggang smp matang.
5. Beri topping sesuai selera. Ga pk topping jg enak kok.

 
22 CAKE KETAN HITAM II 10 bulan +     Bahan :
3 butir telur
100 gram gula pasir halus
1/2 sdt emulsifier (Ovalet/SP/TBM,aku skip)
125 gram tepung ketan hitam
100 gram margarin dilelehkan
1/4 sdt vanili (aku skip)
Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan. Kocok telur, gula pasir halus dan emilsifier sampai mngembang.
2. Tambahkan tepung ketan hitam sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
4. Tuang di loyang bundar diameter 18cm (aku pakai loyang persegi ukuran 20cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
5. Kukus 30-35 menit sampai matang dg api sedang.

Note :
berhubung loyangnya kegedhean, kue nya jadi tipis. Makanya tadi aku bagi 2, trus aku oles butter & beri keju lalu ditumpuk. Tadinya mau bikin butter cream, tp keburu males… Heheheh…

 
23 Cake ketan hitam (Panggang) 10 bulan +     Bahan:
250gr mentega
250gr gula halus
1sdt vanili
8 kuning telur
250gr terigu/ganti tepung ketan hitam
6 putih telur
cara:
– kocok mentega+gula+vanili sampai lembut, masukkan kng telur satu persatu sambil dikocok rata
– masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
– kocok putih telur sampai kaku, masukkan dlm adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
– tuang ke dalam loyang yg sdh dialasi kertas dan diolesi mentega
– panggang sampai kue matang 45 menit, cek pake tusuk gigi ya mom

Mom Shinta
24 BAKSO AYAM MISOA 10 bulan +     Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Bahan bakso:
25 gram misoa, diseduh dan dipotong-potong
250 gram ayam giling
1 batang daun bawang, diiris halus
1 siung bawang putih, dihaluskan
1 putih telur
25 gram es serut
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
25 gram tepung sagu
Bahan kuah:
2.000 ml air
6 siung bawang putih, digoreng utuh dan dimemarkan
2 tangkai seledri, diikat
2 blok kaldu ayam
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
Bahan pelengkap:
100 gram caisim, diiris
2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Cara Pengolahan :
1. Bakso, uleni ayam, daun bawang, dan bawang putih. Tambahkan putih telur, es serut, kaldu ayam bubuk, garam, dan merica bubuk. Uleni rata.
2. Masukkan tepung sagu dan misoa. Aduk rata.
3. Bentuk bulat dengan sendok.
4. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.
5. Kuah, rebus air, bawang putih, dan seledri sampai harum. Masukkan kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, gula pasir, dan daun bawang. Masak sampai mendidih.
6. Sajikan bakso misoa dengan kuah dan pelengkapnya.

Untuk 7 porsi

Mama Dian
25 BRONIS KUKUS SEHAT 10 bulan +     Bahan :
60 g tepung mocaf/tepung beras campur*/tepung terigu 40 g cokelat bubuk -> aku ganti dcc 40gr di tim ½ sdt garam
3 butir telur ukuran besar (@70 g) -> aku pake 2 butir telur+2kuning telur 100 g gula pasir 50 ml minyak goreng
1 sdm minyak goreng untuk olesan
kertas roti untuk alas, potong selebar dasar loyang Kacang almond utk taburan sckpnya (resep asli ga pake)

Cara Membuat :

1. Campur tepung, cokelat bubuk, dan garam.
2. Olesi loyang 18x8x6 cm (loyang aku ga tau dimensi nya brp :D) dengan minyak goreng, alasi kertas roti. Panaskan dandang untuk mengukus di atas api kecil.
3. Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan paling tinggi hingga adonan mengembang dan kental (20 menit). [Tandanya: jika adonan dituang, tidak mengalir jatuh.] Matikan dan angkat mikser.
4. Masukkan campuran tepung secara bertahap sambil diayak. Lakukan 3 kali; dan setiap kali selesai memasukkan tepung, aduk balik dengan spatula hingga rata. Tuangi minyak goreng, aduk balik hingga rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, kukus dalam dandang dengan air sudah mendidih, tutup. Besarkan api kompor ke api sedang. Kukus hingga kue masak (30 menit), angkat. Balikkan bronis ke atas rak kue, lepaskan kertas pelapis. Segera balikkan kembali bronis, sisihkan hingga dingin.
6. Lebih enak jika bronis dipotong-potong dan disajikan 3-4 jam berikutnya, karena bronis sudah lembap/tidak kering.

