Coding PHP dengan Komodo IDE/Edit 5

About Komodo

Kebanyakan dari kita menggunakan Macromedia Dreamweaver dalam programming PHP. Tetapi, saya menemukan satu tools baru yang sesuai

dengan kebutuhan saya dalam programming PHP. KOMODO IDE/EDIT 5 adalah tools baru yang saya dapatkan secara FREE tahun 2009 lalu. Fasilitasnya cukup mengejutkan saya, karena saya seakan coding java di netbeans/eclipse tetapi real-nya saya sedang bekerja dengan script PHP.

All in one Integrated Development Environment (IDE)

Jujur saya bingung saat pertama kali memakai Komodo. Karena ternyata, IDE yang satu ini mendukung banyak bahasa, mulai dari Desktop Programming(Java, VB, Matlab,dll), Web Programming (PHP, JS, CSS,dll), sampai Mozilla development.

Icon Komodo Edit 5

List semua bahasa-bahasa tersebut terlihat pada gambar di sebelah kanan berikut :

Supported Language

Hardware Requirement Komodo pada Windows

  • x86 or x86_64 processor, 500 MHz (or faster) with 512 MB RAM (Windows 2000/XP) or 1 GB RAM (Vista).
  • 170 MB hard disk space
  • 340 MB of temporary hard disk space during installation

Alasan menggunakan PHP dengan Komodo Edit

  • Saya sedang coding PHP dengan konsep OOP
  • Saya bekerja dengan banyak variabel
  • Saya banyak bekerja dengan fungsi-fungsi dan sering memanggilnya
  • Saya mendapatkan bantuan opsi drop down setiap mengetik reserved word dan fungsi-fungsi PHP
  • Saya ingin kesalahan ketik saya saat sedang coding PHP terlihat.

Akan tetapi, jika Anda akan sangat sering melihat tampilan web dari coding Anda, Dreamweaver lebih user friendly dari pada Komodo Edit.

PHP dengan Komodo Edit

Ada beberapa fitur yang tidak/belum saya temukan di Dreamweaver:

Tampilan yang lebih rapi dan readable:

Tawaran bantuan agar tidak perlu mengetik sepenuhnya dari script PHP :

Nama variabel terekam, sehingga mudah mengingatnya dan terhindar dari pengulangan pemakaian vaiabel yang sama :

Gampang saat bekerja dengan tanda kurung ‘()’

Dan tidak perlu khawatir dengan kurawal {}

Daerah error karena salah ketik terlihat:

Atau salah struktur coding :

.

.

Dan masih banyak lagi. Tertarik mencoba? Kunjungi situsnya dan download di sini!🙂

4 thoughts on “Coding PHP dengan Komodo IDE/Edit 5

  1. f4lcon says:

    wah, keren nih…. tp saya biasa jg menggunakan notepad++ sebagai editor, hmpir sama dengan komodo IDE mbak…. tp spertiny pnya mbak lebih lengkap :D….

    syukron for share..

    Like

Leave a Reply