mama Ratna
26 Tofu Tomato Soup 10 bulan +     Bahan :
2 bh Tomat, kupas kulit, buang biji, parut/blender
1/2 bungkus Tofu >> saya pake kong kee
1 sg Bawang putih, parut
2 sdm Bawang bombay cincang
2 sdm Wortel, serut
100 ml Kaldu
1 btg Seledri, ambil daunnya, cincang
1 btg Daun bawang, ambil bagian hijaunya, cincang
sejimpit pala bubuk
sejimpit oregano
Cara:
ambil 2-3 potongan tofu, kukus >> sisa potongan dihaluskan
Tumis duo bawang sampai harum, masukkan tomat parut aduk sebentar
masukkan wortel aduk sebentar
tuangi kaldu ayam/daging, tambahkan pala & oregano
terakhir masukkan tofu yang dihaluskan & daun daunan, masak sampai matang, angkat
blender

Mommy Cetta
27 Lumpia Mini Basah 10 bulan +   12 pcs Bahan kulit:
50gr tepung terigu protein sedang
15gr tepung beras
1/4 sendok teh garam
1butir telur Ayam kampung Kecil
150ml santan segar

Bahan isi:
25gr misoa, rebus, tiriskan
50gr daging Ayam, cincang halus
25gr wortel, iris tipis memanjang
10lbr Daun bayam, cincang halus
3butir b. merah, iris halus
1butir b. Putih, cincang halus
1sdt kecap manis
1/4sdt garam
1/4sdt merica bubuk
2sdm ELOO u/ menumis

Cara membuat:
Kulit, campur tepung terigu, tepung beras, dan garam. Sisihkan.
Kocok lepas telur dan santan. Masukkan sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk sampai licin, Tuang 1sendok sayur adonan di wajan datar kecil, buat dadar sampai semua adonan habis.

Isi, panaskan minyak, tumis b. Putih & b. merah hingga harum, masukkan daging Ayam cincang, tumis hingga berubah warna, masukkan wortel & Daun bayam bumbui Dgn garam, merica & kecap manis, aduk rata, beri sedikit air u/ mematangkan wortel, Masak hingga matang, angkat, campur Dgn misoa yg sdh direbus, aduk rata.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit lumpia, Beri Kurleb 1sdt isi, Lipat kiri dan kanannya, Gulung, bagian ujung beri sedikit air biar bs merekat, sajikan

Note : kalo mau di goreng Bisa juga, Jd perekatnya diganti Dgn Putih telur biar bs merekat sempurna.
Kulit lumpia bs distock mom, masukin ke kulaks Bawah Aja, tahan kurleb 2-3hr Aja, kalo Mau dipake keluarkan di suhu ruang dl..
U/ Isi bisa dikreasikan, misoa bs diganti Dgn Bihun/Mie

Mom Anya
28 Woku Ayam 10 bulan +     Bahan :
600 gr daging ikan / ayam, potong sesuai selera (aku pake lele dan tahu)
1 sdt air jeruk nipis
8 lbr daun jeruk
3 lbr daun pandan
1 lbr daun kunyit
3 btg serai, keprek
50 gr daun kemangi
4 btg daun bawang, potong sesuai selera
2 bh tomat, potong jd 4
1000 ml air

Bumbu :
Haluskan :
10 btr bawang merah
3 cm kunyit, bakar, cincang
2 cm jahe
6 btr kemiri
Garam & gula secukupnya

Cara :
1. Lumuri ikan/ayam dg air jeruk nipis, diamkan 10menit. Cuci bersih 2. Tumis bumbu halus +daun jeruk+daun pandan+daun kunyit+serai+daun kemangi+daun bawang + tomat…sampai wangi 3. Masukkan ikan/ayam, aduk rata tambahkan air, masak sampai matang & bumbu meresap, kuah menyusut.

Woku ini makanan fav di rumah cm sering diganti” aja daging nya bs ayam/ikan, rasa nya uenaakk wangii bgttt…& segerr. Utk dewasa bs tambahin cabe di bumbu halus.

Mom Shinta
29 Lepat Jagung 10 bulan +     Bahan :
150 gr jagung pipil, blender
25 gr tepung sagu
2 sdm oat
1 sdm santan kental >> nakal dikit deh, saya pake kara hehehe
1 sdm keju parut
kulit jagung untuk bungkus
Cara :
Campur semua bahan, aduk rata
ambil 1 sdm adonan, bungkus dengan kulit jagung
kukus 20 menit, angkat sajikan hangat

Note :
sebenernya lebih gurih pake kelapa parut, tapi blm berani kasih😀
klo ga ada kulit jagung, pake daun pisang juga bisa atau cetak pake cetakan apa aja
resep sih bisa untuk 8m+ tapi berhubung teksturnya kenyal & rawan lengket, mending untuk bayi yang sdh bener bener pinter ngunyah ga peduli umurnya berapa
rasanya manis gurih, cetta & mam nya suka bgt hehehe
hasil jadi 5 bungkus lepat

Mommy Cetta
30 PUDING ROTI JAHE       Bahan:

2 lembar roti tawar
1 butir telur ayam kampung
50 ml air jahe (rebusan air jahe + kayu manis)
Keju secukupnya
½ buah pir dihaluskan

Carany:

1. Campur air jahe, telur & pir aduk sampai rata.
2. Susun roti di alu cup, siram dengan campuran bahan 1 (air jahe + telur + pir)
3. Taburkan keju secukupnya
4. Kukus hingga matang

Mom Yulis
31 Milky Banana Oat Dorayaki   5 pcs   Bahan :
50gr tepung terigu protein sedang
25gr havermut
1/4 sendok teh garam (under 1y SKIP)
20gr gula (under 1y SKIP)
1butir telur
75ml susu UHT (under 1y ganti Santan/sufor)
100gr pisang ambon,
2kotak unsalted butter, lelehkan
Cara membuat:
Campur tepung terigu, baking powder, havermut, garam, dan gula, Aduk rata, Sisihkan.
Kocok lepas telur. Masukkan susu cair, pisang ambon, dan Butter leleh, Aduk rata.
Tuang sedikit sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk rata.
Sendokkan adonan di wajan anti lengket. Biarkan setengah matang. Balik adonan. Biarkan matang. Angkat.

Mommy Anya
32 Bubur sumsum       Bahan :
100 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
650 ml santan dari 1 butir kelapa
3 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
Bahan Sirop Gula Merah/Kinca :
200 gram gula merah, diiris halus
2 lembar daun pandan, buat simpul
100 ml air
Cara Membuat Bubur Sumsum :

Sirop gula merah/kinca : campur semua bahan sirop, rebus hingga kental, saring. Sisihkan.

Campur tepung dan garam dengan sebagian santan.

Dengan api sedang dan diaduk-aduk, didihkan sisa santan dengan daun pandan. Tuangkan cairan tepung, aduk sampai kental dan matang.

Hidangkan dengan sirop gula merah secukupnya

 
33 Resep pukis       Bahan:
150 gram gula pasir
3 butir telor ayam
1 bungkus ragi instant (isi 7 gram)
1/2 sdt garam
200 gram tepung terigu
200 ml santan kental
Potongan keju cheddar (bentuk dadu)
Meises untuk taburan
Minyak goreng untuk mengoles
Cara Membuat:
1. Mixer telor dan gula sampai pucat dan mengembang.
2. Campur jadi satu: ragi instant, garam dan tepung terigu. Aduk rata.
3. Buat lubang di tengah lalu masukkan kocokan telor.
4. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai licin.
5. Diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang.
6. Panaskan cetakan kue pukis lalu olesi minyak.
7. Tuang adonan sampai 3/4 penuh (jangan terlalu penuh nanti meluber).
8. Beri potongan keju atau taburan meises.
9. Masak lagi sambil ditutup (di atas api kecil) sampai matang.
astri nugraha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s